tips and trik servis elektronik

September 22, 2014 3:09 pm
Tulisan Terbaru
Home » Belajar elektronik » Cara mengukur komponen » Cara Mengukur Dioda Bridge

Cara Mengukur Dioda Bridge

Dioda Bridge

Dioda ini adalah gabungan dari 4 buah dioda yang dijadikan satu/ maksudnya satu kemasan. Model Dioda ini akan semakin besar tergantung dengan kuat amper yang bisa dihasilkannya. Ada beberapa model yaitu 2-3-5 atau 10 bahkan 25 Amper. Penggunaannya didalam elektronik selalu berada dibagian terdepan yaitu power supply baik model analog maupun elektrik. Model Dioda Bridge :

Terkadang Dioda model ini jarang terjadi kerusakan terkecuali oleh faktor lain, misalnya terkena arus lebih dari petir atau mungkin kesalahan manusia/ maksudnya enggak sengaja sehingga terjadi konsleting. Karena didalam Dioda ini ada 4 buah Dioda maka kita bisa lakukan pengukuran untuk memastikan apakah Dioda ini masih dalam kondisi baik atau tidak.  Sebenarnya apa sih penyebab kerusakan yang terjadi pada Dioda ? ini bisa karena :

1 Umur diodanya/ usia pakai dengan temperatur yang konstan/ tinggi

2 Rusaknya Capasitor filter

3 Terjadinya konsleting dibagian rangkaian yang mendapat supply dari Dioda ini.

Cara mengukur Dioda Bridge bisa kita lihat di video berikut :

Dioda Bridge jika terjadi kerusakan biasanya hanya 1 atau 2 dioda saja , cuma karena modelnya satu kemasan maka mesti diganti semuanya. Di body Dioda bridge biasanya ada keterangan yaitu :

1 – Minus

2 AC

3 AC

4 + Plus

Dengan adanya keterangan tentunya akan memudahkan dalam melakukan pengukuran, lebih rinci bisa dilihat pada video diatas. Apabila kita dapatkan hasil pengukuran antara kaki Anoda dan Katoda dengan hasil 0 ohm maka itu menandakan Dioda sudah shot/ rusak . Sedikit pembelajaran semoga bisa bermanfaat.

About hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

2 comments

  1. Mas……sebenarnya apa sih fungsi dari kode pada dioda (In 4002,4007,4148,dll) ?
    Untuk bridge (RS 606,BA30B7,fsb35101,dll) dan bagai mana cara mengetahui amper dari dioda tersebut………..(Maklum mas…..masih awam!!!!!) Tx sebelumnya!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>