Your browser is not supported for the Live Clock Timer, please visit the Support Center for support.
Des
14
2012

Mengukur Dioda Bridge

Dioda Bridge

Dioda model ini adalah gabungan dari 4 buah dioda yang dijadikan satu/ maksudnya satu kemasan. Bentuk dioda akan semakin besar tergantung dengan kuat amper yang bisa dihasilkannya. Ada beberapa model yaitu 2-3-5 atau 10 bahkan 25 Amper. Lokasi pemasangan didalam rangkaian elektronik selalu berada dibagian terdepan yaitu untuk penyearah tegangan AC ke DC. Model Dioda Bridge :

dioda-bridge-25-A-300x225

Terkadang Dioda model ini jarang terjadi kerusakan terkecuali oleh faktor lain, misalnya terkena arus lebih dari petir atau mungkin kesalahan manusia/ maksudnya enggak sengaja sehingga terjadi konsleting. Karena didalam
Dioda ini ada 4 buah Dioda maka bisa dilakukan pengukuran untuk memastikan apakah Dioda ini masih dalam kondisi baik atau tidak.  Sebenarnya apa sih penyebab utama kerusakan Dioda ? ini bisa karena :

  1. Umur diodanya/ usia pakai dengan temperatur yang konstan/ tinggi
  2. Rusaknya Capasitor filter ( kerja semakin berat dan temperatur semakin panas )
  3. Terjadinya konsleting dibagian rangkaian yang mendapat supply arus dari Dioda ini.

Cara mengukur Dioda Bridge bisa kita lihat di video berikut :

Dioda Bridge bila terjadi kerusakan biasanya hanya 1 atau 2 dioda saja , cuma karena modelnya satu kemasan maka mesti diganti semuanya. Di body Dioda bridge biasanya ada keterangan yaitu :

  • – Minus
  • AC
  • AC
  • + Plus

Dengan adanya keterangan tentunya akan memudahkan dalam melakukan pengukuran, lebih rinci bisa dilihat pada video diatas. Apabila didapatkan hasil pengukuran antara kaki Anoda dan Katoda dengan hasil 0 ohm, ini menandakan kondisi Dioda sudah shot/ rusak . Sedikit pembelajaran semoga bisa bermanfaat.

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

2 Comments + Add Comment

  • Mas……sebenarnya apa sih fungsi dari kode pada dioda (In 4002,4007,4148,dll) ?
    Untuk bridge (RS 606,BA30B7,fsb35101,dll) dan bagai mana cara mengetahui amper dari dioda tersebut………..(Maklum mas…..masih awam!!!!!) Tx sebelumnya!!!!!!!!!!!

    • kode ini buat besarnya arus yang bisa dikeluarkan,,, contoh in4002 yang berarti arus bisa dikeluarkan 2 amper dan untuk type lain kurang lebih sama… lebih jelas buka datasheetnya saja langsung di http://www.alldatasheet.com/

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Sering Dibaca