tips and trik servis elektronik

Thursday, August 28, 2014
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H Minal aidin wal faidzin , Mohon Maaf Lahir Dan Bathin
Jan
26
2013

Perbaikan yoke defleksi tv

Yoke defleksi merupakan sebuah kumparan yang memiliki dua alur lilitan, ada dengan posisi vertikal dan ada pula dengan posisi horizontal. Ada beberapa kasus kerusakan yang dialami yoke defleksi itu berada dibagian horizontal dengan tanda adanya kawat yang hangus dan itu bisa kita lihat dengan jelas. Dan ada juga kerusakan dibagian vertikal, ini ditandai dengan hasil tampilan gambar di layar monitor menjadi mengecil dengan pola tidak rata alias seperti terlipat.

Kali ini kita ada contoh dimana kita temukan kerusakan dibagian vertikal, ini terjadi pada televisi Sharp 29 inc.  Untuk mengatasi masalah ini kita masih bisa dengan mengadakan penyambungan kembali pada kawat yang mengalami putus, yang agak sedikit merepotkan adalah melepaskan area kawat yang mengalami putus dari rumah yoke. Sebelum kita bahas lebih dalam , inilah tampilan yoke defleksinya :

yoke-defleksi

 

Untuk mengetahui kiranya ada dibagian mana kawat yang mengalami putus maka kita mesti adakan pengukuran terlebih dahulu, caranya adalah dengan menggunakan multitester dan lakukan pengukuran di area ini :

yoke-defleksi-1

 

Lepaskan salah satu kawat di area ini dan setelah itu barulah kita lakukan pengukuran dan hasil yang kita dapatkan adalah kawat bagian bawah terukur 500 ohm dan ini sudah mengindikasikan adanya kawat yang setengah putus, jadi segera kita lepaskan rumah lilitan kawat emailnya caranya dengan melepaskan flip penjempit yang ada di kanan-kiri. Seperti ini tampilan flip penjepitnya :

yoke-defleksi-2

 

Setelah flip penjepit kita lepaskan tahap selanjutnya adalah mencongkel ferit dengan perlahan, hati-hati jangan sampai ferit mengalami patah, seperti tampilannya setelah berhasil kita lepaskan :

Ferit-yoke-defleksi-vertika

 

Untuk kali ini kita bisa dengan mudah melihat area kawat email yang mengalami putus itu ditandai dengan adanya karat di kawat emailnya, jadi kita tidak perlu melepaskan secara keseluruhan kawat email dari ferit. Disini kita adakan penyambungan dengan menggunakan kabel atau dengan kawat email juga dan setelah tersambung maka kita lakukan pengukuran kembali sebelum kita pasangkan ke rumah yoke defleksi, lokasi pengukuran ada di kawat email yang menjulur keluar seperti ini tampilannya :

Ferit-yoke-defleksi-vertikal 1

 

Kini setelah bisa kita pastikan kawat email sudah terhubung dengan baik maka kita bisa pasangkan kembali ferit ini ke rumah yoke defleksi. Setelah terpasang di rumah yoke maka kita lakukan penyolderan kembali dan pasangkan kawat email sesuai dengan urutannya. Inilah sekilas perbaikan yoke defleksi yang kita lakukan hari ini dan hasilnya setelah kita pasangkan ke CRT tv Sharp hasilnya alhamdulillah yoke defleksi sudah berfungsi seperti sedia kala. Tampilan gambar di layar monitor terlihat normal,

Tips

Untuk memperkuat pemasangan ferit yang telah kita keluarkan, kita bisa pergunakan Lem yang menempel di area lilitan vertikal dengan cara melumerkannya dengan solder.

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

13 Comments + Add Comment

  • Slmt siang mas ktmu lgi gini mas sya suka ngojek bw tv orng ke bengkel..jadi sya sneng ngoprek dah walopun pngetahuan minim.
    Tv sya mrk multimax yok nya ada yg hangus dikit trus tr horisontal apa vertkal tuh yg d luar area listrik putus mulu panas gambar kadang blengking biru mati sendiri suara ngresek trus hidup lagi itu apa saja yg harus d ganti mas?

    • Capasitor untuk semua filter area sekunder PSU silahkan diganti sekalian resolder area ic control+ crhomanya dan area lain…

  • Mohon di sebutkan nilai capasitor nya bang

    • 100uf/220uf/160 volt
      470uf/1000uf/35-50 volt

  • Ok makasih bang!
    Siap eksperimen..

    • ya , semoga berhasil

  • Selamat siang Om…ketemu lagi kamren tentang Ampli sekarang masalah Yoke TV sharp 14″ klo tv di on yoke ngebul…. dilayar tidak ada gambar sama sekali karna khawatir lebih parah (terbakar) TV segera dimatikan, langkah yang diambil melepas Yoke ternyata pada batas sisi kanan kiri kumparan yg di dalam ada kayak kebakar walao antara kumparan tidak saling nempel karna ada pembatasnya dan tidak ada kawat yang putus hnya seperti terkelupas saya coba lem dg power glu tus dipasang lagi eh masih ngebul juga .. ada petunjuk buat saya kah Om..
    Terimakasih

    • jika yang terbakar area horizontal ini tidak mungkin bisa diperbaiki mas,,, harus ganti

  • tv ane merek multimax gan.gambar bagus tapi suaranya kresek2 kayak hujan minta dibantu

    • buka menu pilih sistem audio pastikan pos audio adalah bg (5,5) bukan 6,0 atau 6,5

  • Selamat siang Pakde……..setelah kasus VCD Compo giliran TV kebanggaan bermasalah mohon pencerahan boleh ya… TV LG Type nya TVLG-29FU6RL warna berubah ubah, RGB tidak pake transistor tapi pake Ic serinya lupa krn sdh dipasang lagi, kmaren, sy copot trus coba cari di toko kog Sulit ya yang ada TDA 6107A …bentuk nya sama…. Elco yg dua buah 4.7/250v juga di main board udh sy ganti tp tidak ngaruh apa2 kira2 klo sy ganti dengan IC TDA 6107A masalah gak ya….
    Maturnuwun…

    • TDA 6107>>>6108 adalah sama… kalau untuk warna mending diukur dulu masing2 katoda RGB CRTnya apakah masih stabil/ sama besar inputnya level diatas 120 volt dc

  • Siaaap….. besok libur di oprek lagi di mohon Pakde stby monitor di HP…he..he..he..

    maturnuwun

Komentar Anda

live now

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA