Tuesday 21 April 2015
DATASHEET :

Mixer Amplifier Dan Permasalahannya

Mixer amplifier merupakan perpaduan antara amplifier dengan sistem pencampuran input , biasa ada beberapa kanal input mic dan Aux atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mixer. Dengan adanya Mixer tentunya kita bisa menggabungan beberapa sinyal masukan dan menjadikannya menjadi satu, berikut ini kita ada kasus dimana terjadi kerusakan dengan output suara hanya sebelah/ tidak stereo. Tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

Mixer-amplifier-300x225

Model amplifier secara umum adalah sama saja dimana biasa menggunakan Transistor sebagai penguat akhirnya, jika kita pikirkan gejala yang terjadi maka bisa kita simpulkan kira-kira dimana letak permasalahannya. Untuk memulai pemeriksaan jika terjadi kasus kerusakan seperti ini komponen pertama yang mesti kita periksa adalah Potensio, tampilannya seperti ini :

potensio-5ok-300x225

Cara mengukur Potensio adalah dengan mengukur hambatan posisi ada pada kaki 1 dengan no 3 , kita gunakan multitester sesuaikan dengan nilai hambatan yang tertera pada badan potensio contohnya 10K-20K-50K-100K . Untuk nilai hambatan 10K bisa kita gunakan multitester dengan posisi Ohm meter batas ukur 1K nantinya jarum akan bergerak sesuai dengan nilai hambatan yang tertera di badan potensio, untuk nilai lain bisa gunakan batas ukur 10K.

Hasil yang kita dapatkan adalah memang positif adanya kerusakan di potensio-nya , penggantian segera kita adakan tetapi sebelum itu mesti kita lakukan pemeriksaan pada potensio yang lain karena pada Mixer amplifier ini ada beberapa potensio dengan fungsi yang berbeda akan tetapi dengan nilai hambatan yang sama yaitu 50K ohm. Tampilan potensio pada rangkaian mixer :

potensio-di-rangkaian-mixer-300x225

Setelah kita lakukan pengukuran untuk semua potensio ternyata dengan model yang sama serta nilai yang sama semuanya dalam kondisi rusak. Maka selanjutnya kita lepaskan semua potensio yang bermasalah dan kita gantikan dengan potensio yang baru. Setelah selesai kini kita coba hidupkan Mixer amplifiernya dan hasilnya sama sekali tidak ada output suara ? Kita coba periksa apakah ada masalah dengan amplifiernya caranya dengan mengadakan pengukuran pada kanal output dengan multitester apakah terdapat tegangan DC dan hasilnya baik-baik saja.

Untuk memastikan lebih lanjut kita adakan pengukuran pada rangkaian Protec karena Mixer amplifier ini dilengkapi dengan sistem ini. Hasilnya baru kita dapatkan ternyata transitor switch mengalami kelemahan sehingga tegangan untuk menghidupkan Relay menjadi drop, posisinya ada di :

transistor-protec-5401-300x225

Untuk menggantikan transistor 2N5401 kita bisa gunakan type S8550, kini kita coba lagi hidupkan Mixer amplifier-nya dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal. Singkat saja kalau di beberkan semuanya akan semakin panjang, itulah sekilas permasalahan yang terjadi pada Mixer amplifier dan memang secara umum akan selalu terjadi permasalahan di lokasi yang sama, terkecuali kita menggunakan potensio yang bagus.

Enhanced by Zemanta
6 Comments