Jun
5
2012

MacBook Pro Tidak Mau Hidup

Diagnosa

MacBook Pro jika kita coba hidupkan cuma terlihat lampu indikator putih yang menyala, sedangkan tampilan pada layar LCD sama sekali tidak tampak.

Model MacBook Pro :

Model MacBook Pro

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Kasus kerusakan seperti memang sering terjadi pada laptop apalagi laptop yang tidak terawat, kondisi kipas yang banyak debu membuat proses pendinginan tidak optimal. Akibat yang dihasilkan temperatur menjadi lebih tinggi dan pada akhirnya membuat kerusakan pada laptop itu sendiri.

Memang tidak mungkin kita bisa membersihkan sendiri kipas pendingin, mengingat model MacBook yang di kelilingi banyak baut. Kadang-kadang juga bingung mesti mulai buka darimana untuk melepaskan casing bagian atasnya, itu semua karena ada baut yang terkadang terselubung, maksudnya ketutupan sama casing.

Tampilan motherboard MacBook Pro :

Motherboard MacBook Pro

Penggunaan dalam jangka waktu yang lama memang membuatnya semakin rentan untuk rusak, semuanya karena Timah. Timah ini sangat vital dimana sebagai penghubung utama dari mainboard ke prosessor karena pada MacBook Pro tidak menggunakan soket. Untuk memperbaiki ini hanya satu pilihan saja yaitu dengan solder ulang, disini kita harus menggunakan solder uap.

Komponen yang harus kita hindari dari proses pemanasan langsung dari solder uap yaitu IC Ram untuk VGA Card, ini sangat vatal jika sampai terjadi dimana gambar yang dihasilkan akan menjadi titik-titik. IC Ram yang kita maksud dapat dilihat pada gambar berikut:

IC Ram MacBook Pro

Pada gambar bisa kita lihat pada bagian atas ada 4 buah IC, itulah IC Ram-nya. Sekarang kita lepaskan juga IC Ram slot dan mengeluarkan motherboard dari dudukannya, selanjutnya kita panaskan solder uap dengan batas suhu 450 derajat dengan udara 3,5 . kita mulai memanaskan Chipset VGA yang sebelumnya sudah kita berikan cairan losfett selama 3 menit dengan posisi horizontal serta vertikal.

Selesai ini kita lanjutkan pada prosessornya dengan cara yang sama seperti di awal, setelah semuanya sudah kita panaskan kini kita dinginkan dengan memberikan angin atau didiamkan saja beberapa menit. Kini kita pasangkan kembali ke casing-nya dan memasangkan semua soket penghubung pada tempatnya masing-masing.

Saat yang di tunggu-tunggu kini telah tiba yaitu mau melihat hasil dari proses pemanasan, apakah semuanya dapat berjalan lancar. Segera kita hubungkan aliran lisrik dan kita coba hidupkan MacBook Pro-nya ? Hasilnya MacBook Pro telah hidup kembali. Kita coba hidupkan beberapa jam untuk melihat kekuatannya, Alhamdulillah semuanya dalam keadaan normal-normal saja. Semua fungsi berjalan dengan baik.

Inilah hasil Akhirnya :

MacBook Pro

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

1 Comment + Add Comment

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori