tips and trik servis elektronik

Oct
27
2012

Mixer Amplifier Dan Permasalahannya

Mixer amplifier merupakan perpaduan antara amplifier dengan sistem pencampuran input , biasa ada beberapa kanal input mic dan Aux atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mixer. Dengan adanya Mixer tentunya kita bisa menggabungan beberapa sinyal masukan dan menjadikannya menjadi satu, berikut ini kita ada kasus dimana terjadi kerusakan dengan output suara hanya sebelah/ tidak stereo. Tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

Mixer-amplifier-300x225

Model amplifier secara umum adalah sama saja dimana biasa menggunakan Transistor sebagai penguat akhirnya, jika kita pikirkan gejala yang terjadi maka bisa kita simpulkan kira-kira dimana letak permasalahannya. Untuk memulai pemeriksaan jika terjadi kasus kerusakan seperti ini komponen pertama yang mesti kita periksa adalah Potensio, tampilannya seperti ini :

potensio-5ok-300x225

Cara mengukur Potensio adalah dengan mengukur hambatan posisi ada pada kaki 1 dengan no 3 , kita gunakan multitester sesuaikan dengan nilai hambatan yang tertera pada badan potensio contohnya 10K-20K-50K-100K . Untuk nilai hambatan 10K bisa kita gunakan multitester dengan posisi Ohm meter batas ukur 1K nantinya jarum akan bergerak sesuai dengan nilai hambatan yang tertera di badan potensio, untuk nilai lain bisa gunakan batas ukur 10K.

Hasil yang kita dapatkan adalah memang positif adanya kerusakan di potensio-nya , penggantian segera kita adakan tetapi sebelum itu mesti kita lakukan pemeriksaan pada potensio yang lain karena pada Mixer amplifier ini ada beberapa potensio dengan fungsi yang berbeda akan tetapi dengan nilai hambatan yang sama yaitu 50K ohm. Tampilan potensio pada rangkaian mixer :

potensio-di-rangkaian-mixer-300x225

Setelah kita lakukan pengukuran untuk semua potensio ternyata dengan model yang sama serta nilai yang sama semuanya dalam kondisi rusak. Maka selanjutnya kita lepaskan semua potensio yang bermasalah dan kita gantikan dengan potensio yang baru. Setelah selesai kini kita coba hidupkan Mixer amplifiernya dan hasilnya sama sekali tidak ada output suara ? Kita coba periksa apakah ada masalah dengan amplifiernya caranya dengan mengadakan pengukuran pada kanal output dengan multitester apakah terdapat tegangan DC dan hasilnya baik-baik saja.

Untuk memastikan lebih lanjut kita adakan pengukuran pada rangkaian Protec karena Mixer amplifier ini dilengkapi dengan sistem ini. Hasilnya baru kita dapatkan ternyata transitor switch mengalami kelemahan sehingga tegangan untuk menghidupkan Relay menjadi drop, posisinya ada di :

transistor-protec-5401-300x225

Untuk menggantikan transistor 2N5401 kita bisa gunakan type S8550, kini kita coba lagi hidupkan Mixer amplifier-nya dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal. Singkat saja kalau di beberkan semuanya akan semakin panjang, itulah sekilas permasalahan yang terjadi pada Mixer amplifier dan memang secara umum akan selalu terjadi permasalahan di lokasi yang sama, terkecuali kita menggunakan potensio yang bagus.

Enhanced by Zemanta

Related Posts

About the Author: hamim

Tips and tricks electronic service that we provide is the result of day-to-day work experience which we write in the form of articles, all of them are real and not fabricated (Hamim, children whose hobby Kalibata electronic) copy and paste all of the material that may not be here unless there is permission from us, there is a problem please leave your comment.

6 Comments + Add Comment

  • Trims atas tip2 nya…numpang konsultasi ; kalo amplifier ketika di “off” keluar bunyi Dhog…padahal potensio semua sudah minimal/ nutup..kira2 masalahnya pada apa ya…trims banyak

    • switch pasangkan capasitor 33nf/227vX2 AC secara pararel

  • boleh minta petunjuk pak hamim..?
    saya ada power rakitan sendiri.. (hanya power 140w kit beli ditoko + tone control stereo biasa). inputnya hanya dari dvd player… kadang leptop.
    lha..maksut saya biar bisa karaokean juga… trus tak kasih pre amp mic + echo rpeter… out put masuk in put nya power (jadi 1 dgn tone control di kasih resistor 5k6).. hasilnya sangat itdak puas…. suara/modul dan music gak bisa menyatu blassss….gak bisa enjoy blas pokok e.
    maunya tak jadikan semacam Mixer Amplifier gitu..tapi gak ngerti sama sekali caranya..
    Tujuan saya hanya untuk berkaraoke di home saja pak hamim..
    bolehkah saya mohon pencerahanya..? ———–> jaelangkung@gmail.com
    Terima kasih.

    • Jangan memasangkan output mic+ echo dijalur input amplifier secara pararel ( suara jadi sedikit mono nantinya ) , pasangkan tone control yang sama seperti tone control yang ada lalu hubungkan tone control ini untuk sistem mic+ echo. Jadi akan tersedia 2 tone ( buat musik dan buat vokal ) level pengaturan jadi 2 juga ( bisa atur bas dan treble musik dan vokal ) tanpa mengganggu satu sama lain. Supaya pengaturannya lebih mudah Volume master untuk mic+ echo bisa gunakan trimpot 100K untuk semua kanal ( bas dan treble ) setel secara manual ( terkecuali mau buat lubang baru di box ) hal ini ditiadakan.

  • Terima kasih pak…..
    logika banget dan saya sangat setuju dngan saran pak hamim.
    untuk lebih memahamkan… natinya berarti uot put ke dua tone control (dari vokal dan musik) akan paralel ke input power begitu ya pak..?

    adakah rangkaian semacam mixer sederhana untuk me-mixing ke power..?
    maaf gaptek … dan banyak tanya….
    Terima kasih…

    • kalau kits jadi kita engk tahu mas imam ( udeh lama engk pernah survey/lihat2 ) , mungkin masih ada yg jual cuma akan lebih rumit untuk pemasangannya, Kits modul mixer ada beberapa potensio jadi lebih simpel pakai cara sebelumnya. ( ada model kits karoeke ) cuma hasilnya kurang bagus

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

Selamat Datang

Profil

Hamimservis
Jln Kalibata Selatan RT011 RW004 No 8 Jakarta Selatan 12740
Phone : +628128117641 ( maaf hanya melayani telpon )
Email : hamimalkorif@hamimservis.com
Pin BB : 7478C584

Archives

Terpopuler

Video

Login

Register | Lost your password?