tips and trik servis elektronik


22
2012

DVD Player Portable GMC “808, No Disc

Diagnosa

Dvd player kita coba masukan disc dengan format VCD, setelah beberapa saat kita lihat player bisa membacanya dengan baik. Berikutnya kita coba masukan disc dengan format DVD, setelah menunggu beberapa saat tampilan pada layar monitor No Disc. Berikut ini tampak bagian atas dvd player yang sedang kita coba perbaiki :

Dvd Portable GMC

Dimanakah letak trouble-nya ? Segera kita selidiki:

Optik DVD menggunakan 2 buah Laser yaitu untuk fungsi CD dan fungsi DVD, umumnya untuk scan awal dimana akan dimulainya proses reading disc selalu menggunakan laser untuk fungsi DVD sebagai alat sen-nya. Tapi kenapa untuk disc format VCD bisa di scan dan disc format DVD malah sama sekali tidak bisa? apakah memang laser untuk fungsi DVD mengalami kerusakan/ lemah, ini yang akan kita coba cari tahu.
Optik yang digunakan pada DVD Player ini bisa dilihat pada gambar berikut:

Optik DVD Player GMC

Type optik ini:

Tampak bawah Optik DVD Player GMC

Pada optik biasanya ada trimpot kecil dimana berfungsi sebagai gain untuk optik, kita mungkin bisa melihat seberapa besar gain yang terpasang . Optik biasanya terpasang 2 buah trimpot, yaitu untuk gain laser dvd dan gain laser cd. Sekarang kita coba mengukurnya dengan menggunakan multitester, dengan batas ukur X10 hasil yang kita dapatkan adalah:

1 Untuk besaran gain pada fungsi laser cd adalah 2k2

2 Untuk besaran gain untuk fungsi laser dvd adalah diatas 4k7

Dari hasil pengukuran bisa kita simpulkan gain mengalami perubahan, yaitu pada bagian laser dvd. Disini kita coba merubah nilai gain laser dvd dengan menyamakan dengan nilai gain untuk laser cd. Untuk melakukan hal ini diusahakan menggunakan obeng yang ada pelindungnya/ maksudnya jangan sampai tangan kita menyentuhnya.

Satu hal lagi dalam pelepasan optik dari mekaniknya kita mesti kita perhatihkan posisi baut yang kita buka, karena ini menentukan ketinggian posisi optik . Untuk ini biar mudah kita pakai cara kencangkan baut secara maksimal dan mengendurkan dua kali putaran. Tampak mekanik yang digunakan DVD Player GMC pada gambar berikut:

Mekanik DVD Player GMC

Sekarang saatnya untuk mencoba kembali DVD Player-nya ? Hasilnya Alhamdulillah DVD Player sudah bisa membaca disc dengan baik.

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

Pasang iklan disini

Pasang iklan disini

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA