tips and trik servis elektronik

Sep
11
2012

DVD Player Pioneer XV-DV180 OC ERR 1

Diagnosa

DVD Player Pioneer jika kita hidupkan dan kita masukkan disc sesaat sedang proses loading dvd player-nya mendadak timbul tulisan OC ERR 1 pada panel display dan tak lama kemudian langsung kembali ke posisi standby.

Model DVD Player Pioneer :

model-DVD-Player-Pioneer-XV-DV180-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Kerusakan yang seperti ini sangat susah dicari penyebabnya, tapi alhamdulillah setelah kita periksa satu persatu barulah kita temukan yaitu ada kerusakan pada bagian power amplifier.DVD Player Pioner ini mempunyai beberapa output dari rangkaian power amplifier-nya dan kerusakan ada pada bagian output speaker untuk Sub Wofer-nya . Ini kita ketahui setelah kita adakan pengukuran dengan multitester pada soket output speaker-nya.

Ic power amplifier yang dipergunakan type TAS5122 dengan model SMD, untuk mendapatkan Ic ini kita mesti pesan karena di Jakarta tidak ada yang jual. Penggantian segera kita lakukan dengan sebelumnya kita mesti melepaskan terlebih dahulu Ic TAS5122 yang ada di mainboard amplifier-nya. Untuk melepaskan Ic ini mesti menggunakan solder uap dengan temperatur 380 derajat dengan besaran angin 4 , agak susah untuk melepaskan Ic ini . Dan setelah terlepas dari mainboard baru kita lihat ternyata ada sasis dibawah Ic TAS5122 yang menempel dengan jalur ground.

Tampilan mainboard amplifier dvd player Pioneer :

mainboard-amplifier-dvd-player-Pioneer-XV-DV180-300x225

Tampilan Ic TAS5122 :

Ic-TAS5122-power-amplifier-dvd-player-Pioneer-XV-DV180-300x225

Proses pemasangan juga agak susah , itu karena ada timah dibagian bawah IC TAS5122 dan untuk mempercepat proses pemasangan kita berikan cairan lossfett dan kita arahkan solder uap tepat pada bagian tengah Ic TAS5122. Selanjutnya kita coba tekan bagian tengah Ic TAS supaya semua kaki Ic ini bisa terhubung semuanya ke PCB. Setelah selesai kita dinginkan dengan cara kita berikan kipas angin, atau mungkin kita diamkan saja.

Sebelum kita hidupkan dvd player Pioneer-nya kita periksa kembali apakah sudah terpasang dengan baik Ic TAS5122, gunakan Lup /kaca pembesar supaya lebih yakin. Setelah kita yakin barulah kita hidupkan dvd player Pioneer-nya dan disini kita dapatkan fungsi output speaker Sub Wofer sudah kembali normal dan tidak ada lagi tampilan OC ERR 1 di panel display-nya.

Yang hebat dari Ic TAS5122 dengan menggunakan temperatur tinggi dan agak lama terkena panas tidak merusakan isi didalam Ic tersebut, Alhamdulillah selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk dvd player Pioneer ini.

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

2 Comments + Add Comment

  • gan…klo Pioneer HTZ161 ane saat ditekan tombol power-nya akan muncul OC ERR 1 trus langsung off. Jadi gak mau hidup setiap tekan tombol power-nya…Mahal gak sih klo ganti IC ?
    Thanks

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.