tips and trik servis elektronik

Mar
2
2013

Modul AC Mitsubishi Mati-total

Diagnosa

Modul control AC Mitsubishi dalam kondisi matot/ mati-total setelah kita keluarkan dari sangkarnya terlihat bekas servisan.

modelnya :

modul-control-ac-mitsubishi

Komponen apakah yang mengalami kerusakan ? segera kita selidiki .

Tahap awal pemeriksaan selalu kita mulai dengan rangkaian PSU/ power supply unit dan di mainboard ini menggunakan sistem elektrik. Sebelum kita coba masukkan aliran listrik kita lakukan pengukuran dengan multitester dan kita dapatkan hasil jalur ac input dalam kondisi shot/ konsleting, dan untuk mengetahui lebih lanjut kiranya komponen apa yang menyebabkannya kita lakukan pengukuran satu persatu sesuai dengan urutannya.

Paling awal adalah dioda zener ac, dan kita dapatkan hasil negatif selanjutnya dioda penyearah tegangan 300 volt dan disini kita dapatkan hasil negatif juga. Hanya tinggal satu dioda lagi yang belum kita periksa yaitu untuk fungsi feedback dimana ada otocouppler dan disini barulah kita dapatkan hasil positif , dioda dalam kondisi shot/ konsleting. Sebelum kita lakukan penggantian kita agak sedikit curiga karena dioda terhubung langsung dari jalur ac 220 volt tanpa adanya penahan/ resistor.

Kita lepaskan dahulu dioda dari mainboard dan kita lepaskan juga otocouppler dan kita coba masukkan aliran listriknya, oh iya ini tampilan komponen yang kita maksud :

otocouppler-dan-dioda-modul

Setelah listrik masuk ke rangkaian , kita lakukan pengukuran dibagian output dari PSU dan kita dapatkan hasil tegangan yang ada hanya terukur 7 volt. Tegangan ini tentunya tidaklah sesuai karena seharusnya adalah 12 volt, untuk memeperbaiki ini langsung kita lepaskan modul PSU dari mainboard dan setelah terbuka bisa kita lihat dengan jelas , capasitor 47 uf/25 volt sudah dalam kondisi bocor, segera kita lakukan penggantian. Tampilan modul PSU-nya :

modul-psu-ac-mitsubishi

Setelah kita pasangkan capasitor baru , kita coba masukkan aliran listrik ke mainboardnya dan hasilnya alhamdulillah tegangan output PSU terukur sudah 12 volt. Dengan hasil ini kita rasa sistem sudah bisa berfungsi tapi ternyata belum, setelah kita selidiki ternyata otocouppler yang memang belum kita pasangkan sebagai penyebab kenapa rangkaian menjadi tidak berfungsi. Otocouppler baru kita pasangkan beserta dioda 2 buah dan untuk penahan tegangan kita gunakan resistor 220 k ohm. Tanpa panjang waktu lagi langsung kita coba masukkan aliran listrik dan kita coba tekan tombol power manual dan hasilnya alhamdulillah sistem sudah bisa berfungsi kembali, ini kita lihat dengan tanda lampu indikator sudah bisa menyala.

 

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

2 Comments + Add Comment

  • Mantab Gan..
    Kalo TV tabung Xander, keluar suara tapi gambar gak muncul, penyebabnya apa gan..
    Layar cuma muncul display biru ( kaya masuk AV mode)
    Mohon pencerahannya gan..terima kasih sebelumnya

    • biasa ada solderan yang kendor atau bisa juga jalur putus area video input dari ic crhoma ke selector av…. ada kasus lain bisa juga karena capasitor untuk input video yang rusak…. tinggal lihat skema atau baca alur diagram

Komentar Anda