tips and trik servis elektronik

Tuesday, September 2, 2014
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H Minal aidin wal faidzin , Mohon Maaf Lahir Dan Bathin
Des
26
2011

Portable Dvd No Disc

Diagnosa

Portable DVD player merk Techtron,tidak bisa membaca semua format Disc. Jika kita coba masukan Disc terdengar suara motor yang sedang berputar.Keadaan awal saat kita terima kondisi Portable seperti tampak pada gambar berikut:

portable dvd

Pada gambar diatas bisa kita lihat posisi optik yang berada di belakang , seharusnya posisi optik didepan . Start awal optik ada dekat motor SP-nya, mengapa optik tidak bisa kembali ke start awalnya? Segera kita cari tahu.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kerusakan seperti ini, untuk kasus yang paling parah adalah rusaknya Mpeg . Alhamdulillah setelah kita periksa Mpeg masih dalam kondisi baik, jadi kita tinggal mencari penyebab lainnya.Kini kita coba memeriksa mekanik DVD-nya:

mekanik dvd

Setelah kita periksa mekanik-nya, ternyata ada logo dari disc yang copot dan menempel di rel penggerak optik. Inilah yang membuat Motor SL sebagai media penggerak optik tidak bisa mengembalikan optik ke start awal. Segera kita bersihkan , setelahnya kita coba kembali menghidupkan Portable DVD-nya. Hasilnya optik sudah kembali ke start awal-nya.

Sampai tahap ini sudah bisa kita pastikan untuk fungsi penggerak optik sudah tidak ada masalah, Berikutnya kita coba memasukan Disc. Setelah menunggu sesaat kita lihat Motor SP tidak bisa bergerak seperti ada yang menahannya. Ternyata Capstan yang ada pada Motor SP mengalami perubahan dimana menjadi lebih rendah yang mengakibatkan DIsc yang kita masukan menyentuh Body Portable DVD.

Perbaikan untuk ini kita harus menaikan posisi Capstan, disini kita memakai media gergaji besi untuk mencongkelnya. Untuk mengetahui posisi ketinggian capstan, kita gunakan kertas hvs dilipat 8x. Bisa juga dites dengan memasukan Disc dengan format DVD, perhatihkan waktu Loading ? Bila cepat berarti posisi sudah pas. Bila sudah pas, sebaiknya diberi lem power glue supaya tidak turun lagi.

Sekarang kita coba , Alhamdulillah semua berjalan lancar . Portable DVD Player sudah bisa berfungsi kembali, tidak no disc lagi.

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

live now

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA