tips and trik servis elektronik

Monday, September 1, 2014
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H Minal aidin wal faidzin , Mohon Maaf Lahir Dan Bathin
Feb
12
2012

Cara Penggantian Spare Part Di Mekanik DVD

Cara penggantian Spare-Part yang ada pada mekanik Dvd Player memerlukan penanganan yang khusus, dimana jika tidak bisa berdampak buruk. Maksudnya buruk disini akan membuat kerusakan pada komponen penggantinya ” khususnya apabila yang hendak kita ganti adalah Optik.

Optik memang sangat peka’ dimana tidak boleh terkena listrik statis dari tangan kita apabila sampai terkena bisa membuatnya menjadi rusak. Komponen yang paling peka di Optik adalah pada bagian Dioda Laser-nya, Makanya apabila kita membeli Optik baru selalu ada Segel pada bagian Dioda Laser.

Ada beberapa hal yang mesti kita ketahui, dimana cara yang paling aman yang bisa kita lakukan supaya semua yang kita usahakan bisa berjalan lancar. Disini kita tuliskan cara-cara yang selalu kita gunakan dalam usaha perbaikan Dvd Player pada bagian Mekanik tentunya, diantaranya sebagai berikut:

1 Cara mengganti Optik

Jika kita pikir adalah tidak susah untuk mengganti optik lama dengan optik yang baru. Perlu kita ketahui apabila kita salah dalam menentukan baut mana yang mesti kita buka untuk melepaskan optik yang lama? Dampak yang akan kita hadapi adalah akan menambah panjang waktu perbaikannya,tentunya hal tersebut kita tidak kehendaki.Untuk melepaskan optik adalah dengan melepaskan Baut seperti yang ada pada gambar berikut:

Mekanik Optik Hd 65/ buka baut yang ada lingkaran merah

Jika sudah kita lepaskan, besi bisa kita dorong kebelakang sedikit sampai terlepas dari slot dudukan plastik pada bagian depan. Selanjutnya kita dorong ke depan supaya terlepas dari badan optik, untuk 3 baut yang lain janganlah dibuka kita biarkan saja.

3 baut yang lainnya sangatlah sensitif karena itu janganlah sekali-kali kita buka, setting pabrikan untuk optik akan berubah tentunya kita akan di repotkan karena mesti setting ulang.Setelah Optik terpasang dengan baik, selanjutnya bisa kita pasangkan kabel penghubung dari Mpeg ke optik-nya’ jika sudah lepaskan segel penggaman dengan menggunakan solder.

2 Cara penggantian motor SP pada mekanik Dvd Player

Motor karena memang fungsinya sebagai penggerak makanya paling sering rusak, apalagi jika sering mengganti disc. ini bisa terjadi karena speed motor-nya, seperti kita ketahui rpm untuk memutar disc dvd memerlukan speed yang tinggi, apabila kita hentikan proses reading Mpeg akan memberi sinyal untuk menghentikan Motor( dalam hal ini adalah mengaktifkan fungsi Rem), inilah yang faktor utama penyebab kerusakan pada Motor. Cara melepaskan Motor SP pada mekanik adalah dengan melepaskan 2 baut , seperti tampak pada gambar berikut:

Mekanik Optik HD 65/ posisi baut motor SP dengan lingkaran merah

Gunakan obeng + dengan mata yang kecil, jika sudah bisa kita lepaskan kabel penghubungnya yang terpasang pada PCB seperti tampak pada gambar berikut:

Mekanik Optik HD 65/ kabel motor Sp dengan tanda lingkaran merah

Jika sudah kita lepaskan motor yang lama, selanjutnya kita tinggal memasangkannya dengan yang baru. Ada baiknya motor yang baru kita tes dahulu dengan menggunakan multitester, apakah motor berfungsi baik. Gunakan batas ukur X1 pada multitester dan hubungkan prob pada kabel penghubung motor, jika motor bagus dia akan berputar sebaliknya tidak akan berputar jika memang motor tidak bagus.

Tidak ada jaminan walaupun kita membeli motor yang baru belum tentu motor itu bagus,karena kita sering menjumpai adanya kerusakan pada motor yang baru saja kita beli, paling tidak jaga-jaga saja dari pada dua kali kerja.

3 Mengganti Karet pada mekanik Dvd

Karet memang selalu digunakan sebagai media perantara penggerak mekanik, yaitu menghubungkan motor dengan gear .  Jika karet yang sudah tidak baik, membuatnya tidak sempurna lagi dalam kerjanya. Dimana mekanik tidak bisa keluar masuk ataupun mau keluar tapi tidak mau masuk.

Posisi karet yang ada pada mekanik mungkin agak merepotkan kita dalam usaha penggantiannya, itu karena adanya persis di depan mekanik. Begini cara kita melepaskan karet yaitu; lepaskan mekanik dari dudukannya jika sudah dorong kekanan pada bagian bawah mekanik, biasanya terlihat adanya rel yang agak memanjang dengan nok plastik pada tengahnya. Selanjutnya tinggal mendorong pintu mekanik, setelahnya karet pasti kelihatan dengan jelas. Kita tinggal menggantinya saja, untuk ukuran karet sebaiknya diganti dengan yang sama. Supaya tenaga motor penggerak tidak berkurang.

Itulah yang bisa kita tuliskan semoga bisa bermanfaat

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

live now

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA