tips and trik servis elektronik

Wednesday, July 30, 2014
Sep
21
2013

PA TOA ZA2120 Tidak Keluar Suara

Diagnosa

PA TOA terlihat lampu indikatornya menyala tapi bila kita masukkan mic tidak terdengar suara di speaker corongnya.

Model PA TOA :

PA-TOA-Model

Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki .

Awal kita datang ke lokasi kita lihat sedang diadakan pemeriksaan speaker toa di atas bangunan masjid, sebelum dilanjutkan kita tanya memangnya ada berapa buah speaker yang rusak ? semuanya kata pengurus masjid. Langsung deh kita bilang ” pak turun aja deh kerusakan ada di PA TOA bukan di speakernya” kenapa bisa kita bilang begitu ? Speaker toa yang terpasang ada 4 buah degan kapasitas 200 Watt secara keseluruhan. Dengan beban segitu jika memang rusak maka tidak akan semuanya , paling 1 atau 2 buah saja.

Pemeriksaan PA TOA yang kita lakukan adalah benar memang kerusakan ada disini dan penyebab utamanya adalah fuses/sikring . Model PA TOA yang sekarang agak sedikit merepotkan untuk mengadakan penggantian fuses, mesti buka casing karena posisi fuses tertanam di PCB, seperti ini contohnya :

Fuses-on-mainboard

Sebelum kita pasangkan fuses baru kita cek transistor 2SC5198 ada 4 buah , alhamdulillah masih bagus transistornya. Kini kita pasangkan fuses baru dan PA TOA sudah berfungsi lagi seperti biasa ( normal ) .

Tips’

Supaya PA TOA awet sebaiknya gain untuk bas agak dikurangi, sering kita jumpai timbulnya fuses putus karena faktor ini. Arus yang mengalir semakin besar dan terkadang jika PA TOA-nya kuat maka speakernya yang rusak, gain volume mic juga diatur dengan baik ( sesuaikan dengan kebutuhan ) .

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

Pasang iklan disini

Pasang iklan disini

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA