Saturday 23 May 2015
DATASHEET :

Power supply PS 2 Konslet

Power supply playstation 2

Penggunaan pasti buat Playstation 2 tentunya, tapi yang akan kita coba perbaiki untuk model Playstation 2 tebal. Keadaan power supply dalam keadaan konslet, itu kita ketahui dari informasi yang punya Playstation-nya. Komponen apakah yang harus kita ganti supaya power supply dapat berfungsi kembali, untuk mengetahuinya mesti kita adakan pengukuran. Sebelum kita adakan pemeriksaan , model power supply-nya bisa kita lihat pada gambar berikut :

power-supply-playstation-2-300x225

Power supply ini menggunakan transistor type 2SK2545 sebagai switching, jadi kita ukur dengan multitester transistor 2SK2545-nya. Hasil dari pengukuran positif transistor dalam kondisi shot, yang di maksud shot adalah jika kita ukur dengan multitester dengan batas ukur x10 angkan penunjukan ada pada posisi 0 ohm.

Tampilan transistor 2SK2545 :

transistor-2SK2545-power-supply-playstation-2-300x225

Transistor ini adalah jenis Fet jadi kita siapkan penggantinya, kebetulan kita memang lagi tidak ada stok type ini maka kita coba menggantinya dengan type IRFBE30. Segera kita lepaskan transistor 2SK2545 dan menggantinya dengan transistor IRFBE30,tampilan pada mainboard power supply transistor IRFBE30 setelah kita pasangkan bisa dilihat pada gamber berikut :

Transistor-pengganti-IRFBE30-untuk-power-supply-playstation-2-300x225

Untuk pemasangan transistor IRFBE30 kita mesti menambahkan isolator supaya transistor tidak terhubung langsung ke alumunium pendingin. Alumunium terhubung ke sistem ground, jadi jika tidak diberikan isolator akan membuat konslet transistor-nya. Power supply jenis ini jika terjadi kerusakan selalu berada pada transistor switching-nya saja, jarang merembet ke komponen lain.

Setelah selesai pemasangan transistor-nya , kini kita coba hidupkan power supply? Hasilnya alhamdulillah power supply sudah kembali berfungsi, tegangan outputnya adalah 12 volt

Enhanced by Zemanta
9 Comments