Monday 27 April 2015
DATASHEET :

PA TOA ZA2120 Tidak Keluar Suara

Diagnosa

PA TOA terlihat lampu indikatornya menyala tapi bila kita masukkan mic tidak terdengar suara di speaker corongnya.

Model PA TOA :

PA-TOA-Model

Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki .

Awal kita datang ke lokasi kita lihat sedang diadakan pemeriksaan speaker toa di atas bangunan masjid, sebelum dilanjutkan kita tanya memangnya ada berapa buah speaker yang rusak ? semuanya kata pengurus masjid. Langsung deh kita bilang ” pak turun aja deh kerusakan ada di PA TOA bukan di speakernya” kenapa bisa kita bilang begitu ? Speaker toa yang terpasang ada 4 buah degan kapasitas 200 Watt secara keseluruhan. Dengan beban segitu jika memang rusak maka tidak akan semuanya , paling 1 atau 2 buah saja.

Pemeriksaan PA TOA yang kita lakukan adalah benar memang kerusakan ada disini dan penyebab utamanya adalah fuses/sikring . Model PA TOA yang sekarang agak sedikit merepotkan untuk mengadakan penggantian fuses, mesti buka casing karena posisi fuses tertanam di PCB, seperti ini contohnya :

Fuses-on-mainboard

Sebelum kita pasangkan fuses baru kita cek transistor 2SC5198 ada 4 buah , alhamdulillah masih bagus transistornya. Kini kita pasangkan fuses baru dan PA TOA sudah berfungsi lagi seperti biasa ( normal ) .

Tips’

Supaya PA TOA awet sebaiknya gain untuk bas agak dikurangi, sering kita jumpai timbulnya fuses putus karena faktor ini. Arus yang mengalir semakin besar dan terkadang jika PA TOA-nya kuat maka speakernya yang rusak, gain volume mic juga diatur dengan baik ( sesuaikan dengan kebutuhan ) .

4 Comments