tips and trik servis elektronik

Mei
3
2012

Merakit Amplifier

Merakit amplifier mungkin tidaklah sulit mengingat tata cara untuk instalasinya sudah di sertakan di mainboard-nya. Paling ada sesuatu yang kurang, dimana ada permasalahan yang timbul setelah perakitan selesai misalnya:

1 Timbul suara dengung dari speaker walaupun setelan volume kondisi minimum.

2 Timbul konslet setelah pada mainboard amplifier ketika di pasangkan.

3 Timbul suara desis dari speaker.

Hal-hal seperti ini memang kerap kali muncul jika kita salah menempatkan beberapa kabel, untuk koneksi output maupun input. Kali ini kita coba memberikan contoh dimana teman kita sudah merakit amplifier-nya cuma terganjal masalah setelah pemasangan pada body . Body amplifier menggunakan papan dengan panel memakai alumunium, kita coba menyempurnakan untuk mendapatkan hasil yang maksimum.

Amplifier setelah pemasangan full pada body dengan hasil maksimum:

Pemasangan full amplifier dengan hasil maksimal

Langkah yang harus kita perhatikan sebelum merakit amplifier diantaranya:

1 Periksa alumunium pendingin apakah baut pengikat terhubung dengan salah satu jalur tegangan. Mengapa harus kita lakukan? Body amplifier membutuhkan Ground maka alumunium pendingin Transistor amplifier harus bebas dari sumber tegangan, jika iya maka akan timbul konslet .

Dalam kasus kali ini memang terjadi konslet karena Alumunium pendingin terhubung dengan salah satu tegangan supply, penanganan hanya dengan memutuskan jalur yang terhubung dengan baut dan menggunakan kabel untuk menjumpernya. Model mainboard amplifier-nya adalah seperti ada pada gambar berikut:

model amplifier

2 Periksa tegangan supply untuk amplifier , pada amplifier ini membutuhkan tegangan [+40 volt ] ground [-40 volt ] jadi pemasangan jangan sampai terbalik , efek yang dihasilkan tentunya sangat fatal. Untuk ini kita hanya tinggal menyamakan saja dengan petunjuk yang tertera pada mainboard. Model regulator yang digunakan pada amplifier tampak pada gambar berikut:

regulator amplifier

3 Periksa regulator untuk Tone control, tegangan supply untuk ini adalah [ +15 volt ] ground [ – 15 volt ] . Trafo yang mensupply tegangan untuk ini tidak sesuai, dimana cuma ada 9 volt AC. Alhamdulillahnya tegangan out AC-nya model CT jadi kita bisa menghilangkan fungsi CT dengan memakai 9 volt AC X 2 maka akan dihasilkan tegangan 18 volt AC jika dijadikan DC bisa mencapai 26 volt.

Model regulator untuk tone control:

Regulator tone control untuk Amplifier

Untuk pemasangan pada PCB adalah dengan melepaskan CT dan menggantikan dengan output 9 volt AC, dan pada regulator ini juga harus kita pasangkan Capasitor untuk output tegangan-nya karena tidak di sertakan pada PCB-nya. Efek yang dihasilkan jika tidak kita tambahkan Capasitor adalah suara Desis.

4 Periksa kabel untuk kabel output Speaker, pemasangan kabel untuk Ground speaker kita ambil dari mainboard langsung . Jika kita ambil dari regulator untuk amplifier hasil yang kita dapatkan adalah suara dengung. Untuk fungsi ground tidak boleh 2 arah jadi jika sudah didapatkan pada line input mainboard amplifier yang terhubung dengan tone control maka untuk pemasangan ground untuk sasis kita ambil dari tone tersebut. Model tone control tampak pada gambar berikut:

tone control untuk amplifier

Dari semua langkah-langkah yang sudah kita terapkan Alhamdulillah perakitan amplifier selesai sudah, hasil yang kita dapatkan amplifier berfungsi dengan baik tidak ada efek-efek yang menggangu telinga seperti desis,dengung.

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

469 Comments + Add Comment

  • Askm ??mas kita mau nanya..kalo mesin power ic pinal ny rusak trus diganti baru,,sekali di hidup kan jrusak lagi”’tolong itu dari mana penyakit nya mas,,thanks mas baru ingin belajar ni.

    • wss, maaf kita engk jelas maksud mesin power itu apa ? apakah kits amplifier jadi dengan menggunakan Ic sebagai komponen utamanya atau apa,, jadi kita bingung bagaimana mesti menjelaskaknnya karena obyeknya yang tidak jelas.

  • mas nie mw tx spiker aktif saya cmn bersuara denggung, solusinya giman ya..?

    • Dengung yang terjadi bisa karena kabel input atau RCA yang putus groundnya , coba periksa kabel RCAnya. Bisa juga karena transistor power amplifier ada yang konsleting / shot dengan salah satu catu daya, jika memang demikian coba diperiksa transistor tersebut , jika amplifier model stereo ada 4 transistor jika mono hanya ada 2.

  • mas jika speker saya rata rata 100 watt
    bagusnya pake power 200/300/400 wat
    tapi pernah saya tes pake 400 watt bagus

    dan beda trafo murni dan gak murni apa sih pak??

    • Trafo amper murni , perkiraannya ampernya mendekati dengan kode trafo yang biasa tertulis misalnya 5 A maka kurang lebih 4-4,5 A bisa dikeluarkan dari trafo tersebut dalam hal ini arus listriknya dari segi fisik juga bisa dilihat biasanya lebih besar. untuk trafo tidak murni adalah kebalikannya, arus yang tertulis misalnya 5 Amper tapi yang bisa disupply cuma 2 A

  • maaf pak sedikit OOT

    kalau untuk hobi merakit rakit yang namanya audio
    apakah harus sekolah di SMK??
    soalnya saya hobi banget yg namanya ngerakit audio

    • engk mesti sekolah di smk atau stm jika memang ada kemauan bisa dengan belajar sendiri , belilah buku atau anda bisa baca2 di webblog ini banyak informasi tentang elektronik. Untuk merakit tentunya tidak terlalu sulit karena biasanya sudah ada diagram/ skema jadi tinggal melihat dan praktek saja. terima kasih sudah berkunjung ke sini

  • pak,ada diagram noise reduction gak??

  • gan tolong dong, saya minta penjelasan dari awal sampe akhir tentang merakit amplifier sederhana kalo bisa sekalian bahan2nya gan. saya punya speaker 12 inch. butuhnya travo berapa dan kit powernya yang berapa? kirim ke email saya gan ya, doelzghopur@yahoo.co.id

    • speaker 12 inc berapa watt dan berapa ohm ? ini mesti diketahui terlebih dahulu karena amplifier yang akan dirakit mesti diatas watt speaker supaya hasil suara bisa bagus.

      • 150 watt 8 ohm gan

        • pakai amplifier model ocl dengan final jangkol 4 set dan trafo 10 amper , speaker spek sama seperti yang kita pakai

          • maaf gan ya, baru belajar nih. bahan2nya apa aja? dan kira2 abis berapa duit?

          • satu lagi gan, punya agan tu kan pisah2 komponennya, nah ada gak yang udah jadi satu gitu. cuman yang misah travonya aja.

        • yang jadi satu ya biasanya untuk speaker aktif itu bisa kita temui di pasaran, sebenarnya malah lebih bagus misah jika terjadi kerusakan akan lebih mudah untuk memperbaikinya

          • tolong gan ya, komponennya apa aja, mau beli nih, biar sekalian gak bolak-balik ke toko.

          • merk yang bagusan apa ya gan

          • yang bagus relatif mahal,, mending yang biasa saja di modif dikit

  • mlm bang,aku mau tya barusan
    aku bca postingan
    abang perbaikan total vcd compo
    sony,aku baru
    beli kabel pleksibel nya .Yg jdi
    msalah aku lupa
    posisi pasang nya,,aku ga inget
    jalur nya.mhon
    bantuan nya.Klo ada mta gmbar
    nya.Mf klo aku lancang,syang nya
    aku d bandung klo d jkta psti aku
    bwa k tmpt abang

  • kabel fleksibel itukan ada flip birunya , untuk pemasangan disoket lihat rumahnya saja

  • Ass.
    Permisi mas, mau nanya ni.
    _Power amplifier yg sering dipake di mobil, trus di modif untuk dijadikan sound sistem dirumah bisa ngak ya mas.??
    Mohon pencerahanNya.
    Makasi

    • bisa, siapkan power supply 12 vdc yang agak besar ampernya sesuaikan dengan kebutuhan power amplifiernya

  • 12 volt DC ya mas mksdnya.?
    Tapi power ampllifier ini ada 2 komponen atau 2 power atau 2 PCB (ngak begitu tau apa namanya).
    Komponen yg 1 ada gulungan kawat kuning (kayak donat bentuknya mas) ada 4 transistor IRFZ24N
    Klo Komponen yg 2 ni ada 3 potensio (vol,bass,trble) ada 4 transistor SANKEN.

    Jadi bingung,ini power berapa Watt yaa mas kok ada 8 transistor yg berbeda?? Makasii

    • jika mau simpel maka siapkan saja power supply 13,8volt dc dengan arus max 10 amper dan hubungkan ke power dengan poin B+ dan Remote masukan ke 13,8 volt dan Ground power ke ground power supply. Jika mau modif bisa juga siapkan trafo 10 Amper dan hubungkan ke power amplifier dengan sebelumnya lepaskan lilitan dalamnya dimana disana ada beberapa transistor fet IRFZ24N, lepaskan lilitan ini dan hubungkan output AC dari trafo 10 Amper dan masukkan output AC 24 volt trafo ke sistem regulator , Ke dioda 3 pin X 2 . input dioda ada di kaki no 2 untuk mendapatkan output minus 32 volt dan plus 32 volt sedangkan CT trafo hubungkan ke kaki capasitor filter tegangan minus/plus 32 voltnya

  • harus dilepas lilitan (donat) nya ya mas.?

    Tp Kalo seandainya 32v CT 32v pada trafo langsung dihubungkan ke input power (yg Ada lilitan(donat) sm TR IRFZ24N nya itu loh).
    input nya ada 3 channel sejajar pake mur jg.!

    Ni POWER AMPLIFIER udah aku lepas dr sarangnya & udah dipindain ke box speker aktif merk SHARP.
    Kata om google(hasil pencarian) pake Diado petak sm elko.. Yg bgs untuk menyaring tegangan 32volt dari trafo 10A. Bener ngak ya.?

    ASK : Harus ukuran diado yg brapa watt dan elco nya mas.! Thx

  • mesti lepaskan lilitan lalu pasangkan langsung ke dioda yang ada di power amplifiernya saja, engk usah pakai dioda diluar serta Capasitor lagi kan semuanya sudah ada di PCB power amplifier.cuman model diodanya terpisah engk model kotak/ bridge.

  • WaduUh mumet aku mas, (makLum aku orang awam yg ngak bgtu ngerti tntg elektro).
    _ tp aku coba branikan diri. Stlah aq pasang psu Paralel pake trafo 5A non CT, dioda petak 3A, elco2200uf/25V dua buah lgsg nempel di trafo nya, trus aku salurkan ke INput pd power, hasilnya bunyi tapi lama2 dengung geDe. Slh satu TR IRFZ24N Panas, dioda petak 3A nya Jg panas. Trus ke 4 TR ini aku ganti smua, dioda petak 3A sm elco2200uf/25V diluar yg lgsg nempel ditrafo diganti jg.
    _Hasilnya aku kaget mas. Tiba2 konsleting, listrik dirumah jadi tUrun (jeglek). Ya ampuun. . .
    Letak
    kesalahnya dimana ini mas.?? Apa aq slh pasang TR IRFZ24N nya ya.. Krna yg aq otak-atik cma TR dan ELCO,DIODA yg diluar doank.? Thx atas ilmu nya.

  • ini pemasangan di input/ soket yang ada diluarkah ??? kita agak bingung buat neranginnya mas benny.

  • Iya mas pemasanganya soket diluar. Aq jg ngak tau apa nama power ini. Tapi kata om google ni power mosfet (mungkin)..
    Ni power mobil ada 2 PCB secara terpisah mas :
    Pcb 1. mungkin psu atau regulator nama nya yg mn ada 4 elco, 4 TR IRFZ24N, 1 dioda ziner, 2 IC, 2 lilitan kawat kuning dan lainya….
    trus regulator atau psu ini ada 4 output CT, -vcc, Ground, +vcc..

    Pcb 2. 4 Input jg CT,-vcc,ground,+vcc dan banyak komponen lain2nya, salah satunya ada 4 TR Sanken,, 3 potensio : volume,treble, bass…

    Klo blh aq kasih gambarnya aja nggak apa mas?? Sblumnya maaf ya mas komentar nya belepotan..
    Makasi atas ilmunya.

    • buat mas benny silahkan kirimkan gambarnya,,, maaf lama baru di balas karena kita lagi sibuk sama pekerjaan.

  • ini mas gambar nya
    https://lh6.googleusercontent.com/-IrElsCzZ-AE/URuCdQuUgMI/AAAAAAAAAYE/Zz_fH43C-hs/s607/power+ampli+car.jpg

    tapi gara2 kecerobohanku_ Power ini dah konsleting mas. sampe2 habis FUSE 5 biji dan listrik rumah turun (jeglek)….
    sampe sekarang blum aku otak-atik lagi. nunggu saran dari mas hamim.!! thanks

    • Dalam gambar kita sudah lihat mas benny,,, begini buatlah catu daya dari trafo dengan mengambil output AC 18 volt dan pasangkan regulator untuk mendapatkan tegangan output 13,8 volt. sesudah kita dapatkan tegangan 13,8 volt barulah kita hubungkan ke rangkaian inverter yang ada lilitan trafo, sesuaikan dengan kebutuhannya Ground inveter dengan ground power supply sedangkan B+ dan Remote gabungkan jadi satu dan hubungkan dengan tegangan supply 13,8 volt dari power supply. Jika terjadi kesalahan dalam pemasangan tegangan output dari power supply baik karena terlalu besarnya tegangan yang masuk ke rangkaian inverter maka pastinya transistor yang ada di rangkaian inveter akan menjadi konsleting/ shot tentunya harus dilakukan penngukuran lebih lanjut, dan gantilah dengan transistor yang masih bagus. Karena terjadi listrik jepret maka disini ada indikasi trafo mengalami kerusakan, kemungkinan mesti mengganti trafo. Coba masukan aliran listrik ke trafo tanpa ada komponen dioda serta capasitor ??? apakah listrik rumah menjadi turun atau tidak, jika turun maka sudah jelas trafo mesti diganti, jika tidak coba ukur dioda bridge apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

  • Okela mas ntar kita coba lagi. . .
    Oya seandainya Rangkaian inventer (yg ada lilitan trafo nya) nggak usah di pake, trus kita pake ampli nya sja (yg mn ada SANKEN,SPK pada gambar).

    Kira2 Bisa ngak ya mas merombak power tsb tanpa menggunakan rangkain inventernya.??

    Mf byk nanya mas. . . thx

    • bisa saja dengan cara gunakan trafo minimal 5 amper dengan output 24ac–ct–24ac dan tinggal masukan ke inverter dibagian regulatornya saja,,, angkat lilitan trafo dan pasangkan output trafo 24ac di dioda untuk penyearah tegangan ke amplifiernya

  • malem mas..!!
    oya mas pertanyaan aq di atas yg berkaitan dgn INVENTER kemarin..
    kan INVERTER nya nggak di pake, ni. jadi, ampli nya saja yg di pake.!!.
    ni gambaran nya mas..
    https://lh4.googleusercontent.com/-PQJuAhr1Rns/UR4tqdhYsVI/AAAAAAAAAYk/-k_qwUERC5g/s660/IMG-20130215-00713.jpg .

    tapi aq mumet klo seandainya ampli nya saja yang di pake….
    terus kabel GROUND yg warna hitam pada gambar. harus aq hubungkan kemana ya mas..???

    Pada Ampli nya ada 4 kabel INPUT DC :
    + (warna merah)
    CT (warna kuning)
    – (warna coklat)
    Ground (warna hitam)

    Apakah kabel Ground tsb nggak usah di hubungkan,, Cukup 3 kabel itu aja atau gimana mas solusi nya ya biar ngak slh sambung kabel Ground nya.!?
    (mAAf soal nya aq baru belajar merakit ni mas hamiim_Gpp kan). thanks >_<

    • coba saja tanpa kabel hitam terpasang apakah amplifier bisa hidup atau tidak,,, setahu kita kabel hitam itu untuk sistem ground input amplifier jadi tidak ada masalah jika tidak dipakai, ini hanya berguna jika amplifier ini terpasang di sistem Accu/ di mobil

  • Okela mas ntar experiment lg.
    __ tp biar tegangan nya stabil untuk rangkaian regulatornya hrz ukuran brapa ya mas.? Seperti Dioda dan elco nya untuk trafo 5A 24v-ct-24v.?.!! Thx

    • untuk stabilnya tentunya tidak bisa kalau hanya menggunakan trafo serta dioda dan capasitor karena pastinya tegangan akan terpakai oleh amplifier, kalau supaya hasil suaranya bisa lumayan bagus maka mesti gunakan trafo 10 amper serta capsitor 2X10000uf/50 volt lalu dioda 10 amper.

      • Oke mas.
        Yg penting aku dah dpt materi ilmu dr mas hamim.
        Tinggal aku pRaktekin.!!
        Ntar aq Reply apa hasilnya.
        Makasi ya mas atas smua sarannya..!!

        • okk semoga berhasil mas benny

          • kalo power berdengung saat vol di putar jam 9 (tanpa input), kira2 apa penyebabnya y mas?

          • sistem sasis/ grounding tidak sempurna serta penggunaan kabel input tidak ada pelindung mas agung,,,, cobaganti kabel dengan model kabel isi 3 seperti yang biasa digunakan untuk head tape

  • mav mas maksudnya kabel isi 3 utk head itu yg gimana? soalnya saya sudah pakai kabel audio yang dibungkus gnd. mohon penelasannya utk grounding yang sempurna dan yang baik. mksih

    • jika kabel input bagus berarti ada masalah instalasi dalam amplifiernya yg kurang baik sistem groundingnya ? boleh tahu amplifier asli pabrik atau rakitan…. kalau pabrikan jarang terjadi kasus seperti ini jika amplifier rakitan pastinya suka mengalami pastinya.bisa diperjrlas amplifier yang digunakan mas agung

  • Itu memang amplifier rakitan saya sendiri mas.BTL 400W. sebenernya suaranya sudah lumayan bagus. tapi saya masih kurang puas karena masalah dengung tersebut. semoga mas hamim bisa memberi solusi utk masalah tersebut.

    • jika amplifier rakitan pertama letal tone control harus agak jauh dari trafo,,, penggunaan tone control dengan versi apa nih ? ic atau tr jika ic gunakan regulator sendiri dengan mengambil 1 jalur dengan trafo untuk amplifierd dengan menyesuaikan tegangan yang dibutuhkan tone controlnya. jika menggunakan transistor biasanya hanya tinggal mengambil + langsung dari regulator amplifier saja. Tone control biasanya ada potensio untuk merubah besaran gain volume atau bass atau treble , gunakan kabel yang mempunyai pelindung/ ada groundingnya dan usahakan jangan terlalu panjang, dan satu lagi grounding untuk casing amplifier gunakan dari groung volume jangan mengambil dari ground/ ct amplifier , jika terlanjur masuk 2 kali ground maka dampaknya akan keluar dengung juga

      • sudah saya coba saran dari mas hamim. tapi hanya berkurang sangat sedikit dengung nya. apa mungkin karena saya menggunakan trafo sendiri(1A) untuk mencatu tone? sebelumnya makasih mas atas saran dan maskannya. sukses terus buat mas hamim

        • engk ada masalah kok dengan catu daya sendiri,, kalau bisa kita lihat contoh gambarnya mungkin kita bisa bantu lebih jauh mas agung

  • Bermanfaat banget nih mas.
    Terima kasih.
    Sukses ya mas Hamim.

  • Bermanfaat banget nih mas.
    Terima kasih.
    Sukses ya mas Hamim.

  • mas.mo tanya dong tv model icikho 21inc power standby tdk bisa on.apa kerusakannya?

    • cek PSU-nya mas sopian,,, sering terjadi kerusakan disitu untuk komponen terkait biasanya transistor

      • mas psu bagian mana yg hrus saya cek maaf bbru bljr

        • psu itu power supply unit,,, lihat di pcb cek fuses/ sikring jika sikring putus maka psu dalam kondisi konslet . cek transistornya

          • sikring tdk putus posisi power menyala,tdk bisa on transistor mana kira-kira yg rusak?elcko sdh saya ganti yg ke power suply sudah saya ganti,tetap saja tdk menyala gambarnya,dan pkayback sudah saya ganti gimana y mas solusinya?

          • tegangan 115 voltnya ada tidak serta 12 volt untuk sistem control ??? berikan contoh gambarnya deh biar rada mudah di koreksi mas sopian

  • udah ketemu mas penyakitnya. ternyata penyebabnya bukan sistem gnd, tapi krna penguatan sinyal yg berlbihan pd mixer, soalnya mix+tone tak buat sendiri. setelah dari 100x aku turunkan langsung jadi 5x penguatn, ternyata dengung hampir tdk ada, tapi kog saat vol max sedikit mendengung y mas? apa harus ku turunin lagi penguatannya? atau memang IC 471 itu noise?soalnya ku pakai IC itu di mixernya.mohon sarannya lagi dari mas Hamim.makasih

    • ic memang ada efek noise mas sugeng makanya gain jangan sampai berlebih,,, mungkin dengan menguranginya akan menjadi lebih bagus

  • Ass.
    Mas pa kbrnya.?
    Oya mas s0re td aq belajar m0ntir2 lg dgn PA kmrn.
    Ternyata GROUND itu sama dgn CT jg mas ya.!!
    Pas aq tes
    konektor (+),CT,(-) bunyi si bunyi tp suaranya kecil bgt wlwpun volume pull.
    _Begitu juga sbaliknya dgn GROUND nya (+),GND,(-) sm jg..

    Akhirnya aku ambil ksimpulan
    (+),,(CT/GND),,
    (-)
    hasilnya alhamdlh bunyi mas..

    Tapi syg treble nya ngak bersih mas, agak kasar suaranya dan trafo 3A nya Panas.??

    • jika agak kasar kemungkinan trafo kurang besar ampernya,, coba ganti dengan ukurn yang lebih besar

  • Pagi mas. Terimakasih atas postingnya, dan komen dari rekan semua. Cukup membantu sekali apa yg telah diuraikannya, apa lagi seperti saya suka utak utik elektronik tapi hanya bisa melihat tak tahu fungsi dan artinya.

  • Ada yg saya tanyakan Mas! Kenapa tone control yg semula menggunakan arus tegangan + dan – setelah saya ganti modul aktif speaker menghasil bunyi dengung, saya bingung ketika saya pindahkan daya dgn posisi { + dan CT } baru normal ! Itu hanya saya coba coba saja, untung saja selamat tak berakibat fatal. Sekian Mas! Minta penjelasannya.

    • sistem amplifier menggunakan apa nih ??? tone controlnya juga model apa??? kita jadi susah buat neranginnya…… tolong diperjelas mas putu asana

  • siang mas, mw ikt gbung.. pengen blajar elektro maz

  • Ass..
    Selamat malam mas hamim. Apa kabar.?
    _Oya mas mau tanya ni..
    Trafo 3A 21v-CT-21v bila langsung di tancep ke tone control bifet hk-201, Apa akibatnya ya mas???

    Yg mana kata mbah Google trafo 1A 15v-ct-15v sdh cukup untuk mensupplay tone control ini..

    .Akan tetapi pada tone control bifet ini membutuhkan tegangan 15v-ct-15v dan sudah Dilengkapi PSU plus IC 7815-7915.

    Rencana mau tak pake trafo 3A aja mas buat tone control ini, dari pada mubAzir. ^_^

    Terima kasih
    #Sukses slalu.

    • Walaikum salam,
      kalau sistem regulator sudah ada di tone control ya gpp langsung di supply dari tarfo

  • Owh gpp ya.!! Krna aku takut arusnya ke gede an aja mas.!! ^_^
    :: aku belajar merakit lagi ni mas ceritanya.!
    Dengan cara tutor di atas,,, tapi terkendala di “Cara pemasangan Tone control dengan menggunakan trafo terpisah”.
    _Trafo 3A untuk tone control.
    _Trafo 10A khusus untuk modul amplifier.

    Dari ke dua trafo ini mumet cara pemasangan nya mas..??
    menurut mas hamim cara pemasangan yg tepat gimana ya,?? Baik itu dari trafo dan ke tone nya.!! Makasi

    #takuT salah tancep mas.. Hehe

    • dengaan 1 trafo juga bisa, biasanya tegangan keluaran untuk amplifierkan 32–ct–32 atau 24–ct–24 nah kan ada tuh tegangan keluaran yang 12–ct–12 tinggal kita pasangkan dioda seperti untuk pemasangan regulator amplifier… dengan output – ct + sesuaikan kebutuhan tone control… lebih bagus dengan i trafo

      • Waahh.. di trafo 10A Biasa saya ngak ada yg cocok untuk tegangan Tone Control nya mas. Tegangan paling kecil cuma 18v dan max 32v.

        Tp kalau menggunakan 2 Trafo gimana cara nya ya mas.?
        Makasi

        • tegangan 18 volt bisa kok digunakan ,,, jika tone control sudah dilengkapi sistem regulator 15 volt untuk dua kutub – dan + biasanya menggunakan ic lm7815 dan lm7915.

  • Ya betul skali mas TC nya uda lengkap dgn sistem regulatornya.!
    Tp apa ngak kedodoran ya trafo nya, dgn hanya menggunakan trafo biasa. Trus CT nya 2 arah donk mas.
    Satu ke ct Psu PA dan satunya lg ct ke tone control nya. Emg Gpp ya mas.? Thx

    • satu trafo engk masalah kok,,, tone control tidak banyak memakan arus karena faktor penguatan sangat kecil,,, ct dari trafo masuk ke amplifier sedangkan untuk ct tone control didapat dari input amplifiernya atau ambil langsung dari trafo sedangkan ct dari input jagan dipasang cukup pasangkan dari main amplifier sebagai grounding saja sedangkan input kita pasangkan ke line out tone control

      • Okela mas ntar tak coba dulu, mudah2an bunyi. Hehehe.
        Oya menurut mas hamim sistem perkabelan grounding yg bAik itu gimana ya mas, sehingga suara lebih efesien & tidak berdengung atau berdesis.
        Makasi
        #mf byk nanya.

        • gunakan kabel dengan pelindung,,, ada grounding contoh kabel untuk head isi 3

          • Kabel head emang bAgus ya mas,? tp kata temanku kabel head mahal permeternya 7rebu..!!
            Okela tak cobA dulu.!
            Makasi ya mas hamim dah byk kasih solusinya.
            #Go0d luck

  • ass… mas sblmNya maaf mungkin aku banyak nanya ni__ tapi dah tak coba merakit dengan pake trafo 10A masih nggak bunyi.. yg bunyi malah suara dengung nya kedengaran gede bgt waktu 18vct18 ku colokin ke Tone control nya…. mau ngak mau pake 2 trafo..!!

    spesifikasi
    1. Kit PA ocl sx-200 watt.
    2. Tone control bifet hk-201.
    3. Kit Speaker protector.
    4. Trafo 3A ct dan Trafo 1A ct.
    5. Speaker 6″ 2×50 watt.

    http://4.bp.blogspot.com/-xlvJ7j-toNQ/UU8TlJDIXrI/AAAAAAAAAZk/wPJbrxDv_3I/s1600/SX200W.jpg

    Dari rincian diatas kendalanya “Cara pemasangan tone control bifet dan speaker protector dengan menggunakan trafo yg terpisah”

    udah dicoba otak-atik tapi ngak bunyi.!! yang bunyi malah denguuung dan suara musik nggak ada.

    menurut mas hamim cara urutan pemasangan perkabelan yang benar/tepat gimana ya karena aku pakee 2 trafo yang berbeda untuk menyuplai masing2 kit nya..tapi yang bunyi malah suara dengung??
    tolong bantuan donk mas.. maklum baru belajar merakit ni. heehe
    makasi sebelumnya.

