tips and trik servis elektronik

September 23, 2014 9:20 pm
Home » Media oprek » Amplifier » Amplifier Toa ZA2240 Mati-Total

Amplifier Toa ZA2240 Mati-Total

Diagnosa

Amplifier Toa ZA-2240 jika kita coba hidupkan terlihat lampu indikator tidak menyala, seperti tidak ada aliran listrik yang masuk ke dalam rangkaiannya.

Model amplifier Toa :

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Pemeriksaan kita mulai dengan melihat kondisi fuses/sikring pada jalur input jala-jala PLN, disini kita melihat fuses masih dalam keadaan terhubung. Selanjutnya kita coba masukan aliran listrik dan mengukur tegangan output dari trafo ? disini kita dapatkan adanya tegangan output sebesar 26 volt AC.

Selanjutnya kita coba ukur tegangan Dc out-nya,rangkaian amplifier membutuhkan tegangan DC dan ini di dapat dari trafo setelah melewati penyearah/ Dioda, disini kita tidak menemukkan tegangan output tersebut. Berarti telah terjadi kerusakan pada Dioda sehingga tegangan Ac yang diterimanya tidak dapat dirubah menjadi Dc

Fungsi dioda sangat vital dalam proses penyearahan arus AC menjadi DC, dan untuk jenis amplifier ini memang membutuhkan arus yang lumayan besar. Jadi segera kita adakan pengukuran Dioda , hasilnya dioda memang dalam keadaan rusak salah satu dioda yang ada didalamnya ada yang shot, seperti yang kita tahu model dioda-nya adalah bridge/ 4 jadi satu.

Model Dioda-nya :

Dioda pengganti yang kita gunakan tidak seperti aslinya , disini kita gunakan dengan versi yang lebih besar . Tampak setelah pemasangan di PCB bisa kita lihat pada gambar berikut :

Untuk memasangkan dioda model ini mesti di modifikasi karena posisi kaki dioda tidak sama, jadi bisa dilihat simbol pada badan dioda dan samakan di PCB-nya. Kini tinggal memasangkan kembali ke alumunium-nya dan juga menempelkan ke sasis , Tampak atas amplifier Toa :

Setelah selesai proses penggantian dioda kini kita coba kembali hidupkan kembali amplifier Toa-nya ? Hasilnya Alhamdulillah amplifier Toa telah hidup kembali dengan normal.

 

About hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

4 comments

  1. amplifier toa za2240,sikring putus paktor pnyebab utamany ap?

    • cek transistor penguat akhirnya biasanya terpasang pararel,,,, lepaskan 1 persatu ganti jika ada yang shot. cek juga dioda 10 amper disini sering terjadi shot juga

  2. persmaan ic za 2440 paki seri apa karena saya cari susah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>