tips and trik servis elektronik

DATASHEET :

Arsip

 

Perbaikan yoke defleksi tv

Yoke defleksi merupakan sebuah kumparan yang memiliki dua alur lilitan, ada dengan posisi vertikal dan ada pula dengan posisi horizontal. Ada beberapa kasus kerusakan yang dialami yoke defleksi itu berada dibagian horizontal dengan tanda adanya kawat yang hangus dan itu bisa kita lihat dengan jelas. Dan ada juga kerusakan dibagian vertikal, ini ditandai dengan hasil tampilan gambar di layar monitor menjadi mengecil dengan pola tidak rata alias seperti terlipat.

Kali ini kita ada contoh dimana kita temukan kerusakan dibagian vertikal, ini terjadi pada televisi Sharp 29 inc.  Untuk mengatasi masalah ini kita masih bisa dengan mengadakan penyambungan kembali pada kawat yang mengalami putus, yang agak sedikit merepotkan adalah melepaskan area kawat yang mengalami putus dari rumah yoke. Sebelum kita bahas lebih dalam , inilah tampilan yoke defleksinya :

yoke-defleksi

 

Untuk mengetahui kiranya ada dibagian mana kawat yang mengalami putus maka kita mesti adakan pengukuran terlebih dahulu, caranya adalah dengan menggunakan multitester dan lakukan pengukuran di area ini :

yoke-defleksi-1

 

Lepaskan salah satu kawat di area ini dan setelah itu barulah kita lakukan pengukuran dan hasil yang kita dapatkan adalah kawat bagian bawah terukur 500 ohm dan ini sudah mengindikasikan adanya kawat yang setengah putus, jadi segera kita lepaskan rumah lilitan kawat emailnya caranya dengan melepaskan flip penjempit yang ada di kanan-kiri. Seperti ini tampilan flip penjepitnya :

yoke-defleksi-2

 

Setelah flip penjepit kita lepaskan tahap selanjutnya adalah mencongkel ferit dengan perlahan, hati-hati jangan sampai ferit mengalami patah, seperti tampilannya setelah berhasil kita lepaskan :

Ferit-yoke-defleksi-vertika

 

Untuk kali ini kita bisa dengan mudah melihat area kawat email yang mengalami putus itu ditandai dengan adanya karat di kawat emailnya, jadi kita tidak perlu melepaskan secara keseluruhan kawat email dari ferit. Disini kita adakan penyambungan dengan menggunakan kabel atau dengan kawat email juga dan setelah tersambung maka kita lakukan pengukuran kembali sebelum kita pasangkan ke rumah yoke defleksi, lokasi pengukuran ada di kawat email yang menjulur keluar seperti ini tampilannya :

Ferit-yoke-defleksi-vertikal 1

 

Kini setelah bisa kita pastikan kawat email sudah terhubung dengan baik maka kita bisa pasangkan kembali ferit ini ke rumah yoke defleksi. Setelah terpasang di rumah yoke maka kita lakukan penyolderan kembali dan pasangkan kawat email sesuai dengan urutannya. Inilah sekilas perbaikan yoke defleksi yang kita lakukan hari ini dan hasilnya setelah kita pasangkan ke CRT tv Sharp hasilnya alhamdulillah yoke defleksi sudah berfungsi seperti sedia kala. Tampilan gambar di layar monitor terlihat normal,

Tips

Untuk memperkuat pemasangan ferit yang telah kita keluarkan, kita bisa pergunakan Lem yang menempel di area lilitan vertikal dengan cara melumerkannya dengan solder.

Enhanced by Zemanta
13 Comments