    • begini ,, pasangkan regulator untuk amplifier ocl setelah terpasang sesuai dengan urutannya coba hidupkan dan pegangan input ? pasangkan speaker dan coba tes dengan memegang line input dari rangkaian amplifiernya apakah bisa didengar , jika sudah bagus/ terdengar suara inputnya barulah kita mulai tahap kedua yaitu pasangkan regulator tone control bila sudah tersedia di kitnya cukup pasangkan output AC dari trafo dan sesuaikan dengan kebutuhan tone control. tahap selanjutnya tinggal hubungkan line input amplifier ke line out tone control..L ground..R . apabila input tidak tersedia atau timbul suara dengung berarti tone control mengalami kerusakan,, coba periksa tegangan output dari regulator apakah yang masuk ke IC sudah benar yaitu -15 volt serta +15 volt. jika tegangan supply benar mungkin ICnya sudah rusak. Tahap ke tiga yaitu memasang kit speaker protektor ini tidaklah susah tinggal hubungkan output AC trafo dan sesuaikan denga kebutuhan kitnya contoh 18vac—ground—-18vac dan hubungkan line input ke line out speaker/ main amplifier untuk keduanya yaitu L dan R sedangkan line out dari kit speaker protektor hubungkan ke soket speaker / merah-merah-hitam-hitam untuk groundnya

  • Yaa mas makasi bgt atas tangGapan nya. Besok tak cobA lagi. . . Yg penting ni PA bunyi dulu, kalo udah bunyi. rencAna tak pake box nya juga, kalo uda n0rmal bunyi nya dan ngak dEngung si. Hehe

  • Salam kenal Oom…..mohon bantuan pencerahan saya lagi blajar ngerakit Amplifiier yang 150w X2, sdh di chek arus masuk 24V tp disentuh di inputnya kog gak ada suara ya…. komponen gak ada yg panas
    kira kira kesalahan dimana nya yaa….
    matur nuwun
    Salam
    Lilieg

    • transistor penguat akhir/ final pemasangannya benar atau tidak ??? begini saja lepaskan transistor penguat akhir dan tes hanya dengan transistor driver bd139/140 jika sudah ada suara yang dihasilkan barulah pasangkan transistor penguat akhirnya. kutub voltase adalah 2 yaitu -24 dan +24 pastikan pemasangannya tidak terbalik

      • Terima kasih banget Info nya om..saya akan coba chek ulang lagi..tp maaf jangan bosen ya Om.. karena saya akan bertanya lagi..
        Maturnuwun

  • Sudah ketemu Oom… masalhnya yaitu di Kit Speaker protector. stelah sy langsungin gak pake Kit Speaker protector langsung bunyi duut nya. oya sy pake Kit Speaker protector merk BELL. untuk led penanda angka sih hidup dari 5 turun ke 0 tp ada led di tengah kit mati apa berarti kit tsb rusak ya? mohon pencerahan..
    makasih

    • mungkin tegangan supply untuk kits protektor kurang jadi relay tidak mau on, jika angka bs hitung mundur berarti rangkaian bekerja dengan normal

  • klo angka bisa hitung mundur artinya rangkaian bagus, ok terima kasih banget pencerahannya, trus gini Oom.. sy ingin tambahin rangkaian utk Echo yg ada utk Mic nya penempatannya bagaimana yaa….? mohon petunjuk selanjutnya maturnuwn

    • pasangkan dengan menggabungkan dari input amplifier dengan sebelumnya pasangkan resistor 22kohm… jika rangkaian mic terpisah dari tone control lakukan cara ini jika sudah terangkum jadi satu ya tidak usah. input amplifier L dan R pasangkan resistor searah dengan tone control

      • Siang Om…. saya kog agak bingung dengan yg Om Hamim sampaikan “input amplifier L dan R pasangkan resistor searah dengan tone control”
        perlu sy sampaikan bahwa mic sdh terangkum di pcb echo, yg di makasud dg “resistor searah” sy baru dengar ini bisa di kasih contohnya kah?
        terimakasih

        • begini output tone control itukan terhubung ke input amplifier , andai kata mau memasangkan rangkaian baru dalam hal ini mic+ echo maka peletakan line out pre amp mic+echo itu kita pasangkan sejajar/ pararel dengan tone control. contohnya :
          input L amplifier>>>>> resistor1>>>>> tone control
          resistor2>>>>>pre amp mic+echo
          samakan dengan input L untuk kanal R.
          untuk nilai resistor bisa gunakan 4k7 atau 6k8

          • Ooo.. begitu ya…. jd sebelum msuk ke input Ampli harus dikasih Resistor 4k7 kah? akan dicoba…
            terimakasih

  • Mas ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ tanya saya baru saja merakit ampli stereo 400w, setelah selesai semua suara tidak muncul sanken malah rusak, saya menggunakan trafo 10A 42 ct 42 untuk regulatornya. Gimana solusinya trims.
    Ditunggu jawabannya

    • rangkaian amplifier model apa nih ? jika ocl pastikan tegangan driver dalam kondisi seimbang dengan tanpa transistor final dalam hal ini model sanken. jika sudah benar tegangan driver yang berkisar 0,5- 0.8 volt barulah pasangkan transistor final sanken-nya, pemasangan kebel dari trafo yang sudah dilengkapi rangkaian penyearah pastikan terhubung dengan benar yaitu + dengan + begitu juga dengan – …

  • ampli 400w stereo mas
    Regulatornya power pake elco 2x 100v/15000nf, tegangan dari trafo 42 ct 42 apakah kebesaran γά mas, terus biasanya tegangan dari trafo yang benar gimana γά mas + ct – a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊. – ct + soalnya sanken Ϟγ̥â langsung berasap ϑªή resistor 5w dibawah sanken Чǝлб satu langsung menyala sehingga sanken lain ikut panas walaupun belum berasap, padahal waktu aku pegang elco regulator power juga tidak panas, kiproknya juga tidak panas cuman sankennya saja yang keluar asap,
    §O̲̣̣̥яяy banyak tanya karna baru belajar.
    Tolong penjelasannya. Trims

  • Malam mas hamim,
    Setelah saya otak-atik ternyata salahnya ∂ï sanken saya ϑªή sekarang sudah normal, tapi yang sekarang jadi masalah adalah tidak keluar suara padahal. Line yang ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Pada tone control saya Cΰ♍ά ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Tulisan out ground + ct – in. Ground
    Yang saya bingung biar suaranya keluar cara merangkainya gimana biar suaranya keluar karna line in pada mainboard saya pegang ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Suaranya, saya bigung cara merangkaianya
    Untuk + ct – sudah beres, untuk in out Ϟγ̥â suara yang bingung
    Tolong penjelasannya.
    Terima kasih

  • Sekalian dijelasin kalo dari mainboard ke tone control ϑªή dari tone control ke soket in out audio
    §O̲̣̣̥яяy mas banyak tanya karna masih tahap belajar
    Trims

    • 1 input dari ampli L dan R hubungkan ke Line out tone control
      2 input dari tone control L dan R hubungkan ke soket audio

  • S̤̥̈̊ȋ̝̊̅̄ɑ̤̥̈̊n̶̲̥̅̊g̶̲̥̅̊ mas
    Tone control punya saya gak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥…
    Input L ϑªή R, tapi yang ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Out ground ϑªή in ground Ϊτϋ saja mas
    Makanya saya bingung rangkainya gimana, karna kemarin aku bolak-balik tetep gak keluar suaranya

  • Sepertinya Ϊτϋ tune control mid, karna ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… 4 potensio terdiri dari
    1 potensio volume
    2 potensio middle
    3 potensio bass
    4 potensiio tribble
    Tolong pencerahannya. Trims

    • ya sama saja dengan tone control secara umum kang agus, perhatikan tegangan supply untuk tone control apakah sudah benar atau tidak, biasanya mengadopsi sistem ct – dan + . apabila secara urutan pemasangan sudah benar tapi tetap tidak berfungsi maka mesti cek ic yang ada di tone controlnya

  • в̲̮̲̅͡ά̲̣̥ı̣̣̣k̶̲̥̅̊ mas nanti τ̩̩̥α̍̍̊ќ coba rangkai lagi barang kali bisa bunyi
    Terus ini mas hamim ∂ï PCB tertulis amplifier stereo 400w nah aku pake trafo 10A tapi tidak murni dgn tegangan 42 ct 42 regulatornya 2 elco 100v/15000nf sama kiprok saja, kira-kira a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ pengaruhnya ϑªή bisa awet tidak amplinya
    Memang waktu aku nyalakan elco sama kiproknya sih dingin.
    M̲̣̣̣̥ǎ̜̣̍ά̲̣̥ƒ̤̥̣̣̣̣̣ banyak tanya karna masih belajar. Trims

  • Trima kasih banyak mas atas sarannya
    S̶̲̥̅̊U̶̲̥̅̊D̶̲̥̅̊@H ketemu masalah bunyinya mas, ternyata yang rusak speker protektornya
    Nah sekarang bunyi dengungnya juga kenceng mas. Ground dari speker Ƌªк̣̣̥Ʋ tancap di casing sedang tone controlnya tdk ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Groundnya. Tolong penjelasannya mas biar Ъќ>:/ dengung lagi

    Satu lagi mas, emang amplifier stereo 400w bagusnya pake speker Ўåηğ berapa inch/watt/ohm. Trims

    • ground untuk speaker dipasangkan di kabel ground amplifier jangan di tone controlnya, untuk speaker berapa inc tidak masalah

  • trima kasih mas masukannya
    Tadi pas potensio tone control di pegang muncul dengung dan suaranya pecah(gembret) itu gimana mas hamim? A̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ di tone control harus dipasang ground juga, kira-kira ambil ground nya ambil dari ct tone control boleh tidak mas?

    • ground untuk tone control ambil dari ground input amplifier,,, biasanya tersedia kalau kita lihat di pcb amplifier ground—L atau ground—R

  • в̲̮̲̅͡ά̲̣̥ı̣̣̣k̶̲̥̅̊ mas nanti saya coba,
    Aku merakit ampli ini К̲̣̣̥α̩̩̩̩̥n̶̲̥̅̊ boxnya bukan box umumnya tapi aku pake box dari triplek a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ Ϊτϋ juga pengaruh ßυ̲̣̥ά̲̣̥t̶̲̅ grounding Ϟγ̥â. Trims

    • engk masalah yang penting trafo jangan terlalu dekat dengan tone controlnya,,, akan timbul dengung nantinya

  • Trafo saya К̲̣̣̥α̩̩̩̩̥n̶̲̥̅̊ 10A ∂ï input trafo ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… 0, 110, 220, 240 ϑªή dibawahnya ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… extra 1A, a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ bisa mas extra dibuat untuk speker protektor misalnya yang butuh tegangan 12v ϑªή sebenarnya a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ fungsi dari extra 1A Ϊτϋ. Trims

    • 1 amper itu biasa kita gunakan untuk supply fan/ kipas pendingin,,, kalau untuk speaker protektor kita ambil dari 18 CT 18 dan untuk supply ke amplifier kita gunakan 32 CT 32

  • Tapi output travo saya Cΰ♍ά ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… 20 ct 20, 35 ct 35 ϑªή 42 ct 42
    Regulator ampli saya pake 42 ct 42 elco 2x 100v/15000nf
    Regulator tone control saya pake 20 ct 20
    Spt Ϊτϋ mas kira-kira bermasalah tidak nanti, kemarin sih saya coba ßυ̲̣̥ά̲̣̥t̶̲̅ puter satu lagu kelihatannya sih tidak apa-apa, Cΰ♍ά kalo menurut mas hamim gimana

  • Trafo saya 10A tidak murni
    ∂ï pCb ampli tertulis amplifier stereo 400w
    Tolong pencerahannya

  • Sebelumnya ŦR̶̲̥̅̊i̶̲̥̅̊M̶̲̥̅̊a̶̲̥̅̊ kasih atas semua saran dari mas hamim,
    Setelah saya ikuti semua saran mas hamim hasilnya tetap dengung, Ϊτϋ ternyata dari resistor speker ϑªή resistor sanken ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Yang kebakar untungnya tidak korslet. Nah saya ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ tanya lagi mas resistor speker Ϊτϋ a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ benar ukuran 330 sesuai yang tertera ∂ï board ampli karna warnanya tinggal orange ϑªή emas yang kebaca warna tengahnya gosong jadi tidak kelihatan. Tolong pencerahannya.
    Trims

  • Oiiya mas Ϊτϋ a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ karna tegangan yang saya suply terlalu besar dengan 42 ct 42 sehingga resistor 330 ϑªή resistor 5w cepet rusak karna ∂ï board tertulis 400w sedangkan rangkaian saya 420w, karna kalau aku baca ∂ï blog lain Ϊτϋ juga bisa jadi penyebabnya ϑªή agar resistor 330 tidak cepet rusak maka disarankan transistornya diganti dari TIP 32 menjadi TIP 42 terus tegangan diturunkan menjadi 35 ct 35. a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ benar begitu mas. Tolong penjelasannya
    Trims

    • ya tegangan seharusnya 32 ct 32 nantinya akan terukur 42 volt,,, komponen yang dipakai memang harus mempunyai sfek agak besar pakailah tip41 dan tip42 ,

  • в̲̮̲̅͡ά̲̣̥ı̣̣̣k̶̲̥̅̊ mas nanti τ̩̩̥α̍̍̊ќ coba ganti transistornya mudah-mudahan bisa sempurna

  • Memangnya kalo trafo 10A tidak murni kira-kira keluarnya berapa γά mas? Kurang lebihnya
    Trims

  • Malam mas hamim
    Ini tadi S̶̲̥̅̊U̶̲̥̅̊D̶̲̥̅̊@H saya coba turunkan tegangan sampe 25 ct 25 tp dengungnya masih besar dan suara kurang bersih, grounding S̶̲̥̅̊U̶̲̥̅̊D̶̲̥̅̊@H tertata. A̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ mungkin pengaruh dari casing triplek yang tidak bisa soalnya kalo dinyalakan terus groundnya dipegang maka suara dengungnya hilang.
    Mohon pencerahannya. Trims

    • pasangkan arde… buat kabel ke tanah… atau pasangkan ground di semua potensio atau bisa juga berikan alumunium foil dibawah tone control

  • Tadi sudah sih sempat saya coba sekrup kabel ground ke tanah tapi untuk bass Ϟγ̥â masih kurang nendang gitu mas, tolong sarannya mas

    • speaker brp inc/ watt yang digunakan ? media input pakai apa ? pakai oqualizer tidak ???

  • Speker 12″ 100w, input memang cuman langsung ke tone cotrol saja,
    Kalo menurut mas hamim perlu ditambah a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ biar lebih maantap. Trims

  • Aqualizer dipasang sebelum tone control atau diposisi mana mas?
    Maklum masih belajar

  • Berarti input ampli ke output aqualizer terus input aqualizer ke output tone control lalu input dari media ke tone control, a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ begitu mas hamim?

    • bukan,,, amplifier yang sudah terpasang tone control kan ada inputnya.. nah input itu kita berikan ke output aqualizer dan input aqualizer baru kita hubungkan ke media player… tape atau dvd

  • O iyaa mas saya paham
    Kalo sudah ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Aqualizer tidak perlu tambah galaxy lagi yaa mas?

  • Sore mas, terima kasih masukannya selama ini
    Suara bassnya juga sudah bagus cuman sekarang 1 masalahnya dibuat muter 3 atau 4 lagu sanken cepet panas, padahal sanken sudah saya ganti yang mencapai 45v. Mohon solusinya. Trims

  • Kalo headsink/pendinginnya sanken saya double gimana mas terus saya tambah fan, kira-kira bagus tidak? Terus trafo a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ tidak terlalu banyak beban ?

    • engk usah di dobel cukup pasangkan fan saja sudah cukup,,, untuk trafo tidak ada masalah kok

  • Ooiya mas TIP 31 Ϊτϋ a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ sama dengan D313 karna bentuknya sama seperti yang disebelahnya TIP 32 karna TIP Ϟγ̥â ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ saya ganti. Trims

  • Alhamdulillah mas hamim ampli saya S̶̲̥̅̊U̶̲̥̅̊D̶̲̥̅̊@H selesai tinggal nambah-nambahin dikit,
    Tadi dicoba juga S̶̲̥̅̊U̶̲̥̅̊D̶̲̥̅̊@H lumayan. Cuman volumenya kurang, a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ karna tegangan saya turunkan ke 25 ct 25 sehingga volumenya juga ikut turun? Trims

  • Oo begitu γά
    Ampli saya rencananya mau ditambahin 2 input line untuk mic dan input pre amp usb, kira-kira 1 trafo saja masih kuat kan mas hamim?

