tips and trik servis elektronik

Saturday, August 23, 2014
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H Minal aidin wal faidzin , Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

29
2012

Power supply PS 2 Konslet

Power supply playstation 2

Penggunaan pasti buat Playstation 2 tentunya, tapi yang akan kita coba perbaiki untuk model Playstation 2 tebal. Keadaan power supply dalam keadaan konslet, itu kita ketahui dari informasi yang punya Playstation-nya. Komponen apakah yang harus kita ganti supaya power supply dapat berfungsi kembali, untuk mengetahuinya mesti kita adakan pengukuran. Sebelum kita adakan pemeriksaan , model power supply-nya bisa kita lihat pada gambar berikut :

power-supply-playstation-2-300x225

Power supply ini menggunakan transistor type 2SK2545 sebagai switching, jadi kita ukur dengan multitester transistor 2SK2545-nya. Hasil dari pengukuran positif transistor dalam kondisi shot, yang di maksud shot adalah jika kita ukur dengan multitester dengan batas ukur x10 angkan penunjukan ada pada posisi 0 ohm.

Tampilan transistor 2SK2545 :

transistor-2SK2545-power-supply-playstation-2-300x225

Transistor ini adalah jenis Fet jadi kita siapkan penggantinya, kebetulan kita memang lagi tidak ada stok type ini maka kita coba menggantinya dengan type IRFBE30. Segera kita lepaskan transistor 2SK2545 dan menggantinya dengan transistor IRFBE30,tampilan pada mainboard power supply transistor IRFBE30 setelah kita pasangkan bisa dilihat pada gamber berikut :

Transistor-pengganti-IRFBE30-untuk-power-supply-playstation-2-300x225

Untuk pemasangan transistor IRFBE30 kita mesti menambahkan isolator supaya transistor tidak terhubung langsung ke alumunium pendingin. Alumunium terhubung ke sistem ground, jadi jika tidak diberikan isolator akan membuat konslet transistor-nya. Power supply jenis ini jika terjadi kerusakan selalu berada pada transistor switching-nya saja, jarang merembet ke komponen lain.

Setelah selesai pemasangan transistor-nya , kini kita coba hidupkan power supply? Hasilnya alhamdulillah power supply sudah kembali berfungsi, tegangan outputnya adalah 12 volt

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

9 Comments + Add Comment

  • bang, ane ada garapan ps2 yg tipis.
    Statusnya matot (led merahnya mati).
    Power supply ok.
    Kira2 apanya ya?
    Tq

    • cek fuses… ada di mainboard kode F1 …. F2 dan seterusnya… urut dari jakur B+

  • ok,thanks

    • Bang nanya sya punya ps2 begitu di nyalain mcb pln trip, apanya ya?

      • turun mcb ??? daya listrik terpasang berapa watt,,, ada sebagian PSU PS2 startup awal lumayan besar paling tidak listrik terpasang 900 watt baru mcb tidak trip. Lain halnya jika ada kerusakan dibagian PSU dan ini biasa disebabkan rusaknya Transistor 2SK2545

  • salam bro
    saya mau tanya PS2 S50009.
    klw pas di nyalain langsung turun trus saya naekin NCB nya. trus saya colokin lgi dan bisa maen normal. apa power suplay nya ada yg agak bermasalah?
    klw ia letak masalah nya di mana?
    sekedar info listrik di rumah saya 450watt.
    trimakasih

    • sdh di jawab via fb

  • Gan mau tanya ps2 saya matot atau tdk dpt power teg. 12 volt,pdhl sdh diganti sebagian komponen spt mosfet,resistor,kapasitor, msh blm dpt tegangan output 12 volt jg,mohon solusinya gan?

    • dioda area sekunder udeh di cek belum ? untuk out 12 voltnya

Komentar Anda

live now

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA