Agu
16
2012

DVD Player LG DV551 Output Suara Trouble

Diagnosa

DVD Player LG jika kita hidupkan semuanya berjalan normal hanya satu saja yang menjadi permasalahan yaitu output suara hanya right/ kanan saja sedangkan untuk kanal left/kiri sama sekali tidak ada output suara.

Model DVD Player LG :

DVD-Player-LG-DV551-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Output suara yang tidak ada sebelah hanya kanal right/ kanan saja yang ada sedangkan kanal left/kiri tidak ada itu bisa disebabkan karena kesalahan manusia dalam hal ini karena salah pasang kabel-nya. Seperti yang dialami dvd player LG ini yang akan kita coba perbaiki, Pemeriksaan awal kita gunakan multitester pada line out suara right maupun left. Posisi multitester dalam ohm X10 dengan prob merah di jack RCA area + sedangkan prob hitam pada ground/ min.

Hasil kita dapatkan kanal left dalam kondisi shot itu bisa kita lihat dari penunjukan angka di multitester 0 ohm. Untuk mengetahui penyebab shot pada kanal output suara left kita mesti mengurut jalur yang ada di Mpeg. Tampilan Mpeg dvd player LG bisa kita lihat pada gambar berikut :

mpeg-dvd-player-LG-300x225

Hasil pengurutan jalur akhirnya berakhir pada transistor , fungsi transistor ini sebagai sistem Mute untuk output suara baik kanal right maupun left. Kondisi satu transistor sudah dalam kondisi shot antara kaki colector dengan emitor, untuk lebih jelasnya bisa kita lihat pada gambar berikut:

transistor-mute-Mpeg-dvd-player-LG-300x225

Transistor dengan tanda lingkaran hitam itu setelah kita adakan penggantian, untuk type pengganti apabila tidak menemukan yang versi SMD bisa gunakan transistor C1815. Pinout-nya hampir sama hanya tinggal memasang secara terbalik, sisi muka transistor C1815 menghadap belakang jika kita pasangkan di Mpeg-nya. Setelah ini kita coba ukur kembali dengan multitester, dengan cara seperti diawal dan kita dapatkan sudah tidak shot lagi untuk kanal output suara left/kiri.

Supaya lebih yakin lagi kini kita hidupkan dvd player-nya masukkan disc, tunggu sebentar dan hasilnya alhamdulillah suara kanal left/ kiri sudah berfungsi kembali. Ada problem baru yang kita temukan lagi di dvd player ini yaitu gagalnya pembacaan disc dengan format cd/mp3 tapi kalau untuk disc format dvd tidak mengalami permasalahan. Optik telah kita cek hasilnya tidak ada masalah untuk sistem laser cd-nya, dan ternyata kerusakan ada di mpeg. Jalur mengalami putus ditengah dan untuk memperbaiki hal ini kita lakukan jumper dengan menggunakan kabel, posisi pemasangan jumper bisa dilihat pada gambar berikut :

mpeg dvd player LG

Setelah proses penjumperan selesai kini kita coba lagi hidupkan dvd player LG, hasilnya alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

7 Comments + Add Comment

  • bg ada cara lihat bahwa ic chipset mpeg rusak ? dan ciri2 ic chipset mpeg itu gmn ya bg ? thanks

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori