Saturday 18 April 2015
DATASHEET :

Power Supply Hap Mati-Total

Diagnosa

Power supply Hap jika kita hidupkan tidak ada tegangan outputnya, jika kita lihat PCB-nya seperti telah diadakan perbaikan.

Tampilan power supply Hap :

power-supply-hap-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Untuk memperbaiki ini yang mesti kita periksa adalah fuses/ sikring, hasilnya kondisi fuses masih bagus alias tidak putus. Kita maju selangkah ke dioda disini ada 4 buah dan hasilnya sama yaitu masih bagus, jadi kesimpulannya kemungkinan tidak ada masalah dibagian ini kemungkinan ada dibagian lain yaitu area sekunder.

Pada area sekunder cuma terdapat satu buah dioda serta 2 capasitor serta ic control, pemeriksaan pertama kita lakukan pada dioda dan hasilnya positif dalam kondisi shot. Jadi sudah ketahuan penyebab kerusakan ini yaitu dioda jadi kita tinggal mengganti diodanya. Dioda pengganti mesti kita lihat dahulu data sheet-nya supaya tidak terjadi kerusakan lagi setelah kita adakan penggantian, output power supply ini adalah 3,3 volt 2,5 amper jadi kita coba pasangkan dioda dengan kapasitas arus 5 amper, type dioda bisa dilihat pada gambar berikut :

dioda-power-supply-output-5-amper-300x225

Setelah selesai kita pasangkan dioda baru kini kita coba hidupkan power supply-nya dan hasilnya Alhamdulillah power supply sudah kembali hidup dengan output 3,3 volt.

Enhanced by Zemanta
2 Comments