Wednesday 6 May 2015
DATASHEET :

LCD TV Toshiba 32PB1E Matot/ Mati-Total

Diagnosa

LCD TV Toshiba jika kita coba hidupkan ? lampu indikator terlihat tidak menyala.

Model LCD TV Toshiba :

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki

Kasus kerusakan Matot/ mati-total rangkaian awal yang harus kita periksa adalah power supply. Di LCD TV Toshiba ini menggunakan IC type STR W6052S, Untuk memastikan penyebab utamanya maka kita lakukan pengukuran dibeberapa titik, diantaranya :

1 Fuses/ Sikring—— hasilnya bagus/ tidak putus

2 Tegangan 300 volt dari Dioda ——- hasilnya bagus/ ada

3 Dioda bagian penyearah sekunder tegangan 15 volt serta 5 volt —— hasilnya bagus/ tidak ada yang shot

Tampila power supply LCD TV Toshiba :

Dari ketiga pengukuran yang kita lakukan , hanya IC STR W6052 yang belum kita periksa. Hasil pemeriksaan untuk IC STR W6052S kita dapatkan tegangan B-up untuk sistem control terukur ada yaitu 12 volt. Dan sesaat setelah kita hidupkan power supply terukur tegangan dibagian sekunder dengan besaran 2,5 volt di area tegangan yang seharusnya 15 volt. Jadi jelas sudah penyebabnya IC STR W6052S, segera kita lepaskan IC ini dan kita pasangkan IC STR W6052S yang baru.

Setelah proses pemasangan selesai kita coba hidupkan power supply-nya ? Hasilnya Alhamdulillah power supply sudah bisa hidup lagi dengan output 5 volt dan 15 volt. Langsung kita pasangkan kembali ke Panel dimana disana ada soket untuk lampu CCFL/ Neon. Sekarang kita coba hidupkan kembali power supply dan hasilnya alhamdulillah tampilan gambar sudah tampak kembali di layar LCD-nya.

Enhanced by Zemanta
32 Comments