tips and trik servis elektronik

September 20, 2014 6:52 am
Tulisan Terbaru
Home » Tips & Trik » Computer » Laptop Zyrex LCD Bergaris

Laptop Zyrex LCD Bergaris

Diagnosa

Ketika kita hidupkan Laptop , tampak ada garis di LCD-nya sedangkan gambar tidak keluar. Tampilannya seperti pada gambar dibawah ini:

Perkiraan awal, kerusakan pada kabel konektor Mobo ke LCD. Karena kalau kita buka-tutup layar LCD terkadang suka mau. Ternyata setelah kita cek kabel konektornya, tidak ada masalah/ bagus-bagus aja. Jadi mesti di cari lagi penyebab yang lain untuk memperbaiki kerusakan yang seperti ini.

Sekarang kita coba melihat Soket yang ada di Mobo, dimana dari sinilah sinyal gambar dikeluarkan dan diterima oleh LCD. Mobo Zyrex area Soket tampak pada gambar berikut:

Kita cek tegangan output pada pin 1-2 dari atas, nilai tegangan 3,3 volt. Soket dengan jumlah kaki yang banyak adalah soket untuk ke LCD , untuk soket yang disebelah kiri yang lebih sedikit kakinya adalah untuk Backlight [ CCFL ]. Dari hasil pengecekan didapatkan tidak ada masalah pada Mobo-nya.

Jadi masalah ada pada layar LCD-nya, ada sel didalamnya yang tidak terhubung sehingga gambar tidak bisa di tampilkan pada layar LCD. Maka kita coba melihat layar LCD-nya, lepaskan casing LCD . Biarkan posisi tanpa casing dan kita coba hidupkan laptopnya. ternyata gambar tampak dilayar LCD-nya, kita coba gerakan layar LCD-nya ? Gambar mulai distorsi/ goyang atas bawah.

Solusi untuk kerusakan kali ini kita gunakan bantalan penyangga yang kita letakkan persis di tengah-tengah layar LCD, supaya layar tidak bergerak apabila di buka-tutup. Alat penyangga yang kita gunakan disini seperti image dibawah:

Kita buat 3 buah , dan dipasangkan secara vertikal[ tengah-tengah LCD-nya ] Kiri-tengah-kanan. Sekarang coba kita tes , setelah gambar sudah ada, kita gerakkan buka-tutup. Alhamdulillah distorsi pada LCD-nya sudah tidak ada, gambar tampak jelas. Laptop Zyrex dah dapat dipergunakan kembali.

 

About hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

2 comments

  1. Mau tanya, kalo tampilan lcd seperti tidak terinstall driver vga itu kenapa ya? Tampilan msh ada tp warnax seperti tidak ada terinstall driver vganya, tampilan awal sebelum booting jg warnanya berubah – ubah.. Mohon balasannya.. Thanks

    • psangkan vga ke monitor luar mas aidil lihat tampilannya,, jika normal ini bisa 2 kemungkinan yaitu lcdnya atau vga out untuk jalur lcd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

112 queries in 0,399 seconds.