Jun
28
2012

DVD Player Philips DVP4000/69 Mati-Total

Diagnosa

DVD Player Philips tidak ada tanda-tanda kehidupan ketika kita masukkan aliran listrik, lampu indikator terlihat tidak menyala.

Model DVD Player Philips :

DVD-Player-Philips-DVP400069-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Awal pemeriksaan kita mulai dengan mengukur tegangan output dari power supply yang biasanya bernilai 5 volt, hasil pengukuran adalah negatif. Tegangan output tidak ada sama sekali, Apakah power supply-nya rusak ? untuk mengetahui ini modul power supply mesti kita lepaskan dari casing terlebih dahulu. Setelah terlepas bisa kita adakan pengukuran letaknya pada fuses paling utama, disini kita dapatkan fuses masih dalam keadaan baik.

Dengan kondisi fuses yang bagus, ada pertanda baik IC Switching juga masih dalam keadaan baik. Dan memang benar ternyata kerusakan ada pada soket AC input disini terlihat timah solder yang retak. Segera kita adakan solder ulang pada bagian ini, tampilan soket AC input tampak pada gambar berikut :

Soket-AC-input-DVD-Player-Philips-300x2251

Setelah kita solder ulang kini kita coba kembali masukkan aliran listrik ke rangkaian power supply-nya dan kita adakan pengukuran kembali ? Hasilnya tegangan output dari power supply sudah kembali hadir, maksudnya ada. Tapi dengan tegangan supply yang sudah masuk ke Mpeg kita lihat lampu indikator bagian panel control tetap tidak menyala, berarti ada tambahan kerusakan romannya.

Segera kita urut jalur kira-kira dimana letak permasalahannya, akhirnya berlabuh pada transistor dengan type S8050. Tentunya kita mengharapkan setelah dipasangkan transistor baru ,DVD Player dapat berfungsi kembali. Dalam kenyataannya tidaklah demikian, kita juga dibuat rada pusing karena setelah kita pasangkan transistor baru malah langsung hangus transistor-nya.

Dengan kejadian ini membuat kita mengadakan pengukuran pada bagian output regulator, dan hasilnya positif Mpeg dalam keadaan setengah konslet. Ini kita lihat dari hasil pengukuran dengan multitester dengan arah prob bolak -balik mendapatkan hasil yang sama.Tindakan lanjutkan kita adakan solder ulang dahulu chipset Mpeg dengan menggunakan solder uap, setelahnya kita adakan penjumperan .

Penjumperan kita gunakan pinset pada kaki emitor ke colector transistor S8050, hal ini sangat tidak dianjurkan sebenarnya . Dengan keadaan yang seperti ini terpaksa mesti kita lakukan dimana berfungsi untuk memberikan tegangan kejut untuk chipset Mpeg. Hasilnya alhamdulillah chipset Mpeg kembali berfungsi, selanjutnya kita tinggal mengganti transistor S8050 yang tadi hangus dengan transistor yang baru.

Posisi transistor S8050 di Mpeg bisa kita lihat pada gambar berikut :

Transistor-S8050-Mpeg-DVD-Player-Philips-300x225

Begitulah sesuatu yang rada langkah, jarang-jarang dengan tindakkan jumper bisa berhasil. Syukurlah semua yang kita usahakan bisa membuahkan hasil, waktu jadi tidak terbuang sia-sia. Kini DVD Player Philips sudah dapat kita pergunakan kembali.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori