Mei
17
2013

Dioda

Dioda berfungsi merubah tegangan AC menjadi DC hal ini yang menjadikannya selalu dalam posisi terdepan, tanpa adanya dioda sistem rangkaian elektronik tentunya tidak akan bisa bekerja. Terkecuali jika ada sumber arus DC misalnya accu atau baterai ,penggunaan dioda tidak menjadi keharusan karena tegangan yang dihasilkan accu/ baterai sudah dalam bentuk DC. Simbol dioda bisa kita lihat seperti ini :

dioda

Arus AC masuk ke kaki anoda dan keluar di kaki katoda, dari kaki katoda sudah didapatkan arus DC cuma belum sempurna jadi mesti melengkapi dengan memasangkan capasitor/ elco. Kaki katoda itu sebagai simbol tegangan + jadi pemasangan capasitor mengikutinya, samakan + dari kaki katoda dengan + kaki capasitor. Penyambungan ini jangan sampai terbalik karena capasitor bisa meledak , untuk besarnya nilai capasitor bisa gunakan nilai 1000uf-2200uf atau mungkin bisa lebih besar lagi.

Contoh: trafo>>>>> dioda>>>> capasitor>>> DC out

Diagram bisa kita lihat seperti ini :

skema-adaptor-standar

Tegangan input AC 0-12 setelah masuk ke dioda dan dirubah menjadi DC akan terukur 15 volt , jika kita memasangkan beban misalnya fan/ kipas angin pastinya langsung akan berputar . Hal lain jika kita pasangkan beban yang menyangkut suara, misalnya pre amp head / usb player / penerimaan radio/ tone control atau yang lainnya hasil yang kita dapatkan pasti timbul suara dengung. Untuk menghilangkan efek dengung kita mesti melengkapi dengan memasangkan ic regulator kita sesuaikan dengan kebutuhan alat yang hendak kita pakai.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

3 Comments + Add Comment

  • terimakasih mas, atas penjelasanya.

  • ass, 5f sblum’y mas, banyak tanya ni.
    1.u/k penggunaan dioda apakah kita harus mengikuti brap amper travo yg kita pake, semisal trvo 3A, dioda yg kita pke hrus 3A jga, dan sterusnya.
    2.seandainya kita pke trvo 5A, dan kita pke dioda 3A, maka efek apa yg timbul di sana mas,?
    trimakasih sblumnya.

    • 1 Amper dioda memang mengikuti trafo cuma tidak mesti demikian adanya semuanya tergantung beban yang akan dihubungkan, seperti kita ketahui trafo 3 amper tentunya tidak murni 3 amper arus yang bisa dikeluarkannya.
      2 Jika trafo lebih besar amper tapi menggunakan dioda lebih kecil ampernya ini juga tidak napa2 kembali prinsip awal yaitu lihat beban apa yang akan dihubungkan.

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori