Nov
7
2012

Flash Foto Nikon SB80DX Zoom Reflektor Err

Diagnosa

Flash foto Nikon SB80DX terjadi permasalahan pada bagian zoom reflektor, jika kita tekan pada bagian area lampu terkadang zoom menjadi normal tapi terkadang balik seperti semula.

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Pemeriksaan kita mulai dengan membuka casing bagian lampu flash, ada beberapa baut disana dan setelah terbuka barulah kita lakukan pemeriksaan. Switch menjadi fokus utamanya karena itu kita lihat dari gejalanya jika di tekan-tekan suka mau zoom-nya. Posisi switch ada pada bagian bawah lampu flash-nya jadi mesti kita lepaskan dahulu lampu flash dan setelahnya baru bisa kita lihat switch-nya, inilah tampilannya :

switch flash foto nikon SB80DX

Tampilan tuts untuk switch ini ada di casingnya, seperti ini tampilannya :

tuts switch flash foto nikon sb80dx

Perbaikan untuk masalah ini adalah dengan membersihkan lapisan tembaga yang ada di switch caranya dengan menggunakan cotton bud yang di putar, biasanya ada debu yang menempel sehingga menjadikannya hambatan. Setelahnya kita bersihkan juga tuts dimana disini ada arang karbon yang menempel,untuk yang satu ini harus secara perlahan, setelah selesai kita lakukan pengukuran dengan multitester pada bagian tuts pastikan adanya nilai hambatan dalam pengukuran ini.

Switch ini terhubung dengan frame reflektor tambahan , dalam kondisi frame didalam maka posisi switch adalah on sedangkan dalam kondisi frame di luar posisi switch adalah off, inilah tampilan frame-nya :

 frame reflektor flash foto nikon sb80dx

Setelah yakin sudah tidak ada masalah dengan switch, kini kita pasangkan kembali switch pada semula dan setelah selesai kita lakukan pengetesan. Kita masukkan baterai dan tekan tombol power , kita coba fungsikan pengaturan zoom dan hasilnya alhamdulillah sistem pengaturan zoom untuk reflektor sudah kembali berfungsi. Itulah sekilas perbaikan flash foto Nikon SB80DX yang kita lakukan, sangat mudah bukan untuk memperbaiki permasalahan yang seperti ini.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD  jika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan tekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori