tips and trik servis elektronik

DATASHEET :

Arsip

 

LCD TV Sharp Aquos LC32L4071 Mode K No Signal

Diagnosa

LCD Sharp Aquos 32 inc mengalami kerusakan pada sistem penerimaan, dimana tidak ada satupun siaran televisi yang bisa di terima. Kita coba untuk memprogram ulang secara automatis, tetap saja hasilnya sama hanya raster saja yang tampak pada layar monitornya.

Model LCD TV Sharp :

Model LCD TV SHARP AQUOS

Dimanakah letak trouble-nya? Segera kita selidiki:

Penerimaan siaran televisi selalu menggunakan Tuner sebagai media-nya, apakah pada LCD ini kerusakan ada pada Tuner-nya.Untuk memastikannya kita mesti melihat proses tuning dan melihat pergerakkan tegangan tuning pada Tuner. Caranya adalah dengan menggunakan multitester dengan batas ukur DC50 volt, dan tempelkan prob merah pada kaki Tuner no 7 dari sebelah kiri , biar mudah bisa dilihat pada gambar berikut:

Tuner LCD TV SHARP AQUOS

Disini kita melihat adanya tegangan tuning yaitu dari 0 sampai 32 volt , jadi sudah jelas tuner tidak mengalami kerusakan. Pada layar monitor LCD kita melihat adanya huruf K yang ada di pojok atas sebelah kiri, mungkin ini penyebabnya yang membuat televisi tidak bisa menerima siaran. Ternyata memang benar data setting mengalami perubahan, pada bagian AGC-nya . Parameter option kita melihat angka 255 untuk AGC, maka kita coba merubahnya ke angka 9 selanjutnya kita coba hidupkan LCD-nya ? Hasilnya Alhamdulillah LCD sudah bisa menerima siaran.

Mode K bagaimana untuk menghilangkannya  ? Untuk ini kita bisa memakai kode tombol Vol – dengan tombol input ( source )  di Panel control secara bersamaan sebelumnya LCD TV harus dalam keadaan mati. Jadi kita tekan dahulu kedua tombol setelahnya barulah kita masukan aliran listriknya.

Bagaimana untuk membuka Parameter mode K ? Untuk ini kita tekan tombol Vol- dengan Program –  di panel control secara bersamaan lalu masukkan aliran listriknya , nantinya akan timbul servis menunya. Permasalahan yang timbul jika Mode K lagi on? Jika kita mencoba fungsi Reset dalam menu , hasil yang kita dapatkan Suara tidak bekerja dengan normal.  Jika kita tekan tombol volume suara yang dihasilkan langsung besar/ hanya ada 3 pilihan suaranya kecil -sedang -besar . Untuk mengembalikan seperti awalnya kita mesti menghilangkan Mode K -nya.

 

Enhanced by Zemanta
119 Comments