Jun
29
2012

Home Theater Philips HTS3000/98 DVD No Disc

Diagnosa

Home theater Philips , permasalahan yang terjadi adalah tidak dapat membaca disc. Semua format disc seperti CD,MP3,DVD tidak dapat dibaca oleh player-nya.

Model Home theater Philips :

Home-Theater-Philips-HTS300098-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Kasus kerusakan no disc memang sering terjadi, seperti pada home theater Philips yang akan kita coba perbaiki. Pemeriksaan kita mulai dengan melihat proses loading disc, kita hidupkan home theater-nya dan kita masukkan disc? disini kita melihat proses loading agak lama setelah baru tampil tulisan no disc pada display panel. Dari hasil ini agak membuat ringan,karena bisa kita pastikan kondisi optik masih dalam keadaan baik.

Yang kita maksud ringan adalah kita tidak perlu mengganti optik-nya, jadi agak murah biaya perbaikannya. Jika demikian apalagi yang dapat membuat kerusakan no disc pada dvd player? Motor ini salah satu-nya, Segera kita adakan pemeriksaan dan hasilnya negatif. Motor SL dan motor SP dalam keadaan baik, untuk mengetahui ini tidaklah sulit kita hanya menggunakan multitester dengan batas ukur X1. Tempelkan kedua prob pada kabel motor? jika motor bergerak itu sudah menandakan kondisinya masih baik.

Jika optik dan motor masih dalam kondisi baik, jadi apalagi yang dapat menyebabkan kerusakan no disc ? Gear yang ada di motor SL. Gear ini sangat vital, karena fungsinya untuk mengerakkan optik dan pada mekanik gear yang digunakan sangat kecil bentuk gigi-nya. Karena kecil kita jadi rada susah untuk melihat kondisi gear yang ternyata sudah rengat/ terbelah. Ini dapat dilihat dengan menggerakkan manual gear dengan tangan dan kita merasakan agak macet-macet jalannya.

Jadi sudah jelas penyebab utama terjadinya no disc pada home theater Philips, untuk memperbaiki ini kita hanya bisa mengganti gear. Tampilan gear untuk motor SL home theater Philips bisa kita lihat pada gambar berikut :

Gear-mekanik-home-theater-Philips-300x225

Untuk mendapatkan gear pengganti rada sulit, syukurnya kita ada copotan dari mekanik optik lain yang secara bentuk sama persis malahan lebih kuat karena gear mempunyai kuping pada bagian bawahnya. Tidak seperti gear bawaan yang hanya terdapat gigi secara keseluruhan, tampilan gear setelah kita pasangkan di motor SL dapat dilihat pada gambar berikut :

Gear-pengganti-motor-SL-home-theater-Philips-300x225

Jika memang tidak ketemu gear pengganti maka kita harus beli satu paket, yaitu optik berikut mekanik. Setelah selesai kita pasangkan gear baru kini tinggal kita adakan percobaan, apakah kerusakan sudah dapat teratasi. Kita hidupkan home theater-nya , masukkan disc ? tunggu sesaat dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal, disc yang kita masukkan sudah dapat dibaca dengan baik.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori