tips and trik servis elektronik

Apr
20
2012

Komponen Televisi

Jika kita mengetahui nama dan fungsi komponen elektronik pastinya akan memudahkan kita dalam usaha pelacakan kerusakan yang terjadi pada alat-alat elektronik seperti televisi,dvd player, maupun yang lainnya.Pada umumnya komponen yang ada pada televisi adalah sama saja secara fungsi tapi beda dalam kemasannya.

Berikut kita ambil contoh beberapa komponen yang dipergunakan pada televisi LG, diantaranya adalah:

1 PTC adalah alat yang dipergunakan untuk menghilangkan efek pelangi yang ada di sudut-sudut layar monitor. Mungkin kita pernah melihat adanya warna biru atau merah di beberapa bagian layar monitor. Ukuran PTC ini adalah 14 ohm ? dalam  kondisi dingin dan akan berubah nilai jika sudah panas. Bentuk PTC adalah sebagai berikut:

PTC 14 ohm

2 IC Regulator adalah komponen yang merubah nilai tegangan output dari yang lebih besar menjadi lebih kecil, contohnya input 12 volt di turunkan menjadi 5 volt. Tegangan output yang dihasilkan adalah constan/ stabil, Pada televisi LG menggunakan type LD33CV. Output dari IC ini adalah 3,3 volt kegunaannya adalah untuk sistem logic. Bentuk IC LD33CV bisa kita lihat pada gambar berikut:

IC Regulator LD33CV

3 Optocoupler adalah alat pembantu dalam penstabilan tegangan output di power supply, dengan adanya alat ini hasil tegangan output bisa di control tanpa adanya efek strum pada bagian sekunder. Pada televisi LG menggunakan type 817, bentuk Optocoupler adalah sebagai berikut:

Optocoupler 817

4 IC Tegangan Constan adalah komponen yang mengatur tegangan ouput dari power supply untuk selalu tetap/ constan. Dalam koneksinya selalu menggunakan Poto Coupler, Untuk type yang dipergunakan pada televisi LG adalah SE110 yang artinya tegangan output dari power supply adalah 110 volt. Bentuk IC SE110 ada pada gambar berikut:

IC Tegangan Constan

5 Capasitor dengan kapasitas kecil tapi mempunyai voltase kerja tinggi biasa ada pada bagian colector playback ,dan ada juga pada bagian colector power supply. Contohnya capasitor 681 pf/2kv dibacanya menjadi 680 pf/2kv ,tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

capasitor 680pf2kv

Next……

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

64 Comments + Add Comment

  • malam bos…
    ne aq ada mslah TV qu….
    mslah y..?
    gmbar y tidak bisa muncul,ketika kita smbung kan ka DVD/DIGITAL
    Kalaw suara y bos bisa bersuara,cman maslah y gmbar y tidak bisa tmpil
    gmna cara kerja y bos….???

    • ini bisa disebabkan :
      1 soket RCA solderan tidak bagus ( kendor area video input )
      2 Kabel RCA tidak bagus ( putus area jack )
      3 Sistem video input penerimaan tv yang bermasalah ( kerusakan di ic crhoma )

 


INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net