tips and trik servis elektronik

Nov
3
2012

Power Supply Elektrik 12 Volt 2 Amper Mati-Total

Diagnosa

Power supply jika kita coba hidupkan tidak ada tanda-tanda kehidupan, kita lakukan pengukuran hasilnya sama sekali tidak ada tegangan yang keluar dari power supply.

Model power supply :

model power supply

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Untuk melakukan perbaikan tentunya kita mesti membuka kemasan plastiknya secara paksa karena tidak menggunakan baut melainkan menggunakan lem. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan obeng minus dan kita arahkan dibagian sambungannya setelah obeng bisa masuk barulah kita congkel secara perlahan ,lakukan ini pada bagian soket Ac outlet.

Setelah kita buka ternyata sudah bisa dilihat dimana letak komponen yang mengalami kerusakan yaitu ada pada fuses/ sikring. Kondisi fuses hangus, dengan keadaan yang seperti ini mesti diadakan pemeriksaan komponen yang ada pada bagian primer. Paling depan kita cek dioda untuk penyearah tegangan AC menjadi DC 300 volt dan disini kita dapatkan 2 dioda mengalami shot, lalu kita berlanjut ke komponen Capasitor filter tegangan 300 volt dan disini kita temukan capasitor dalam kondisi rusak juga.

Melangkah maju sedikit lagi, kita cek transistor untuk power switching dan transistor ini juga dalam kondisi rusak. Jadi jumlah keseluruhan komponen yang mengalami kerusakan :

1 Dioda IN4007  2 buah

2 Capasitor 22uf/400 volt

3 Transistor E13007

Untuk melakukan perbaikan kita mengganti dioda IN4007 dengan dioda model bridge, untuk capasitor kita menggunakan 2 capasitor 10uf/250 volt yang dihubungkan secara seri sehingga kita dapatkan nilai capasitor 5uf/500 volt sedangkan transistor E13007 kita gantikan dengan transistor type 2SC6092. Untuk memasangkan dioda bridge di pcb-nya dioda IN4007 yang masih bagus kita tiadakan alias kita buang.

Untuk menggabungkan capasitor secara seri caranya ? Capasitor pertama kita ambil kaki minus sedangkan kaki Plus kita hubungkan dengan kaki minus capasitor kedua dan kaki plus nantinya kita hubungkan ke Pcb serta kaki minus dari kaki capasitor pertama juga kita hubungkan ke Pcb.

Untuk fuses yang rusak kita gantikan dengan resistor 0,47 ohm 3Watt, inilah tampilannya setelah semua proses selesai kita lakukan :

rangkaian power supply 12 volt 2 amperrangkaian power supply 12 volt 2 amper Transistor 2SC6092

Kini tinggal kita lakukan pengetesan, kita hidupkan power supplynya dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal. Kita lakukan pengukuran pada bagian output terukur tegangan 12 volt dan itu sesuai dengan yang tertera pada kemasan power supply-nya. Selesai sudah perbaikan power supply ini dengan cara agak sedikit oprek itu karena kita memikirkan daya tahannya karena penggunaan power supply ini nonstop/ 24 jam penuh.

 

 

Enhanced by Zemanta

Related Posts

About the Author: hamim

Tips and tricks electronic service that we provide is the result of day-to-day work experience which we write in the form of articles, all of them are real and not fabricated (Hamim, children whose hobby Kalibata electronic) copy and paste all of the material that may not be here unless there is permission from us, there is a problem please leave your comment.

2 Comments + Add Comment

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

Selamat Datang

Profil

Hamimservis
Jln Kalibata Selatan RT011 RW004 No 8 Jakarta Selatan 12740
Phone : +628128117641 ( maaf hanya melayani telpon )
Email : hamimalkorif@hamimservis.com
Pin BB : 7478C584

Archives

Terpopuler

Video

Login

Register | Lost your password?