Jul
20
2012

Projection Televisi Sony KP E41MN11 Tidak Mau Hidup

Diagnosa

Projection televisi sony jika kita hidupkan cuma terlihat lampu indikator-nya menyala sedangkan pada layar monitornya tidak ada tampilan sama sekali.

Model Projection televisi Sony :

Projection-Televisi-Sony-KP-E41MN11-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Tanda awal bisa kita lihat dengan lampu indikator yang menyala, ini bisa kita asumsikan sistem power supply tidak mengalami kerusakan. Untuk mengetahui secara pasti segera kita buka penutup bagian belakang projection-nya, ada beberapa baut disitu dan setelah terlepas barulah kita adakan pemeriksaan. Hasil yang kita dapatkan ternyata playback terkena cairan yang berasal dari CRT warna biru, ini karena seal karet mengalami kebocoran.

Tanda yang paling mudah kita lihat adalah pada papan mainboard yang hampir sebagian menjadi lengket kalau kita pegang. Playback yang sudah terkena cairan kita coba bersihkan, sebenarnya tadinya mau beli yang baru karena di indonesia tidak ada ya jadi mesti dicuci . Untuk membilas cairan yang ada pada body playback kita gunakan tinner, kita bilas berkali-kali dan setelah terlihat rada bersih kita coba panaskan dengan solder uap.

Setelah kita panaskan ternyata cairan masih tetap membekas pada body playback maka kita adakan pencucian ulang dengan tinner. Kita panaskan kembali dengan solder uap, dan selanjutnya kita diamkan sesaat ? hasilnya sudah lumayan bersih. Untuk mengetahui hasilnya kita coba hidupkan kembali projection-nya ? hasilnya tetap tidak mau hidup, setelah beberapa kali kita coba akhirnya mau hidup juga dengan kondisi body playback mengeluarkan api berwarna biru.

Kita matikan projection-nya untuk sesaat, dan kita coba hidupkan kembali? tampak tegangan yang bocor di body playback berangsur-angsur menghilang dan projection sudah kembali berfungsi itu bisa kita lihat dengan tampilnya gambar pada layar monitor-nya. Kita rasa sudah selesai proses perbaikan maka segera kita rapikan semuanya, dan selanjutnya kita tinggal pulang saja. Ternyata terjadi kerusakan kembali setelah beberapa jam projection dihidupkan.

Kerusakan yang terjadi adalah tampilan pada layar monitor berwarna biru bergaris, seperti katoda yang shot. Untuk mengetahui penyebab kerusakan ini segera kita adakan pengukuran pada tegangan supply untuk video RGB. Tegangan berada pada level 200 volt yang didapat dari trafo yang terhubung dengan playback. Hasil pengukuran dalam keadaan normal, tidak ada masalah pada bagian ini maka kita lanjutkan dengan memeriksa jalur yang terhubung dengan tegangan 200 volt-nya.

Projection mempunyai 3 CRT dengan 3 macam warna biru-hijau dan merah, tegangan 200 volt menyupply untuk kesemuanya. Paling awal kita mulai dari output trafo yang berakhir pada soket dimana akan terhubung ke rangkain video RGB. Dari sini kita menemukan adanya resistor yang mengalami kerusakan dengan nilai 1 ohm/ seperempat watt. Dengan putusnya resistor membuat tegangan 200 volt tidak masuk ke rangkaian video RGB. Sebelum kita lanjutkan posisi resistor ada pada gambar berikut :

resistor-tegangan-200volt-projection-televisi-sony-300x225

Sebelum kita adakan penggantian resistor mesti kita adakan pemeriksaan lanjutan, ini sangat diperlukan mengingat resistor tidak akan akan rusak kalau tidak ada yang menyebabkannya. KIta urut satu persatu dan barulah kita dapatkan adanya kerusakan pada IC untuk Video B/ blue. Type IC-nya adalah TDA 6101Q dan segera kita siapkan ic pengganti, sebelum kita pasangkan ic pengganti-nya kita periksa juga komponen lain yang terhubung dengan IC TDA6101Q dan akhirnya kita temukan dioda juga mengalami shot.

Kedua penyebab sudah kita temukan kini tinggal kita pasangkan resistor -IC TDA6101Q serta Dioda . Setelah selesai kita coba hidupkan projection-nya ? Hasilnya Alhamdulillah projection sudah hidup kembali dengan tampilan seperti biasa, maksudnya normal tidak biru lagi.

Tampilan video B CRT Blue Projection bisa kita lihat pada gambar berikut :

Video-B-CRT-Blue-Projection-televisi-Sony-300x225

Selesai sudah semuanya, alhamdulillah semuanya berjalan lancar kini projection sudah bisa kita nikmati kembali.

Tips.

Sistem televisi Sony selalu menggunakan fuses model resistor, jadi langkah pemeriksaan sebaiknya kita mulai pada bagian ini. Untuk posisi Dioda ada pada bagian input Katoda Biru yang terhubung dengan tegangan 200 volt

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD  jika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan tekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Sering Dibaca