tips and trik servis elektronik

May
8
2012

DVD Player Polytron No Disc


Diagnosa

DVD player Polytron tidak dapat membaca semua format disc, tampilan pada panel display No disc.

Model DVD Player Polytron:

Model DVD Player Polytron

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki.

Seperti biasa tindakan awal selalu kita coba dengan menghidupkan DVD Player-nya, Tanpa ada Disc di mekanik kita coba lihat apakah Dioda Laser berfungsi. Ini untuk mempermudah pemeriksaan letak kerusakan, Dalam kasus sekarang kita menemukan Dioda laser tidak berfungsi. Tanda yang paling mudah bisa kita lihat ketika optik sedang load, seharusnya ada cahaya pada badan optik.

Pada DVD Player ini menggunakan optik type HD 65, apakah memang optik-nya yang mengalami kerusakan ? atau mungkin ada yang lainnya. Sebelum menentukan kita harus memeriksa tegangan output untuk Dioda laser, tegangan di dapatkan dari 2 buah transistor dengan type S 8550. Penggunaan 2 transistor disini adalah untuk Dioda laser CD dan Dioda laser DVD, Transistor kita coba ukur dengan multitester ? Hasilnya positif 1 buah transistor mengalami kerusakan yaitu untuk fungsi Dioda laser DVD.

Posisi transistor pada Mpeg bisa kita lihat pada gambar berikut ini:

Mpeg DVD Player Polytron/ Transistor S 8550

Setelah kita ganti transistor-nya kini kita coba kembali hidupkan DVD player ? Hasilnya Dioda laser DVD sudah terlihat menyala, tetapi kita coba masukan Disc DVD Player tetap tidak bisa membacanya. Segera kita ganti optik HD 65 dan selanjutnya kita coba kembali hidupkan DVD Player ? Hasilnya Alhamdulillah DVD Player sudah bisa membaca kembali semua format disc.

 

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

1 Comment + Add Comment

  • l like this dvd player

Komentar Anda