  • Terima kasih atas saran ϑªή masukannya selama ini
    Mudah-mudahan ilmu anda bisa lebih bermanfaat lagi sehingga bisa memberi saran ϑªή masukan ke banyak orang
    Terima kasih banyak mas hamim

  • Pagi mas
    Kemarin tidak jadi τ̩̩̥α̍̍̊ќ tambahin aqualizer tapi ditambah galaxy, nah terus pemasangannya a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ benar seperti ini ampli»»»»galaxy»»»»tone control
    Seperti Ϊτϋ benar a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ salah mas karna Ќºƍ dirasa tidak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Pengaruh dari galaxy γά
    Trims

  • Media ke input galaxy output galaxy ke tone control gitu γά mas

  • Untuk tip 31/32 Ϊτϋ yang diganti sepasang saja a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ semua tr?
    Tip 32 ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… 2 biji ϑªή tip 31 ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… 6 biji a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ Ϊτϋ yang diganti atau Cΰ♍ά yang sepasang saja disisi samping. Trims

  • Berarti 2 pasang tr tip31/32 yang ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Disisi kanan kiri Ϊτϋ γά mas

  • S̤̥̈̊ȋ̝̊̅̄ɑ̤̥̈̊n̶̲̥̅̊g̶̲̥̅̊ mas hamim
    Misalkan R330/0,5watt saya ganti dengan R330/2watt kira-kira bagus tidak karna katanya agar nada lebih stabil, kalo menurut mas hamim gimana

  • Malam mas hamim
    Setelah dinyalakan agak lama ternyata ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… 2 masalah yang terjadi
    1. Salah satu capasitor pada regulator tone control rusak ( tegangan 15 ct 15 )
    2. Salah satu resistor LED pada speker protektor juga gosong ( tegangan 18 ct 18 )
    Apakah timbulnya masalah tersebut karna tegangan yang saya berikan terlalu besar ( 20 ct 20 ) sebab ditrafo yang saya pake tidak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Tegangan seperti yang saya sebutkan ϑªή adanya tegangan minimal trafo adalah 20 ct 20. Mohon penjelasannya
    Trims

    • ya kalau input tegangan lebih besar maka resistor harus di perbesar dayanya/ Watt dengan nilai yang sama dan untuk capasitor juga harus dibesarkan tegangan kerjanya jika capasitor yang terpasang 1000uf/25 volt maka harus diganti dengan nilai 1000uf/50 volt

  • Sepertinya tegangan regulator saya hampir sama dengan regulator yang mas hamim terangkan diatas. Diatas mas hamim memberi tegangan 2x9v AC pada regulator tanpa menggunakan ct nya terus mas hamim tambahkan juga capasitor. Kalo boleh tiru gimana caranya mas hamim biar bagus seperti yang mas hamim jelaskan diatas. Trims

    • 2×9 volt akan mendapatkan tegangan output 18 volt ac nah jika di ratakan dengan dioda akan kita dapatkan tegangan dc 24-26 volt makanya diperlukan capasitor filter 1000uf/50 volt atau lebih besar lebih baik yg penting tegangan kerja diatasnya. contoh jika tegangan terpasang 24-26 maka tegangan capasitor yang harus kita pakai 50 volt jika tidak akan terjadi panas dan akhirnya melembung. untuk mendapatkan tegangan 15 volt kita gunakan ic 7815 dan untuk -15 volt kita gunakan ic 7915 dan dibagian output dari ic regulator ini baiknya kita pasangkan capasitor 100/ 220 uf/25 volt

  • Baik mas hamim
    Terus untuk memperoleh 2×9 volt AC itu a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ dari extra trafo
    Tapi gimana caranya yang dibutuhkan regulator tc -15dan +15, sedangkan di extra trafo cuma ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… 9volt, a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ mungkin pemasangannya 9volt di extra langsung diambil untuk kedua sisi – dan + regulator tc. Maaf banyak tanya habisnya bingung juga

    • gunakan saja tetap dari supply 20 ct 20 dengan syarat capasitor tegangan kerja 50 volt bila perlu pasangkan resistor dari jalur trafo,,, 20 volt ac pasangkan resistor 4.7 ohm—–10 ohm dengan kapasitas 3 watt untuk keduanya … 20+ resistor,,,ct,,,, 20+resistor

  • Berarti tegangan dari kaki trafo ditambahkan resistor 10 ohm/3 watt
    Tapi bisakan setelah saya pasangkan resistor jalur tersebut saya ßυ̲̣̥ά̲̣̥t̶̲̅ untuk jalur regulator tc ϑªή speker protektor. Trims

  • Kalopun memang harus pake trafo sendiri kira-kira berapa ampere γά mas trafonya
    Memang berat γά mas kalo Cΰ♍ά satu trafo dipake power, tc, sama speker protektor

  • в̲̮̲̅͡ά̲̣̥ı̣̣̣k̶̲̥̅̊ mas ßϱs☺K̶̲̅ dicoba lagi
    Terus kemarin saya sempat ganti tr TIP31/32 dengan TIP 41/42 tapi sudah dilengkapi alumunium pendingin, kira-kira a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ pengaruhnya? Karna katanya supaya TIP tidak terlalu panas
    Terima kasih sebelumnya

    • untuk driver sebenarnya tidak memerlukan pendingin karena kerjanya tidak berat dan tidak timbul panas yang berlebihan,,, jika tetap memasangkannya ya ngk papa

  • в̲̮̲̅͡ά̲̣̥ı̣̣̣k̶̲̥̅̊ mas hamim
    Terus untuk trafonya kemarin disarankan pake 2 trafo, nah input trafo dari PLN saya jadikan satu tidak masalah kah menurut mas hamim? Jadi satu kabel dari PLN untuk 2 trafo, apakah tegangan yang dari PLN tetap 220 karna harus suplay 2 trafo. Trims

    • engk masalah pakai 10 trafo juga tetap 220 volt terkecuali kalau lagi spaning sehingga tegangan tidak 220 volt dan itu karena adanya pemakaian listrik yang besar di daerah nt

  • Malam mas
    Setelah saya ganti capasitor ϑªή resistornya malah powernya tidak nyala, saya coma test trafo pake AVO sambug semua depan belakang tapi arus tidak bisa masuk rangkaian padahal saya belum rubah apa-apa dari trafo. Kalo boleh tau apakah trafonya yang rusak karna saya tespen ∂ï input trafo waktu saya nyalakan powernya tespen menyala tapi ∂ï output trafo tespen tidak menyala. Mohon pencerahannya
    Trims

  • Kalo kutubnya terbalik tidak bisa γά? Tapi capasitor yang saya ganti diposisi regulator tone control, apakah memang berpengaruh juga untuk output trafonya mas, kalo memang berpengaruh untuk output trafo γά coba nanti saya lagi, a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ karna hal tersebut output trafo tidak keluar

    • jika terbalik trafo tetap mengeluarkan arus cuman capasitor akan panas dan meledak jika pemasagannya terbalik,,, meledaak bs terjadi jika trafo mempunyai amper besar bila kecil bisa ngerusakin trafo malahan

  • Koslet sih tidak karna setelah capasitor terpasang kemarin saya coba nyalakan berkali-kali tetep saja arus dari output trafo tdak keluar. Makanya saya jadi bingung
    a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ terpaksa harus ganti trafo γά mas hamim? Tapi kira-kira kalo pemasangan terbalik komponn lain ikut rusak tidak mas?
    Trims

  • в̲̮̲̅͡ά̲̣̥ı̣̣̣k̶̲̥̅̊ mas
    Kalo diukur dioutput trafo saat masih terangkai tegangan tidak keluar sama sekali tapi belum saya coba ukur trafo saat semua rangkaian terlepas.

  • Malam mas hamim
    Barusan sudah saya coba ukur kosongan tanpa beban pake AVO meter tegangan output trafo keluar arus tapi kalo saya rangkaikan lagi dioutput langsung mati, kira-kira yang salah dimana γά mas karna awalnya ampli ini bisa bunyi sekarang malah mati gara-gara ganti capasitor saja.
    Mohon pencerahannya
    Trims

  • Kalo diukur sih diodanya jalan, cuman barusan saya coba rakit ϑªή nyalakan lagi elcco, dioda ϑªή trafonya panas semua tapi belum sampai koslet mulai ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Bau sangit langsung saya cabut,
    Menurut mas hamim mana yang rusak dioda, elco ϑªή trafo. ┏̲m̶̲̅┓̲┏̲a̶̲̅┓̲┏̲k̶̲̅┓̲┏̲a̶̲̅┓̲┏̲s̶̲̅┓̲┏̲i̶̲̅┓̲┏̲h̶̲̅┓̲

  • Pagi mas hamim
    Dioda regulator amplikah yang dimaksud?
    Pada saat kondisi power on dioda keluar arus, elco juga keluar arus, tapi anehnya arus tidak masuk sampai rangkaian karna saat elco, trafo, dioda panas harusnya rangkaian ikut panas kalo arus bisa masuk rangkaian tetapi ini tidak, mohon solusinya.
    Trims

    • makanya di cek dulu diodanya apakah shot atau tidak… lepaskan capasitor dan jalur output ke amplifiernya. jadi trafo hanya terhubung dengan dioda coba hidupkan apakah dioda panas atau tidak jika ia maka dioda rusak…. apabila sampai sini dioda tidak panas maka mesti periksa jalur amplifier-nya kemungkinan ada transistor yang shot/jebol

  • в̲̮̲̅͡ά̲̣̥ı̣̣̣k̶̲̥̅̊ mas coba nanti saya cek lagi
    Trims

  • Pagi mas
    Terima kasih atas semua sarannya power ampli saya sudah normal
    Mas saya ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ pasang pre amp usb nah kutubnya 0-12, sedang trafonya К̲̣̣̥α̩̩̩̩̥n̶̲̥̅̊ ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Extra 0-3-6-9-12 volt. Untuk kutub 0 ikut yang 0-110-220 a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ yang 0-3-6-12. Mohon penjelasannya
    Trims

  • в̲̮̲̅͡ά̲̣̥ı̣̣̣k̶̲̥̅̊ mas
    Terus saya ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ pasangkan fan juga tapi yang saya punya 24 volt DC sedang yang ditrafo tidak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Yang cocok, extra 1A tegangan max 12v, a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ bisa dipasangkan yang dioutput trafo? Atau harus pake trafo sendiri.
    Trims

    • Sebenarnya bisa saja 1 catu daya yang kita buat contohnya untuk tone control kita pergunakan untuk media lain…. untuk usb player atau penambahan galaxy atau aqualizer cuma untuk ini mesti membagi setiap output dari catu daya sesuai dengan kebutuhan alat yang mau kita pakai ini bisa menggunakan ic regulayor 7805/7812, kalau kita biasa memakai 1 catu daya untuk supply Tone>>>> Aqualizer>>> Speaker protektor>>> usb player ini kita ambil dari output trafo 18 CT 18 sedangkan 32 CT 32 kita gunakan untuk supply amplifier. nah kalau untuk fan kita ambil dari jalur extra 1 A walaupun kipas yang dipakai 24 dengan supply 12 AC tetap akan berputar walaupun speed akan sedikit berkurang, untuk ini tidak terlalu masalah

  • в̲̮̲̅͡ά̲̣̥ı̣̣̣k̶̲̥̅̊ mas nanti dicoba dulu
    Terima kasih

  • Malam mas hamim
    Untuk tegangan pre amp usb yang tertulis dipcb ground-12v, apakah tidak sama 0 dengan ground?
    Karna setelah saya pasang ∂ï 0 – 12 pre amp usb tidak ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ menyala kira-kira ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Yang salahkah.
    Mohon penjelasannya
    Trims

    • jika dari jalur extra 1 amper maka yg digunakan adalah 0 bukan CT…. 0 adalah ground alias sama saja

  • Malam mas
    Untuk rangkaian galaxy, speker protektor, tone control, usb player, fan apakah dari semua rangkaian tersebut membutuhkan dioda penyearah/regulator? Karna selama ini yang saya kasih dioda penyearah/regulator Cΰ♍ά tone control saja. a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ benar begitu mas hamim?
    Trims

    • ya harus namanya sistem arus DC maka rangkaian terpasang membutuhkan dioda sebagai komponen utamanya…. pengecualian jika kita sudah buatkan sistem regulator satu atap maksudnya 1 regulator dengan banyak pilihan … contoh regualtor dengan output tegangan 15 volt…. 12 volt….9 volt ,,,, 5 volt dengan tersedianya ini kita tidak memerlukan lagi penambahan dioda

  • Terus untuk kutub dioda yang putih kutub positip ϑªή hitam negativ a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ kebalikannya?
    Takut salah pasang lagi
    Trims

    • putih untuk kutub + sedangkan hitam untuk inputnya/ AC trafo atau dari regulator B+ juga bisa

  • Pagi mas hamim
    Ampli saya setelah saya pasangkan pre amp usb Ќºƍ tambah dengung, tapi kalo line out pre amp usb saya cabut dengungnya hilang, a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ ground dari pre amp usbnya dimasukkan ke parametric biar dengungnya hilang. Mohon penjelasannya
    Trims

    • jika power supply satu model maka ground jangan dimasukan lagi via lineout cukup L R nya saja

  • Terus selama ini groun input dari mainbord ampli saya sambung ke input media,apakah Ϊτϋ juga berpengaruh? Atau seluruh ground dijadikan satu saja γά mas hamim? Karna ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Banyak ground dari speker 2, dari input ampli 2, dari parametric 2 dari pre amp usb 1

    • contoh dengan satu power supply dengan banyak kebutuhan,,, amplifier mempunyai 1 ground yg didapat dari power supply dan dari sini kita ambil ground untuk speaker lewat rangkaian amplifiernya jangan lewat power supply nah untuk input tone control juga sudah tersedia jalur ground…. apabila menggunakan 1 trafo maka jangan dipasangkan groundnya karena tone control sudah mendapat ground dari trafo tadi jadi cukup pasangkan input L R saja

  • M̲̣̣̣̥ǎ̜̣̍ά̲̣̥ƒ̤̥̣̣̣̣̣ mas power suply saya tidak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Groundnya mas hamim, karna saya ßυ̲̣̥ά̲̣̥t̶̲̅ sendiri dari dioda petak ϑªή 2buah elco bukan rangkaian seperti Ƙɪ̣̇τ̅⪪ª beli ∂ï toko sehingga tidak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Groundnya, trafo juga tidak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Groundnya.
    M̲̣̣̣̥ǎ̜̣̍ά̲̣̥ƒ̤̥̣̣̣̣̣ mas agak kurang paham dengan grounding soalnya

    • ground itu apa sih ?? kalau trafo yang tidak ada CT yang ada cuma 0 maka setelah masuk ke dioda dan kita hubungkan ke elco maka kutub – kita sebut sebagai ground juga. Jadi permasalahan dengung itu biasa terjadi karena masuknya 2 kali ground/- … contoh dari output serta dari input dimana kedua rangkaian mendapat pasokan aliran listrik yang sama/ 1 power supply

  • Begitu γά mas
    Berarti kalo sudah ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Ground input ∂ï mainbord yang saya buang terus untuk ground yang ∂ï parametric tidak perlu dipakai lagi γά mas biar tidak double

  • Baik mas
    Terus pre amp usb saya ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Fm radionya, apakah perlu saya menambah antena biar semua saluran bisa masuk karna sekarang cuma ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… 3 saluran saja yang masuk.
    Terus kalo perlu menambah antena apakah dari groundnya atau dari yang lainnya mas
    Trims

    • pasangkan kabel area bukan di ground tapi ada titiknya di pcb//// antena dekat capasitor SMD/ kecil

  • Sudah ketemu jalur antenanya
    Tapi yang sampai sekarang adalah jalur groundnya tidak bisa hilang sehingga dengung ϑªή desis masih saja mengganggu padahal tinggal ground input media ϑªή ground speker. Apakah plat yang saya pakai kurang besar karna plat yang saya pakai untuk ground Cΰ♍ά kecil

    • sebelum pemasangan usb apakah timbul dengung ??? jika tidak berarti paower supply buat usb yg kurang bagus atau mungkin tidak stabil

  • Sepertinya disitu masalahnya mas karna seingat saya sebelum ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Regulator usb tidak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Dengung tapi setelah ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Regulator usb dengungnya lumayan. Kira-kira perlu ditambah a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ biar masalah tersebut hilang. Trims

    • mungkin regulator untuk usb yg menjadi masalah,,, power supply diambil darimana ? punya catu daya sendiri atau ambil dari yg sudah ada,,, jika mengambil dari catu daya/ power supply yg sudah ada coba diperiksa tegangannya sudah sesuai atau belum,, 5 volt biasanya gunakan ic 7805 dan lengkapi dengan capasitor untuk output serta input dengan nilai input 2200uf/25-50volt dan output 470uf/16volt

  • Satu trafo saja mas terus saya buatkan regulator sendiri untuk pre amp usb ϑªή fan dengan 4 buah dioda ϑªή 1 elco 2200/25v,
    Sepertinya memang tidak stabil karna fan juga kadang kenceng kadang lemah a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ perlu ditambahkan elco 1 lagi, resistor, ic 7812 sama 7912 biar stabil karna pre amp usb saya 12v
    Trims

  • Pagi mas hamim
    Gambarnya saya kirim lewat email mas hamim karna saya kirim lewat blog ini tidak bisa
    Trims

  • Tidak pakai mas jadi Cΰ♍ά 4 dioda sama 1 elco saja, apakah dari regulator Ϊτϋ sumber dengungnya
    Karna hampir sama besar dengan volume, kalo volume saya besarkan suara desisnya juga ikut besar.
    Tolong penjelasannya
    Trims

  • slam knal aja mas numpang nimbrung ini bru belajr elektro,ya saya mau tanya kalau saya mau merakit audio buat mobil sebesar 200 watt apa mampu ya?
    dan gimana cara menghubungkan kit amplifier produc AHG ALFA seri AF237 dengan tone control AHG ALFA seri AFM21ET maklum baru terjun dunia perbaikan jadi bingung!
    ya kalau bissa sekalian yang lengkap jadi apa aja yang di perlukan untuk merakit audio mobil dengan kit amplifier dan tone seperti di atas?sebelumnya thanks ya mas….

    • salam kenal kembali, jika untuk pemasangan di mobil mesti gunakan inverter terlebih dahulu… oh iya jenis amplifier kita engk jelas tuh sebagai patokan saja apabila model transistor sudah pasti memerlukan inverter terkecuali model ic dimana bisa di supply langsung dari accu 12 volt. untuk pemasangan tone control tinggal dihubungkan saja yaitu input L dan R ampli ke line out tone control L dan R

  • ya mas saya sendiri belum jelas itu pake inverter atau tidak,tapi intuk lebih jelasnya saya kasih layout barangnya lewat e-mail aja mas!jadi saya minta e-mail nya dan pencerahannya karena bener2 awam.thanks sebelumnya

  • Sore mas hamim
    Regulator pre amp usb saya sudah ditambahkan ic 7812 ϑªή 7912 tapi masih dengung juga kira2 К̣̣̥є̲̣̥ήά̲̣̣̣̥ρ̩̩̩̩̥ά̲̣̣̣̥ γά mas. Mohon penjelasannya
    Trims

    • 1 trafo atau masih gabung sama tone control ??? jika trafo sendiri jika dipasangkan ic 7812 maka tegangan dari trafo 0-15 volt AC

  • 1 trafo mas ϑªή tidak ikut tone control tapi saya kasih tegangan 0 – 12 dari extra 1A
    Apakah tegangannya kurang besar γά mas karna kalo pre amp usb mati dengung tidak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Kalo pre amp nyala baru ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Dengung

    • gini saja coba ukur tegangan sebelum usb dihidupkan letaknya di kaki capasitor filter sebelum masuk ke ic 7812 berapa volt nilainya ? lalu hidupkan usb jadi berapa tegangannya ? apabila tegangan input 15 volt lalu terkena beban menjadi 12 volt tentunya ic regualtor 7812 tidak akan bekerja dengan baik

  • Salam”Mas”…………..
    Alhamdulillah power Ampl”OCL 300w” saya udah bunyi,tanpa dengung….tapi timbul satu masalah :kenapa ada suara Radio yg masuk keAmpl,apa yg harus diBenahi ? Dan apabilah udah lama dipakai “sekitar ±2jam”suara nya Menurun ?
    Tlng Saran & Opininya.TX

    • suara radio ??? gunakan kabel input dari line amplifier ke tone control atau untuk ke potensio yang mengadopsi sistem pelindung… kabel head isi 3 atau isi 2 body amplifier juga lengkapi dengan ground, kalau untuk penurunan kualitas mungkin ac input pln mengalami spaning

  • Tone contlro…….ada berapa potensio yg udah dilepas dari mainbordl(Pcb) dandijamper pke kabel…karna Box & dudukan potensionya nda compak…apa dri situ sehingga sinyal Radio(RRI)masuk…..?dan gimana cara ngilangin sinyal Radio yg masuk!!!!!!!!!!!!?
    Tapi klu dri kabel sya rasa seperti yg MAS… anjurkan sebelumnya(posting)

  • Pagi mas hamim
    Ampli saya kalo volume kecil atau nol tidak dengung tapi begitu volume dibesarkan ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Dengung padahal semua regulator sudah terlepas kecuali ampli saja yang nyala apakah memang seperti Ϊτϋ atau groundnya masih salah?
    Trims

    • engk masalah groundnya,,, jika vol dibesarkan timbul suara dengung itu disebabkan kabel inputnya yg kurang bagus atau mungkin tidak ada pelindungnya… input dari potensio dihubungkan ke soket rca maka gunakan kabel dengan pelindung/ kabel head isi 3

  • Kabel untuk input tone control juga pengaruh γά mas, karna selama ini kabel inputnya Cΰ♍ά kabel biasa yang saya pakai. Yang bagus kabel head isi 3 γά mas

  • mau nanya min

  • Om Hamim numpang nanya knapa Protector Speaker yg ada digital hitung mundur angka nya tidak muncul tp led relay On bisa nyala relay bekerja….. biasanya led nyala bareng Relay bekerja setelah hitung mundur angka menunjuk 0. diukur tegangan ada semua
    Maturnuwun

    • mungkin ic untuk control lampu lednya err, coba diukur tegangan output yg terhubung ke lampu led apakah tersedia?

      • Semua kaki lampu Led diukur ada teg 24v, termasuk yg ada tulisan G nya juga ada.gitu Oom…

      • Semua kaki lampu Led diukur ada teg 24v, termasuk yg ada tulisan G nya juga ada.gitu Oom… trus dampak yg ada speaker lgsg kluar suara breeeeett…. tidak sebagaimana mestinya…

        • pemasangan sudah benar jalurnya,,, seharusnya tidak ada efek di speaker bilamana ada trouble di kits speaker protektor.

  • Malam mas hamim
    Cara mem BTL dua ampli stereo jadi satu gimana mas, ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Yang bilang pake op amp.
    Mohon penjelasannya. Trims

    • BTL atau 2 output + dijadikan 1 bs kita bilang bridge ini memerlukan input + dan – dan ini membutuhkan ic pre amp

  • Pagi mas hamim
    Output yang dimaksud adalah 2 output speker + ampli stereo yaa mas
    BTL 2 ampli stereo ini butuh 2 op amp juga yaa mas, karna saya baca-baca pake 2 op amp untuk menggabung 2 ampli stereo.
    Apakah juga harus memakai 2 PSU? Mohon penjelasan.
    Trims

    • ya pastinya demikian supaya tidak tekor supplynya,,,, 1 ampli saja jika pemakaian wajar tegangan sdh drop apalagi 2 kalinya

  • Okk mas
    Terus untuk pemasangan op amp yang bener
    1. Op amp »»»» 2Xower stereo
    2. Power stereo »»»»» op amp »»»»»» power stereo
    3. 2Xpower stereo »»»»»»» op amp atau gimana mas?
    Mohon pehjelasannya. Trims

  • Kalo untuk output tone controlnya masuk ke yang mana mas hammim?

  • Malam mas
    Barusan saya rakit power mosfet 60w dengan spek
    PSU trafo 5A 12V pake elco 2X10000nf/80V dioda brige 10A kecil ßυ̲̣̥ά̲̣̥t̶̲̅ nyoba speaker 6″ 200w/8ohm
    Masalahnya power ampli tersebut tidak ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ bunyi, apakah karna PSU yang terlalu besar ϑªή watt speakernya juga terlalu sehingga power tersebut tidak bunyi. Mohon sarannya mas.
    Trims

    • psu tidak masalah besar malah lebih bagus, kalau tidak keluar suara ya kits aplifier ada yg tidak beres/ ada komponen yg rusak mungkin…. coba di teliti apakah pemasangan koponen sudah benar atau belum

  • S̤̥̈̊ȋ̝̊̅̄ɑ̤̥̈̊n̶̲̥̅̊g̶̲̥̅̊ mas
    Saya rasa untuk pemasangan sudah benar karna sama-sama power stereo seperti yang sudah saya rakit 400w stereo Cΰ♍ά bedanya yang baru saya rakit К̲̣̣̥α̩̩̩̩̥n̶̲̥̅̊ 60w. Apakah dikomponennya yang tidak beres yaa mas? Padahal Ϊτϋ kit ampli 60w baru, saya beli dua ϑªή dua-duanya tidak keluar bunyi, τ̩̩̥α̍̍̊ќ coba pegang ∂ï input juga di speaker tidak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Bunyi padahal tegangan juga sudah masuk kit. Kira-kira dimana yaa mas letak permasalahannya? Mohon bantuannya.
    Trims

    • baru tidak ada jaminan kits akan bekerja,,, perhatikan pemasangan tr driver apakah ada yg terbalik atau tidak

  • в̲̮̲̅͡ά̲̣̥ı̣̣̣k̶̲̥̅̊ mas nanti saya coba cek ulang rangkaiannya.
    Sebenarnya saya tidak ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ menyerah ∂ï power 60w tapi akan saya coba lagi nanti
    Θªή barusan saya rakit lagi power stereo 150w TIP, waktu saya ukur ∂ï output regulatornya keluar angka 40V padahal saya pake CT 25V 5A elco 2X10000mf diode 10A kecil, terus ∂ï output final speaker saya ukur ohm tidak jelas, τ̩̩̥α̍̍̊ќ coba pake X1, X10, 10 ohm TǎƤȋ̝̊̅̄ tetep avo tidak ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ membaca berapa ohm outputnya.
    Tapi ampli berjalan normal, kira-kira bisa bermasalah tidak nantinya mas?
    Mohon penjelasannya. Trims

  • Pagi mas hamim
    Kalo suara sih normal tanpa noise semua berkat ajaran mas hamim.
    Terus gini mas, saya К̲̣̣̥α̩̩̩̩̥n̶̲̥̅̊ punya dua power stereo.
    1. Power stereo 400w
    2. Power stereo 150w
    Nah kalo power tersebut ∂ï BTL adakah rangkaian pre amp untul BTL tapi dipasangkan diluar atau disalah satu box power?
    Jadi gampangnya misal Ƙɪ̣̇τ̅⪪ª ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ mem BTL tinggal tancap saja ϑªή kalo ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ stereo lagi tinggal lepas kabel jacknya. Bisa tidak mas dibuat seperti Ϊτϋ? Mohon penjelasannya.
    Trims

  • Selamat malam mas hamim.
    Saya Mau bertanya.

    Di PCB BI-FET tone control saya ada Tulisan DEFEAT dan LOUDNESS. Tapi belum saya pasang tombolnya.

    Bila tidak di pasang pake tombol atau potensio, kira” pengaruh ke suara ngak mas.?
    Karena uda saya Rakit PA OCL + Tone control, hasil suara nya kecil banget wlwpun semua potensio dibuka pull, kayak mati Tone Control nya,bodi potensio dipegang ngak ada suara sama skali.. Tp output Tone control di pegang ada suara dut. . .dut di speaker.

    Bisa ksh saran nya mas kira apa penyebab nya padahal TC baru beli dan IC nya uda di ganti TL084CN.
    Thank’s

    • coba diteliti apakah fungsi switch ada hubungan dengan kerja tone control, mode by pass . tidak semua kits baru akan berfungsi dengan baik

  • Nah itu dia mas jd masalahnya. Defeat ini sejalur dengan Output TC mas. Mungkin harus di pasang tombol ni karena bila tdk dipasang jalur L R nya kyk terputus dari ke 6 lobang di PCB nya mas. Kayak tombol switch/saklar
    (Beda dgn filter dan loudness di TC 4 tr)

    Bila tombol Defeat ini kita pasang pake potensio bisa ngak ya mas, kalo bisa ukuran yang berapa ohm dan pengaruh nggak ke komponen lain nya.??

    Semua ada 5 potensio di tone control
    vol.100 ohm trble.50 ohm
    Bass.50 ohm
    Mid.50 ohm
    Blance.5 ohm

  • Ya mas. Udah aku kasih tombol defeat nya, wes muni.
    Tp kalu volume di buka kok ngendengung kyk suara tawon.?

    Semua ground aku sambung sesuai tulisan di pcb nya.

    1. Tone control pake trafo sendiri 1A 15ct15.
    2. Amplifier pake trafo sendiri juga 3A bekas trafo spk aktif 22ct22.

    Apakah ini yg di maksud jalur ground 2 arah mas.?? Trus yg di maksud Ground satu titik itu gimana mas.?

    Maklum awan tntg elektro tp sdkit hobi.
    Trma ksh

    • ground 2 arah hanya berlaku untuk sistem 1 trafo jika memakai 2 trafo ya engk ngaruh, dengung ? coba level gain bass di turunkan apakah agak kecil suara tawonnya ? jika ia coba perhatihkan apakah jalur input memakai kabel berpelindung. jika tetap sama walaupun gain sudah diturunkan berarti sistem regulator tone control tidak sempurna,, periksa tegangan output untuk ic

  • Pagi mas.
    Bagaimana cara menurunkan level gain bass nya dan mengukur regulator/PSU nya, posisi saklar Di multitester nya di AC apa DC mas .???

    1. Kabel input udah pake kabel stereo merah putih dan bungkus kbl ground transparan.
    2. Kabel AC/DC arus pake kbl serabut tebal yg di pasaran.
    3. Trafo udah jauh dari TC, malahan ke dua trafo di blakang heatsink.

    Khusus Trafo Tone control pake trafo 1A merk Oki (abal-abal ngak ya?)
    4. Ground udah koneksi di satu titik di PSU PA utama. Ground heatsink pun ambil dr sini mas.
    Trus tombol defeat nya aku pasang pake kabel lembaran putih, tp kalo ditekan malah tambah dengung.

    #Suara musik udah bunyi normal, tapi yaa bareng sama suara tawon/dengung. Bikin cacat suara nya mas.
    Pengen nya bebas dari dengung.

    • jika semuanya sudah dilakukan tapi suara dengung tetap muncul ini mesti dipilah-pilih maksudnya begini, amplifier klau engk pakai tone apakah ada suara dengung ? jika tdk berarti TC sebagai biang keladinya. Tone control dengan penguat IC membutuhkan tegangan simetris / – ct + disini biasanya menggunakan ic regulator 7815 dan 7915 sbagai penstabil. Untuk mencapai kerjanya ic regulator membutuhkan masukan dari trafo 1A 2X18 volt dan pastinya pilihan ini tidak ada, trafo 1A biasanya paling tinggi keluarannya 12 ct 12 / 15 ct 15 dan untuk mendapatkan hasil yg sesuai membutuhkan supply tegangan 220 volt/ engk boleh dibawahnya/ spaning, jika ia pastinya tegangan keluaran akan dibawah 15/12 volt. Jadi intinya kemungkinan supply untuk tone control yg memang belum stabil sehingga timbul suara dngung

  • Oke mas thank’s penjelasan nya.
    Boleh tau untuk menurunkan level gain gimana cara nya mas.?

    • gunakan resistor ukuran 47-100 k ohm pilih sesuai dengan kebutuhan.. posisi bisa di lineout tone control atau gunakan trimpot juga bs

  • Terus bagaimana cara mengukur tegangan Regulator/PSU Tone Control nya mas.??

    (tegangan Tone control 15v ct 15v).

    Posisi saklar multitester nya di DCmA apa di DCV mas.

    Sekalian tata peletakan Probe merah, probe hitam disaat mengukur PSU nya.??
    Makasi membantu bgt.

    • posisi saklar di DCV 50 arahkan prob hitam ke area CT lalu prob merah ke kaki Capasitor

  • Probe merah ke (+) psu dan probe hitam ke CT/0.
    Trus yg min (-) nya.?

    Apa sama saja. patokan dari probe hitam tetap ditempel di ct/0 psu dan probe merah ke (+) (-) bener ngak mas.??

  • Oke mas makasi atas masukan nya. Sementara ini suara tawon nya masih bersarang di speaker mas. Ngak mau lari. Hehe

  • pagi mas
    ni saya baru beli tune control yg udah langsung amplinya…
    truss gimana cara masang ke travonya…

    maklum baru pertama kali bongkar salon…
    mohon bimbinganya makasih

    • lihat di pcb jika ada tulisan 18 ct 18 atau 24 ct 24 tinggal hubungkan ke trafo dan samakan saja posisinya,,, contoh 18 pcb ke 18 trafo dan seterusnya,,,, SP out itu tinggal hubungkan ke speaker dan yang satunya masukan ke soket,,, input L dan R tinggal hubungkan ke soket RCA

  • sore mas, saya mau tanya..
    saya pernah buat efek gitar listrik dan ketika sudah jadi saya coba dan hubungkan dengan input ampli bunyi tapi untuk menghilangkan feedback( dengung seperti pada mic yang terlalu dekat dengan speaker keluaran) bagaimana apakah ada kit yang dapat dibuat/ dengan trik lain? sehingga tidak ada dengung meskipun gain dan volume tinggi? trimakasih sebelumnya mas..

    • dengung biasanya karena catu daya yang tidak bagus,, dengung terjadi setelah gain dinaikan atau sebelum gain naik sudah dengung ? kalau tanpa beban terpasang apakah timbul dengung,,,,

  • met mlm mas…
    mas aku pengen banget belajar ngerakit power amplifier…
    mas kalo pengen buat power 1000 watt,,komponen apa saja yang hrus aku siapkan n speaker ukuran brpa yg harus aku punya…
    maaf banyak nanya mas…cz baru belajar neh mas..

    • untuk ini mesti siapkan trafo 15A murni lalu kits amplifier dengan final Tr Sanken sebanyak 12 buah/ 6 set atau 24 buah/12 set tegangan supply kits max 75 volt dan untuk speaker pakai yang 12/15 inc dengan watt minimum 300 Watt sebanyak 4 buah/ 2 set versi stereo atau mungkin bisa lebih dari 2 set. Capasitor filter gunakan 10000uf/80 volt sebanyak 8 buah atau 47000uf/80 volt 2 buah dan untuk dioda gunakan 25 amper

      • thx mas,,,
        tpi mas sya jga blm cara membuat rangkaian power supply n pengawatan dgn seluruh komponen yg ada dlm membuat power amplifier,,,
        mhon pencerahannya mas,,,
        n kalo ada gambar pengawatannya,,,bleh diminta donk mas..
        thx mas…

        • begini saja jika sudah terkumpul semua komponen silahkan di upload gambarnya ,,,,1 kits satu gambar nanti kita berikan tata cara pemasangan instalasinya

  • Selamat siang Oom… Mohon pencerahan melanjutkan yg tempo hari perihal Ampli ….ceritanya Ampli sudah hidup dan saya ingin melakukan perubahan sy beli Parametric yg pake 8 buah potensio, alkisah say cabut Tone Control sy ganti Parametrik tp knapa tidak keluar suara sama sekali di input Parametrik sy sentuh tdk keluar suara sama sekali padahal tegangan bagus….
    mohon pencerahan terimakasih

    lilieg

    • seharusnya tone control engk usah dilepaskan cukup pasangkan input dari tone control hubungkan ke line out parametrix dan input parametrix ke beban/ dvd player . Tanpa input terpasang jika parametrix bekerja dengan normal maka jika kita pegang akan keluar suara buzzz… nah jika sama sekali tidak berfungsi parametrix coba periksa tegangan supply , jika normal cek pemasangan line out atau line in… jika sudah benar semuanya tetap tidak berfungsi kemungkinan icnya rusak

  • ok..ok…ok mas,,thx nnti aku upload gbrx…

    • Waduh terimkasih sarannya jadi Tone Contro jgn di cabut yaa….akan di coba pakde… nnti dilaporkan lagi hasilnya ya…. jangan ke mana mana dulu…. g mudik kah..?

      maturnuwun

  • Pakde….. klo Travo yg 5 Ampere di pake utk Tone Control sama Parametrik ada masalah kah?

  • Mas. Mau tanya. Power ampli dengan tr final irf 740 bunyi tik…tik kira2 yg rusak di mana nya ya mas… Merktarga

    • jika makai type fet maka coba di cek fet-nya,,, pastikan kedua fet dalam kondisi baik…. driver juga coba dicek

  • selamat sore mbah….
    Ceritanya Ampli udh ngejreng saya ganti power yang 400w yg pake TR 5200 sama pasangannya duh serinya brapa tuh lupa…masing2 2 biji jadi semua ada 4 biji tapi kog trasa bas nya kurang mantep ya…. trus untuk balance nya kl di puter L/R kog masih tetap bunyi ya….maksudnya sebelah kog g bisa mati total gitu…

    klo di tambahin speaker yg medium bagus kah kira2 tp di satu salon gimna mbah….. menurut trawangan mbah Hamim…mohon pencerahan
    maturnuwun

    • suara low atau bas akan terasa lebih bagus jika kita menggunakan aqualizer dan untuk ini memerlukan extra power / trafo yg agak besar ampernya,, masalah balance… pemasangan ada dibagian mana nih… pastikan potensio kaki no 2 adalah ground dan 1/3 adalah L/ R nah untuk speaker medium bisa saja ditambahkan untuk mendapatkan efek vokal jangan lupa pasangkan crosover untuk speakernya

  • Menurut abah Hamim tempo hari klo sy mau pasang mic yg ada acho nya harus begini :

    “output tone control itukan terhubung ke input amplifier , andai kata mau memasangkan rangkaian baru dalam hal ini mic+ echo maka peletakan line out pre amp mic+echo itu kita pasangkan sejajar/ pararel dengan tone control. contohnya :
    input L amplifier>>>>> resistor1>>>>> tone control
    resistor2>>>>>pre amp mic+echo
    samakan dengan input L untuk kanal R.
    untuk nilai resistor bisa gunakan 4k7 atau 6k8″

    pertanyaanya apakah berarti R yg saya pake cukup 2buah L dan R, untuk Outnya kit Mic, dan atau 4buah R masing2 dari Line Out Tone Control 2buah dan dari Line Out Mic 2 buah jadi 4 buah yang mana Om yg betul…..tararengkyu

    • jika pakai tone standar yaitu model TR pakai 2 R saja, jika pakai tone versi IC maka gunakan 4 R dan untuk nilainya gunakan nilai yang agak besar untuk tone control misalnya 10K ohm dan untuk lineout mic pakai 4k7

  • mau nanyak bang, saya pengen belajar merakit amplifier, komponen apa aja yg harus sya persiapkan, trima kasih “

    • 1 trafo sesuai dengan kebutuhan bisa gunakan 3 sampai 5 amper
      2 kits amplifier… ada 2 varian bisa gunakan ic atau transistor sesuaikan dengan anggarannya
      3 tone control
      4 box amplifiernya
      5 kits speaker protektor
      6 kabel secukupnya
      7 regulator untuk amplifir… dioda dan capasitor… untuk nilai Capasitor bisa gunakan 4700uf/50 volt

  • Sore Om….
    saya msh penasaran dg ampli sy yg sdh selesai dirakit sesuai arahan Om Hamim… suara jernih tanpa tawon dan laen sebagainya namun yg bikin penasaran Balance klo di puter kog ga bisa mati sebelah gituloh… sudah di periksa bolak balk kabel ok

    yang kedua katanya ampli yg stereo bisakah jadi mono? konon katanya suaranya lebih ok betulkah? jika iya apa yg harus sy lakukan?

    maturnuwun

    • balance pemasangan ada dimana ? di tone controlkah….. jika ia mungkin sistem jalur tone ada yang salah…. lebih mudah pasangkan balance lewat output tone/ input amplifier ,,, tinggal hubungkan kaki tengah potensio dengan ground/ minus dan kaki lainnya input ampli R dan L… untuk sistem bridge atau sistem mono yang digunakan adalah output speaker + yaitu L dan R jadi satu…. untuk ini bisa hubungkan langsung via terminal output amplifier

      • Ooo….. jd balance bisa diambilkan dari Outnya TC ya….. ok akan dicoba………
        lha mengenai per Monoan saat ini Out dari Ampli kan ke protektor sedang Protektor sendiri inputnya L+R apa di satukan saja IN dg Out nya…..? apa tidak menimbulkan majalah….?

        mohon petunjuk lanjutannya….maturnuwun….

        • dari protektor itu kan terhubung ke soket speaker out… yang tertempel di box amplifier…. nah dari sini tinggal hubungkan ke speaker cukup ambil output + saja ground tidak usah dipakai

  • terimakasih pencerahannya Oom…

  • lam knal mas hamim

  • mo nanya nich mas…
    Sy ada amplifier dgn tr final jengkol driver tip 31/32..trafo 6A tegangan tunggal 27v elco 10rb mf/50v..awal’y suara jernih,tp skrg tanpa input ada sdkt dengung ..
    Bila disentuh slh 1 jalur dengungnya ilang mas…
    Mhn pencerahanya mas…

    • lepaskan tone dan tes langsung input amplifiernya,, jika tidak ada berarti ada tr driver ada yang bermasalah, cek capasitor atau ganti

  • Makasih mas hamim…
    Stlh sy cek trnya tr driver TIP_nya yg 1 gosong di bag. punggungnya “tp anehnya kq msh bs dipake/bunyi mas…pdhl tr driver gosong??!”…

    • ya bisa saja cuma jadi tidak benar kerjanya…. sama2 mas eka… terima kasih telah berkunjung

  • askum master ikut nimbrung dong master tolong dong pencerahan bagai mana cara menambah usb mp3 di ampli power dengan equalizer 5 canel

    • wa alaikum salam… nambah prangkat usb mp3 ? caranya dengan membuat catu daya terlebih dahulu minimum 1 amper dengan output tegangan 5 volt dan setelahnya kita hubungkan catu daya yang telah tersedia ke usb mp3 dan output audio kita pasangkan ke input amplifier, gunakan switch dpdt untuk buat selectornya

  • salam bos ikut gabung,bos mau taya knpa power aktif suaraya kecil padahal semua hampir komponen udh di ganti?

  • Assalamualaikum… Pakde….
    Mohon maaf mungkin saya diluar topik tp masih perihal elektronik…….saya ada kasus VCD Compo hanya bisa hidup 1 lagu saja trus mati klo di play on lagi hnya cukup tahan seperempat lagu, klo dimatiin semalem baru bisa play On satu lagu lagi.

    kondisi TR882 (dua buah) yg ada pendinginnya posisi di power suply? panasnya heat sink luar biasa gak bisa di pegang tangan

    Mohon pencerahan
    Terimakasih

    • walaikum salam,,, vcd status sesaat mau play lalu mati ? mati total atau no disc mas lilieg

  • ∕Ɩ∕Ɩɑ̤̈̊Ɩɑ̤̈̊∕Ɩ∕Ɩ mas hamim
    Saya baru saja merakit penguat mic 7 potensio + master mixer 5 potensio
    Nah setelah dirakit sesuai skema yang tertera ϑªή dihubungkan ke amplifier tapi Ќºƍ tidak ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Bunyi sama sekali alias bunyi tidak keluar, input dari mp3 saya masukkan ke master mixer langsung tidak dari penguat mic ϑªή juga trafo saya cepet panas. Kira-kira К̣̣̥є̲̣̥ήά̲̣̣̣̥ρ̩̩̩̩̥ά̲̣̣̣̥ mas hamim
    Spek Ϟγ̥â seperti ini ;
    1 trafo 1ampere
    2 penguat mic 7 potensio
    3 master mixer 5 potensio
    4 pre amp echo 3 potensio
    Untuk power supply sudah disesuaikan +15v ϑªή -15v
    Mohon pencerahannya. ŦR̶̲̥̅̊i̶̲̥̅̊M̶̲̥̅̊a̶̲̥̅̊ kasih

    • kemungkinan ada ic yang bermasalah / salah pasang atau mungkin solderannya ada yang beradu jadi coba di teliti lagi mas agus.. kalau dilihat dari panasnya trafo ada indikasi rangkaian yang tidak benar kerjanya

  • VCD setelah hidup satu lagu brenti total ga muter, harus di ply On lg tapi gak sampe seperempat lagu mati lagi, klo di diemkan semalem besoknya bisa satu lagu lagi trus mati.. gitu Pakde….

    • ohh gitu ya,, begini coba cek motor SL ( drive optik ) sering kali terjadi masalah dibagian ini… jika bisa dibuka saja dan bersihkan komutatornya biasa ada karat

  • Malam mas
    Barusan sudah saya cek ulang mulai input sampai outputnya, tapi masih tetep saja tidak keluar suara dari mixer. susunannya penguat mic »»»master mixer 5 potensio»»»power ampli.
    Apakah sudah benar seperti Ϊτϋ atau bagaimana. mengenai trafo sudah normal
    Mohon pencerahannya. ŦR̶̲̥̅̊i̶̲̥̅̊M̶̲̥̅̊a̶̲̥̅̊ kasih

    • susunannya sdh benar mas agus,, coba dicoba input ampli pasangkan output mixer ? di area ic coba dipegang jika ada suara buzzz berarti rangkaian bekerja dengan baik.

  • Siaap… motor akan diperiksa tp bagaimana dengan kondisi heatsink TR 882 yg panasnya luar biasa ( ga bisa dipegang tangan ) apakah normal ato ada yg shot…tapi anehnya jika yang hidup posisi Radio (bkn VCD) heatsing hnya anget saja.

    apakah memang nyala Optik hnya redup saja (cenderung tdk keliatan) tidak seterang optik DVD?
    mohon petunjuk mbah……

    • sdh pasti akan panas regulatornya , mpeg memerlukan arus 1 amper minimum dan untuk laser optik memang tidak seterang laser dvd ( memang redup ) karena dayanya kecil

  • Maturnuwun….pencerahannya belum sempet buka motornya krna pulang gawe kmaleman….

  • Yth Om..Hamim…

    Alkisah VCD COMPO sy ganti Mpegnya walo lumayan sulit nyarinya krn sdh kategori barang kuno… smalem dicoba sdh bisa bertahan sampe beberapa lagu cuma timbul masalah baru yaitu Volume nya sangat keciiiil sekali….. nyaris tidak terdengar, padahal klo dipindah posisi radio volume bisa gede banget…juga layar LCD tidak ada gambar ato tulisan apapun alias ngeblank ada petunjuk kah buat kasus ini ? Merk Compo ASATRON warna silver

    Maturnuwun

    • gejala ini biasa karena mpeg yang bermasalah mas lilieg, coba periksa tegangan 3,3 volt serta 5 voltnya

      • siap…..pakde akan di periksa 3.3 dan 5v nya

        maturnuwun……

        • sama2 mas lilieg

        • Selamat pagi Om Hamim…. saya masih mumet di VCD compo yg suara kecil banget sy coba periksa power suply yg ada arus 8 & 5 v tapi yang 8 hnya 7v yg 5 sih bener apa ini ada pengaruh dg suara g bisa besar? jika iya apa kira2 yg hrs sy lakukan?

          Maturnuwun

          • audio kecil bisa disebabkan penguat tengah rusak ,, lihat di mpeg apakah ada ic 4558 … coba lpaskan soket audio out untuk koneksi ke amplifier ( kabel isi 3 merah hitam putih )

          • Pakde Hamim setelah diteliti pd Mpeg tidak ada ìc 4558 disekitar soket audio yg ada ic kecil kaki 8 klo g salah serinya PT8211 klo soket dicabut tentu tdk kluar suara sama sekali ada petu njuk laen kah pakde?

          • kirim gambar mpeg ke fb kita hamimservis, biar agak mudah kita koreksinya

  • ass…salam kenal mas hamim

  • Saya mau nanya sy merakit
    1. Amplifier 1000 watt Travo 10amp stereo
    2. Tone control 5 potensio Bell Travo 1amp

    Setelah sy bunyikan. …hanya keluar R nya. ….L nya tdk keluar…
    Dan setelah sy periksa kembali jalur2nya terpasang dengan benar…
    Mohon pencerahannya mas hamim…..?????

    • 1 lepaskan tone control , cek input amplifier apakah kanal L tersedia? jika ada berarti masalah di tone controlnya
      2 Jika input amplifier tidak ada coba periksa kembali susunan komponen di PCB, karena stereo jadi bisa bandingkan dengan yang sebelahnya
      3 susunan kabel input coba di cek, bila memakai kabel untuk tone cntrol untuk koneksi poensio disini juga mesti diperiksa

  • Ohh… Gitu yaa
    Tapi jika sy putar2 potensionya midle kayak putus nyambung2
    suara L nya…..?????

  • mas klo persamaan tr 2sk109c apa ya mas,thanks sblmnya

  • driver pa teac bx550 mas hamim

  • Mas. ….. kalau potensionya ada yg putus” ap tdk berpengaruh pada RL
    nya..???

    • seharusnya tidak berpengaruh, tetap ada suara yang bisa diterima cuma tidak bs dibesarkan gainnya ( bass atau treble atau midnya )

  • tr kaki 7 mas hamim.d smrng dah muter2 nyari blm ada

    • wah kalau ini kombinasi mas transistornya dan memang agak susah gantinya, coba kirim contoh transistornya mas kaka via fb hamimseris mungkin kita bisa carikan

  • ya mas hamim tak coba kirim via fb mas hamim,mksih sblmnya dah ngrepotin mas

  • mas hamim cntoh gmbr tr nya dah tak krim via email mas hamim,sblmnya sy ucapkan trm ksh atas bantuan mas hamim

    • iya sdh kita terima mas kaka , nonya benar 2SK109C ? kita engk bs lihat type di badan ICnya dari gambar yang mas kirim

  • iya benar,kira2 adakah disitu ya mas

  • Malam mas hamim
    Saya baru saja rakit subwoofer amplifier 150w, nah masalahnya suara kecil tapi bass Ϟγ̥â terlampau besar. Kira-kira ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Yang salah apanya γά mas.
    Spec subwoofer 150w ∂ï pcb Ϟγ̥â Cΰ♍ά pakai tegangan ct 18 vac ϑªή saya pakai tone control stereo
    Apakah dayanya kurang besar dengan tegangan seperti Ϊτϋ ϑªή trafo 5A
    Mohon penjelasannya. Trims

    • subwoofer sudah pasti suara vokal akan sangat kecil yang terdengar hanya suara bas, karena memang dibuat high filter di sistem inputnya . Jadi untuk mendapatkan vokalnya mesti gunakan amplifier lain ( buat kanal baru/ tambah amplifiernya jadi 1 Stereo untuk vokal + 1 mono untuk subwoofer ). Tegangan supply bs gunakan 24AC 5 A

  • Malam mas
    ∂ï mainboard subwoofer ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Jalur untuk ke ampli tapi tiap saya hubungkan ke ampli lain suara ∂ï ampli lain tidak keluar padahal sudah sesuai petunjuk yang ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… ∂ï kardus power subwoofer tersebut. a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ м̣̣̥̇̊Ʋπ̜͠g̶̲̥̅̊К̲̣̣̥ɪ̣̝̇ή yang dimaksud line amp lain adalah ampli tanpa ɑ̤̥̈̊D̶̲̥̅̊Ά̲̣̥… Tone controlnya jadi Cΰ♍ά mainboard ampli stereo saja? Terus untuk tegangan dikasih 24VAC a̶̲̥̅̊ρ̶a̶̲̥̅̊ tidak masalah karna yang tertera ∂ï mainboard Cΰ♍ά CT 18 VAC. Mohon penjelasannya
    Trims

  • Sore mas hamim
    minta alamat emailnya boleh tidak karna saya mau kirimgambar subwoofer pli yg baru saya rakit lewat email, favebook lg diblokir.
    Trims

  • sore mas hamim.gmn kbrnya?jadinya tr nya dah dpt blm

  • trus mnurut mas hamim solusi gmn mas

    • solosi paling ganti amplifiernya mas kaka dengan model lain OCL misalnya atau yg lainnya

  • Siang mas hamim
    Gambarnya sudah saya kirim lewat twitter mas hamim karna cari email nya ga ketemu juga.
    Tolong dikasih penjelasan mengenai skema subwoofer ampli tersebut.
    Trima kasih

  • sore mas hamim lagi sibuk ndak

  • Pade..hamim.. Td siang sy coba kirim gambar tp tdk bisa, trus sy coba oprek lagi eh disoket 3kabel yg di power suply ada tulisan RGL yg menuju ke dekat potesio vol klo G nya sy kasih probe (avo) hitam dan probe merah di L/R suara bisa gede normal brarti knapa tuh pakde…?

    • Sistem penguat input dari amplifier coba di by pass ( diurut dari soket mpeg audio out ) masuknya kemana ? jika sudah coba dilangsungkan ke amplifier sebelum rangkaian penguatnya

  • siang mas hamim mo tnya nih,pa teac yg aq betulin kmrn saran dari mas hamim kan suruh ganti power aja,dah aq ganti tp suara kecil,trus r 680 ohm yg utk suplai tc kok panas ya,mohon pencerahanya

    • tegangan supply brp volt ? resistor panas , tegangan yg masuk ke tone control jadi brp volt setelah melewati resistor…. suara kecil bisa jadi ada masalah di tone controlnya , apakah chanel L dan R kedua-duanya suara kecil atau sebagian ?

  • tegangan dr trafo 33v,resistor panas,tegangan stlh resistor 18v,tc menggunakan ic c4559.suara kecil smua,padahal ic sudah aq ganti

    • pemasangan in out apakah sudah benar mas kaka? coba diteliti lagi kalau sdh benar tegangan supply simetris tidak untuk tone controlnya

  • Selamat pagi Pakde……….wah JOSS buanget…petunjuknya ternyata betul masalah di muting system, walopun dg cara gerilya copot pasang, copot pasang seluruh TR yg ada di sekitar Tone Control karna tidak tahu persis posisi muting n tidak ada tulisan ” disini muting” akhirnya NGEJRENG juga…. cuma timbul masalah baru yang perlu disoroti untuk segera diambil langkah2 yg tepat supaya dapat terpenuhi kesejahteraan masyarakat begitu kata FAHRI HAMZAH tokoh PKS …..
    1. Suara sember sebelah dan setelah dicek ganti speaker ternyata tidak berubah ( perkiraan awal spekaer rusak ) ternyata tidak brarti ada hal laen…
    2. Jika Volume sedikit aja dibuka (dibesarkan) suara kedua Speaker sember buanget seperti tidak terkendali
    3. Mohon petunjuk……
    4. Maturnuwun…

    • kerusakan bs di sistem tone control pak karena terjadi penguatan gain yang terlalu besar ( jika pada awal tidak terjadi hal ini mungkin pada proses pencarian lokasi mute ) telah terjadi salah pemasangan atau mungkin ada komponen yang tercecer.

      • Pakde… perlu di sampaikan bahwa pada saat pencarian jejak muting hanya TR saja yg dicopot dan dipasang lagi tanpa nyolek yg laen2….pertanyaan nya apakah klo TR Muting dilepas suara harusnya normal? tidak seperti y sy gambarkan? atau akan ada efek yg laen..?
        Maturnuwun

        • jika memang tidak ada yg dilepas coba dipasangkan lagi pak lilieg,dan lihat hasilnya apakah sama atau tidak. ( kita tidak tahu persis sistem rangkaiannya jadi agak susah untuk predeksinya pak )

          • Betul sih klo tdk liat langsung rangkaian emang agak repot juga…..
            akan dicoba saran nya….

  • Ijin nyimak, nambah wawasan, trim’s

  • Salam kenal pak… saya mw bertanya pak… saya rakit amplifier dengan komponen seperti brikut.
    1. Boz bell mc 200
    2. Kit blazer stereo 2 x 250 watt (sudah di sertai regulator tegangannya)
    3. Trafo 10 A murni 30 volt ct
    4. Spk. Protec naiss
    Untuk tone
    1. Kit pre amp parametric macintosh dngan kit psu nya
    2. Boks bell c-40
    saya rakit amplinya dan tone dngan boks terpisah… setelah saya pasang dengung yah pak.. tetapi klo klo saya ganti pake ampli yg lain suara nya jernih kali.. apa ini yg bermasalah di amplinya yah pak… mohon di bantu pak.

    • instalasi kabel coba dicek mas anderson,, dari trafo lalu ke dioda lalu ke elco seterusnya ke kits amplifier…. pemasangan ground/ct untuk speaker out ambil dari kits amplifier . Dengung disini dalam artian seperti storing atau tidak , jika ia ada masalah di sistem grounding lain halnya jika dengung karena transistor ada yang shot ( konsleting ) silahkan periksa dikanal R/ L lalu lakukan penggantian

  • salam kenal mas hamim

  • dioda dan elco sudah terangkai di pcb mas.. saya cek tegangan semua sesuai.. dengunganya bukan suara storing mas,, hanya dengung aja.. untuk ground ke line out ampli sudah saya ambil dari kit.. feeling saya kayaknya kit ini harus di grounding ke chasis ya mas,, karena terminal ground saya pegang suara groundnya berkurang (tidak hilang sempurna)…
    oiya mas.
    jika ampli saya nyalakan tanpa tone speaker berdengung. jika saya pegang terminal ground speaker degung berkurang..
    tapi saat saya nyalakan ampli bersama tone suara dengung tidak ada hanya noise sedikit (jika gain di tone saya noise bertambah)..
    dalam kenyataanya apakah gain dinaikkan akan ada suara noise mas??

    • owh bgt… amplifier memakai box sendiri dan untuk input biasa terpasang potensio untuk mengatur besar gain yang masuk… nah casing/ box tentu saja memerlukan grounding dan ini bisa diambil dari soket RCA/ MIC ( haraf jangan ada jalur grounding lain yang terhubung )cukup 1 saja… Kaitan dengan timbulnya noise ini pastinya akan terjadi bilamana menggunakan tone control yang menggunakan IC , knp bgt ? faktor penguatan identik lebih besar dari pada penggunaan tone control dengan memakai 4transistor

  • ohw gt yah…. brrti klo hanya boks tone yang saya grounding itu sudah cukup kan mas….. gini mas.. setelah saya cek semua tegangan psu dan tegangan ac yang keluar di output speaker..semuanya normal untuk kanal L dan R,,, tapi setelah di beri input musik.. kq hanya kanal kanan aja yang bunyi yah mas,, yang kiri pelan.. padahal tegangan ac yang keluar di output speaker kanan dan kiri sama nilainya +/- 10 vac..itu gmn yh mas

    • sebenarnya tidak susah mas anderson memperkirakan letak trouble yg dialami… pindahkan output tone control dan lihat hasilnya.. jika suara yang dihasilkan tetap sama ( kanan kecil jika dibalik maka kiri yang kecil ) maka sdh jelas tone control ada yang tidak beres,,, silahkan cek potensionya

  • iyah mas..makasih yah.. udah bisa kanal kanan dan kirinya.. kabel head nya yang bermasalah… untuk dengung apkah bisa dihilangkan sempurna yh mas… karna amplinya jadi tidak terasa.. karna gainnya dibuka dikit aja udah dengung,,, jadi saya akalin main in volumenya,,gainnya tetap kecil.. tone udah saya grounding dengan mengambil dari jalur ground di kit tone ke casis…
    oiya mas untuk keterangannya,, potensio gain saya putar 1/4 dengung.. tp saya putar sampe full lama2 suara di spekaer bukan dengung tp noise..

  • gambar tone kontrol nya atau powernya yh mas?

  • sudah saya kiirm yh mas ke fg mas hamim

  • lagi sibuk mas

  • mas hamim,, mau tanya nih ttg power amplifer

  • pagi mas… saya mau nanya lg ni
    saya ada amplifier mixxing kalo di nyalakan suara sebelah kanan gak keluar mas.

    • periksa potensio volume biasanya ada disitu penyebabnya dan satu lagi switch selector bila digunakan untuk input

  • Permisi gan,
    Saya orang baru masuk, mau nanya, power amp dengan tegangan catu +30 dan GND (0), sementara tone controlnya dengan tegangan catu +15, GND, -15, mengambil dari satu trafo, sekunder trafo yang 5A untuk power amp dan 500mA untuk tone controlnya, akibatnya terjadi dengung. Selama ini saya atasi dengan nambah trafo kecil terpisah 500mA tapi jadi makan tempat. Mohon solusi agar bisa diambil dari satu trafo saja.
    Terima kasih

    • Trafo model CT atau O dan di output trafo apakah ada keluaran lain ? contoh 24-18-12-CT-12-18-24

  • Trafo model CT, ada variasi tegangan lain di 5Ampere-nya ada 18, 20, 25, 32. Kemudian di sekunder 500Amp-nya CT juga sampai 15V

  • Maksudnya yang 5Amp-nya saya ambil kanan kiri 18V (agar full power ampere yg didapat), dan dihasilkan 0 dan 39V, lalu di sekunder 500mA yang di sisi lain di bawah input AC, saya ambil 15-CT-15 untuk tone controlnya. Salah kah? Gimana tepatnya agar sip?

    • itu sudah benar mas,,, tidak ada yang salah…. tinggal area tone control apakah sudah tersedia sistem regulator ? pakai ic 78/79

  • Ada regulator 7815 dan 7915 komplit. Tapi tetap dengung. Kalau beda trafo, bagus, halus sekali. Saya rasa masalahnya nol-nya ampli kan didapat setelah dioda (bukan dari CT), sedangkan nol-nya tone control didapat dari CT meskipun tidak satu titik (beda sekunder) tapi masih satu trafo. Nah ini yang saya bingung harusnya bagaimana sirkuitnya ya gan?

  • Apa tidak masalah ketika ground PA dari diode bridge, lalu tone control dari CT sekunder kedua, lalu keduanya ketemu di hubungan output-input? Seperti loop grounding gitu gan..

    • tidak mas… selama tidak satu jalur … kita juga sering mengadopsi sistem ini jika memang terbentur untuk memperoleh output tegangan supaya lebih besar. Sekarang bila terjadi dengung coba diukur tegangan di area sistem regulator tone ,,, dengan ic 7815 dan 7915 maka input yang harus dimasukkan adalah 18-24 volt dc

  • Tidak pakai fan, karena pendinginnya sudah cukup besar (hanya untuk IC STK439).
    Apa tidak masalah ketika ground PA dari diode bridge, lalu tone control dari CT sekunder kedua, lalu keduanya ketemu di hubungan output-input? Seperti loop grounding gitu gan..

  • oke gan coba saya ulik lagi, makasih banyak nih..

  • mat malam n salam kenal maz…saya di Kupang mo minta tolong saya ada punya power kit blazer x6 700 watt hanya saya bingung dimana tempat untuk solder/sambung Output PSU karena di KIT hanya ada tulisan VCC+ dan VCC- Trus untuk CT pasang dimana …maklum maz baru belajar n karena hobby thankz mas atas bantuannnya ……..

    • VCC + itu dipasangkan dari kaki capasitor + dan VCC – itu dipasangkan dari kaki capasitor – dan untuk CT itu gabungan dari kaki capasitor – dan + dan ini dihubungkan ke pcb dengan ketrangan ground

  • Mat malam maz hamim aduh thankyou bangat krn amplinya dah kupasang n bunyi tp ada beberapa hal yg masih kuragukan lagi jgn2 ada yg keliru aku pasang atl: 1.mengapa baru hidup heatsink langsung panas se x 2.ada bunyi storing.3.utk x6 mono tone cntrl apa juga harus mono ato gmn. 4.makin besar storing suara makin ngk jls 5.aku pakai trafo 10a elco 10.000 mf 2 biji kiprok 25a bagusnye psu pada brapa volt maz….thanks n klo bs posting jg no hp maz biar sekalian perkenalan gt. Thanks maz sebelumxe n lanjutkn membangun negeri

    • 1 setel tegangan bias jangan terlalu besar untuk basis transistor finalnya,,, jika berlebih akan timbul panas walaupun tidak ada sinyal audio yang masuk
      2 storing bisa jadi karena salah pengambilan grounding atau mungkin kelebihan grounding
      3 tone control stereo bisa digunakan kok
      4 supply tone control usahakan ada stbilizer…. pastikan amplifier tanpa terhubung tone tidak ada suara storing
      5 trafo 10 A sudah bagus dan untuk voltase sesuaikan dengan kebutuhan kits amplifier

  • Aduhhh yang lain ma bisa saya ikuti tapi untuk seting biass itu sangat membingungkan saya mas mo settingnya dimana lagi wah wah wah bisa dipandu ngk mas aduh sorry jadi ngerepotin

    • coba dilihat di pcb apakah ada trimpot yang terpasang ? jika ada tinggal letakan prob tester merah volt meter batas 10 volt dikaki basis transistor final dan prob hitam di grounding dan lihat berapa tegangan yang terukur di multitester,, jika sudah tinggal diputar trimpot berlawanan jarum jam sampai tegangan dikaki basis agak berkurang .. kurang lebih 0,5 volt

  • Mat malam maz ham…..memang luar biasa petunjuknya sangat ampuh n kini amplifier blazer x6 milikku dah mantap beroperasi ….profisiat buat maz ….n kayaknya ku harus berguru terus ama maz nanti suatu saat kalo aku ke jakarta nanti ku cari maz ampe ketemu.o iya maz kalo Power amplifier Stereo OCL BELL 1000 watt yang ada logo BGR bunyi tapi hanya yang R yang bagus sedangkan L bunyi tapi hanya BASS.terus BASSnya juga tidak panjang gaunnya kayak bunyi kita pukul sesuatu….selain itu bunyi treblenya serak/ pecah….kira2 masalahnya dimana ya maz …aku sudah ganti Transistor Powernya pake sanken asli 2sa1216 dan 2sc2922,,mohon bantuannya maz…terimakasih sebelumnya…..

    • simpel saja mas,,jika kanal Right bagus maka cukup samakan tegangan driver untuk kanal Left,,, penggantian transistor final tidak menjamin akan langsung bagus hasilnya… cek resistor kapur ,,, transistor drivernya

  • mas transistor Driver Tip 31 n 32 dah diganti juga hanya resistor kapurnya memang belum aku ganti kemungkinan besar dia sudah penyakitnya……o iya kalo mo cek resistor kapur baik/rusak apakah harus dilepas dari pcb nya atao gmana mas

  • Maz Ham aku sudah test pakai tester …….aku set testernya di x10 Ohm n semua Resistor kapur nilainya sama….tapi masih ttp masalahnya selain Resistor kapur n Tr driver kira2 apa lagi ya maz pengaruhnya

  • satu lagi maz aku sengaja set tester di x10 ohm n aku pasang probe hitam di GROUND PCB sedangkan Probe Merah aku pasang antara OUTPUT SPKR R dan L ternayata memang beda karena di R jarum tester bergerak ke 20 ohm dan tidak kembali sebelum probe tester dilepas sedangkan L jarum hanya naik sebentar saja dan kembali ke 0(nol) sebelum probe tester dilepas …..kira2 dimana ya masalah spt ini…..thanks sebelumnya

    • transistor ada yang putus jalur basis ke emitor , atau coba lepaskan resistor kapur dan ukur tanpa terpasang di PCB

  • aku sdh lepas keempat resistor kapur di kanal L dan ukur pake tester semua menunjuk 1 KOhm mas

    • resistor kapur dibadannya tertera nilai contoh 0,47 ohm atau nilai lain maka pastikan nilai yang terukur juga sama di multitester

  • Ni kalo volume kecil suara agak baik tapi begitu volume dinaikkan langsung suara bass dan treble menjadi ceper/serak pecah

  • kalo gtu saya harus set testernya pada kali berapa maz……karena setelah saya test dengan x10 nilai sampai di ujung tester maz

    • pakai x1 ohm nantinya akan terukur 0,47 ohm jika resistor kapur berukuran 0,47 ohm

    • jika volume kecil bagus dan saat dibesarkan agak sember maka permasalahan ada di area penguat akhir…. ada yang tidak berfungsi

  • aku set x1 ohm tapi juga resistornya ditest jarum tester tembus ujung lalu yang termasuk penguat akhir itu mulai dari mana hingga mana maz ……….tadi aku sempat baca postingan maz ttg”manfaat kanal stereo amplifier” terus ada beberapa komponen yang cepat mengalami gangguan …n aku lihat dipower amplifierku ngak ada resistor yang bernilai 10 KOhm mas…jadi klo ngk ada resistor itu maka penggantinya yang mana…..trimakasih

    • Amplifier yg digunakan model apa? Yg kita bahas model ocl mungkin akan berbeda Jika model lain

  • Benar Amplifiernya model OCL mas

  • mat malam……tr driver pake tip 31 dan 32 maz

    • tinggal ukur tegangan output dikaki emitor tip31 dan tip32…. pastikan balance eg ( – 0,5 volt dan + 0,5 volt ) atau mungkin agak beda tipis eg ( – 0,7 volt dan + 0,5 volt ) ,, semoga bisa membantu

  • mat siang maz aku mo britahu bahwa ternyata amplifiernya dah jadi yang rusak selain resistor kapurnya juga ada 2(dua) resistor yang ada di bawah resistor kapur yang bernilai 100 ohm dan 4k7nya yang dah drop n kini dah sip kembali amplinya……..thanks maz bantuannya

  • mo tanya bang. saya baru beli invarter dc to dc 12v to 32v simetris setelah saya coba sambung di aki led power indikatornya tidak nyala. mohon bantuannya

    • cb dilihat kutub accu jangan sampai terbalik,,, jika benar masangnya tapi tidak hidup coba periksa sikring ( jika ada ) ,bila sikring bagus coba lihat solderannya… terkadang suka bermasalah disitu

  • Misi mas mau tanya bahan”untuk rakitan power audio 1000w apa semua

    • komponen include sama papan kits-nya,,, jadi beli dulu kits amplifier nantinya akan ada diagram dan komponen yang digunakan

  • ass,,,,mas numpang nanyak,saya membuat power supply dengan menggunakan 2 trafo 3 A.setelah itu saya gabungkan memang api yang keluar dari trafo membesar dya tetapi sya tidak tahu berapa paraf dan volt elco nya.
    mohon bantuan nya.
    trims

    • filter gunakan capasitor nilai 4700uf/50 volt atau bisa juga dengan nilai yang lebih besar eg, 6800uf/50 volt / 10000uf/50 volt

  • mas hamim minta tolong, saya punya tape jadul merk aiwa, yg ada tempat cd sampe 3 plat itu,…cd player nya udah rusak, radionya jg jelek nerima siarannya, 2 kaset payer dah ga jaman….tapi ada 5 speaker yg masih bagus buat dimanfaatkan, pertanyaannya apa saya harus merakit amplifier buat bisa dicolokin ke komputer/leptop ato tv agar 5 speaker aiwa 2 way bass reflex system bisa saya manfaatkan? trims sebelumnya, mohon jawabannya dikirim jg via iwamayapada@gmail.com

    • mas iwa anda tidak perlu membuat amplifier baru untuk koneksi semua speaker yang ada,,, cukup dengan memanfaatkan amplifier yang ada di prangkat tape aiwa tersebut… di sistem input tersedia line input ( AUX ) dan ini bisa dihubungkan ke media output komputer atau yang lainnya dan hasilnya akan lebih bagus ketimbang harus buat amplifier baru… ini saja yang bisa kita berikan… terima kasih sudah berkunjung

  • Makasi suda di ijinkan gabung dan menyimak artikelx,

    Salam hormat,
    Udin Papua

  • mas mw nyak lg kalau ac trfo nya di hubungkan ke 0v dan 240v itu kekuatan dc nya bertambah??

    • voltase akan menurun untuk outputnya ,,, eg 0-220 volt out 0 18 volt untuk 0 240volt out jadi 0 15 volt

  • Assalamualaikum…wr…..wb….., mo nanya mas, apa penyebab super echo digital repeater dlm waktu Kurang lebih 10 – 15 menit suaranya mulai keresek.
    thank atas bantuan jawabannya.
    wassalam

    • coba cek regulatornya,,, apakah terjadi drop saat timbul suara kresek… jika hasilnya bagus ada kemungkinan ic echo digitalnya yang bermasalah

  • # mass.. mau tanya power amplifer buat sub wofer bagus yg gmana ?

  • Mas bisa bantu buatkan atau carikan power supply dengan tegangan simetris +15v , -15v, +5v dan 48v ya ? untuk pengganti psu mixer proel M16

  • malam om hamin,,maaf mau nanya nih ,,ane mau pasang power ampli STK produk bell SGS, utk pwr suply-nya AC 32V – CT -AC 32V dan ada lagi VCC+ dan VCC- pertanyaan ane yg tulisan vcc+ dan vcc- di sambung ke mana yah ? klo yg ac32v kan ke trafo ya om ?? tks (maaf masih awam)

    • Vcc- sama vcc+ itu didapat dari trafo setelah pemasangan dioda dan Capasitor,, Jadi buat dahulu sistem penyearah,, dioda kiprok dan 2 Capasitor

  • sepertinya penyearah sudah ada dalam pcb pwr tersebut , disitu sudah ada dioda brige dan 4 capasitor,,saya masih blm paham om , rencana saya mau pasang di mobil saya pake inverter output dc +24v, grnd, -24v ,masangnya gimana yah om? apakah dari out inverter langsung ke vcc+ dan vcc- atau ke input suply yg tulisannya ct32/ grd/ct 32,??tks om

    • jika melalui inverter cukup pasangkan di kaki capasitor … sesuaikan saja vcc – sama vcc + jangan melalu 32v ct 32v

  • ok om , langsung saya coba nih ,,jadi out inverter (+) ke vcc +
    (-) ke vcc –
    terus yg grnd ke CT yah om ??

  • mas gimana cara mengukur db(desibel) suara speaker?

  • cara mengukur out power/ ingin mengetahui out power berapa watt( power sudah jadi)? trims

  • Salam kenal mas.. mau tanya saya punya speaker aktif polytron terus saya pasangi equaliser 5 chanel pada bagian inputnya tapi ada suara dengung dikit, kira2 apa penyebabnya ya..mungkin masalah di tegangan ato apa ya (via email ya mas…) tanks…

    • jika dengung sudah pasti dari sistem regulator untuk aqualizer,,, pastikan mas anta gunakan ic regulator

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.