tips and trik servis elektronik

Nov
4
2012

PCB, Jalur Ground Yang Mana Ya ???

PCB, jalurĀ Ground yang mana ya ? ini mungkin agak sulit dipahami bagi yang baru mulai belajar elektronik , jadi kali ini kita coba berikan bagaimana menentukan atau mencarinya. Dalam rangkaian elektronik hanya ada tegangan DC dan sebagian membutuhkan arus yang besar contohnya motherboard atau power amplifier tapi ada juga yang membutuhkan arus yang kecil, contohnya rangkaian penerimaan radio / pre amp head dan masih banyak lagi yang lainya.

Dalam istilah Ground itu identik dengan kutub Minus komponen Capasitor, ini yang kita jadikan bekal utama untuk menentukan lokasinya. Posisi capasitor juga harus dilihat karena tidak semua kaki minus Capasitor merupakan kaki Ground di dalam rangkaian. Jadi cara yang paling mudah adalah :

1 Perhatikan capasitor yang paling besar nilainya, dari sini sudah bisa kita jadikan acuan sebagai ground dari kaki Minus-nya. Contoh bisa kita lihat di rangkaian yang ada di tape compo atau yang lainnya. Lokasi ground juga di dapatkan pada mekanik tape karena berfungsi sebagai peredam nois karena adanya head dan ini juga terhubung dari kaki Minus capasitor.

2 Jika medianya mainboard televisi maka posisi ground bisa kita letakkan pada Tuner, jadi jika mau mengadakan pengukuran dengan multitester cukup meletakkan prob hitam di bagian antena input sedangkan prob merah bisa kita tempatkan dimana saja tergantung mau mengukur komponen apa. Contohnya mengukur voltase tegangan 12 volt-24 volt dari power supply tinggal arahkan prob merah di kaki Plus capasitor-nya.

3 Jika mau melihat jalur yang ada di PCB ketika kita membaliknya pada bagian bawah , maka jalur Ground biasanya mempunyai jalur lebih banyak serta agak lebar dan poinnya terarah ke kaki minus capasitor.

4 Pada catu daya amplifier dengan menggunakan CT / power supply double dengan output ( + ) – ( CT )- ( – ) maka jalur Ground ada pada CT-nya. lokasi awal dari trafo lalu ke capasitor selanjutnya baru ke rangkaian power amplifier-nya.

5 Jika media DVD player dengan casing berbahan logam bukan plastik maka lokasi Ground bisa diambil dari body-nya, jadi jika mau mengadakan pengukuran dengan multitester tinggal menghubungkan prob hitam di casing dan prob merah letakkan pada komponen yang mau diukur.

Pada intinya setiap barang elektronik mengadopsi sistem ground pada body , itulah sekilas pembelajaran buat yang sedang berusaha belajar elektronik, semoga bisa bermanfaat amien.

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda