tips and trik servis elektronik

Saturday, August 2, 2014
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H Minal aidin wal faidzin , Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

29
2012

Power Supply DVD Player

Diagnosa

Hari ini ada pasien dvd player, kondisi matot/mati-total. Setelah kita periksa ternyata kerusakan ada power supply, model power supply yang digunakan adalah seperti tampak pada gambar berikut:

Model Power Supply DVD

Dari fisik rangkaian power supply sudah kelihatan ada komponen yang hangus, mengganti komponen tidak serta merta membuatnya bisa hidup kembali. Banyak hal yang mesti dipikirkan dalam usaha perbaikannya, salah sedikit saja power supply pasti akan kembali konslet.

Kelemahan model power supply jenis ini adalah jika ada kerusakan pada transistor switching, type mj13003 maka sebagian komponen pendukung yang di dalamnya ikut rusak juga. Terkadang juga bisa membuat Mpeg DVD menjadi rusak, sebagian pernah kita temui pada DVD Player sebelumnya.

Tindakan untuk memperbaiki power supply ini mungkin bisa saja kita lakukan? tapi setelah kita pikirkan lebih bagus diganti dengan versi IC . Dengan IC kekuatanya lebih bagus, jika ada kerusakan pada IC ? jarang merusak Mpeg. ICyang kita pakai untuk ini adalah type VIR 22A, sebelum kita mulai mengganti dengan versi IC? kita mesti membuang sebagian komponen pada bagian primer trafo. Tampak pada image berikut:

Tampak Primer Area Power Supply DVD

Selanjutnya kita siapkan IC-nya,kaki IC vir22a no 5678 kita pasangkan pada kaki colector transistor mj13003 salah satu saja . Untuk ground IC ada pada kaki no 1-2, kita pasangkan pada kaki emitor transistor 8050B+untuk IC ada pada kaki no 4, kita kasih masukan dari coil trafo yang sudah disearahkan / Dc [ input masuk diberi resistor 22o ohm baru diberi dioda ] filter memakai capasitor 22uf/35volt.

Untuk control tegangan yang ada pada IC ada di kaki no3, ini kita pasangkan pada komponen PC 817 kaki no3. Beri juga capasitor 22 nf pada kaki no 3, dengan salah satu kaki capasitor ke ground. Pasangkan resistor pada kaki PC817nodengan nilai 10k?. Berikut image setelah pemasangan IC VIR 22A:

IC VIR 22A Pada PCB Power Supply

Tampak bawah setelah pemasangan IC VIR 22A:

Tampak Bawah Power Supply DVD

Komponen PC817 juga harus diganti? karena disini mengalami kerusakan juga. Jika tidak di ganti tegangan output power supply akan naik, tidak 5 volt lagi. Selesai sudah semuanya , sebelum kita pasangkan pada player DVD ? sebaiknya diukur dahulu tegangan output dari power supply dengan multitester. Disini kita pakai multitester digital seperti ada pada image berikut:

Hasil Pengukuran Output Power Supply DVD

Jika sudah , kita pasangkan soket output Power Supply ke Mpeg DVD-nya ? Hasilnya Alhamdulillah  DVD Player sudah bisa berfungsi kembali. Gambar sebelum dan sesudah perbaikan :

Kondisi Sebelum PerbaikanKondisi Setelah Perbaikan

Tips

Sebelum melakukan perubahan pada power supply yang mengalami kerusakan sebaiknya Mpeg Dvd-nya kita tes dahulu denganpower supply yang lain. Supaya semua yang kita usahakan tidak sia-sia. Sebenarnya dipasaran juga banyak yang menjual power supply dalam bentuk jadi, cuma terkadang soketnya beda. Kalau kita memang lebih senang memakai cara ini, lebih efesien dan praktis tentunya. Selamat mencoba

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

Pasang iklan disini

Pasang iklan disini

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA