Jul
21
2012

Kumparan Degaussing Televisi

Kumparan degaussing televisi

Apa sih fungsinya untuk televisi ? berikut ini kita beri sedikit kilasannya.

Televisi yang menggunakan kumparan degaussing pada umumnya karena memakai Cathode ray tube / CRT, penggunaan degaussing disini untuk menghilangkan efek magnit yang timbul pada CRT tersebut. Mungkin kita pernah melihat di pojok kiri atau kanan layar monitor timbul warna yang tidak semestinya, kadang warna merah, biru atau mungkin hijau. Hal ini bisa disebabkan tidak berfungsinya kumparan goussing atau mungkin bisa karena faktor lain.

Komponen utama dalam sistem goussing adalah PTC/positive temperature coefficient , posisi pada mainboard televisi selalu berada diurutan terdepan setelah switch master. Model PTC terbagi menjadi 2 yaitu 2 kaki dan 3 kaki, secara umum yang sering dipergunakan adalah 3 kaki. PTC adalah semacam resistor dimana pada kondisi dingin mempunyai hambatan yang kecil apabila sudah panas nilai hambatannya akan membesar.

Nilai PTC bervariasi ada yang 9-12-18 ohm tergantung bawaan televisi, dengan nilai hambatan yang kecil terkadang bila kita mempunyai daya listrik 450 watt ketika kita hidupkan televisi listrik langsung jepret/ turun. Sistem degaussing inilah yang menyebabkannya , kumparan degaussing membutuhkan daya besar walaupun hanya hitungan detik, setelahnya langsung kembali normal.

Posisi kumparan pada CRT bisa kita lihat pada gambar berikut :

kumparan-degoussing-televisi-225x300

Kiat untuk meredam tegangan kejut dari kumparan degaussing supaya listrik tidak jepret/turun ketika kita hidupkan televisi adalah dengan menggunakan Resistor 10 ohm/ 15 watt yang kita pasangkan secara seri pada kaki PTC. Untuk lebih mudah kita pasangkan setelah Fuses yang ada pada mainboard televisi-nya.

Jika PTC dalam kondisi normal tapi tetap saja efek pelangi di layar monitor masih ada mungkin kita bisa adakan perubahan posisi Yoke, caranya dengan memajukannya . Biasanya Yoke selalu dilengkapi dengan bantalan karet untuk penyangga, mungkin bisa kita tiadakan penyangga tersebut dan memajukan posisi Yoke.

Hanya itulah sekilas informasi tentang degaussing televisi, semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

2 Comments + Add Comment

  • wss,, televisi bisa tidak hidup itu kalau kerusakan sampai konslet ptc-nya tapi bila tidak konslet akan timbul warna lain di sudut-sudut layar monitor-nya.

  • ass..p hamim klu PTC rusak mengakibatkan apa pada TV..

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori