Belajar Servis Televisi

Belajar servis televisi

Kali ini saya coba berbagi pengalaman tentang tata cara perbaikan televisi yang secara kasat mata bisa dilihat, hal ini memang tidak memerlukan keahlian khusus karena dengan penglihatan saja sudah dapat memastikan lokasi kerusakan yang terjadi pada televisi. Secara umum komponen elektronik dengan fungsi apapun sudah pasti mempunyai kelemahan, paling utama adalah temperatur ( panas ).

Dari poin ini saja sudah banyak menimbulkan kerusakan, dari gambar yang tidak keluar atau mungkin mati-total. Untuk pembelajaran bagi pemula yang paling awal hanya melihat dengan teliti titik-titik timah solder yang ada di papan PCB, ini diperlukan sekali mengingat ada beberapa titik yang memang sangat rentan terjadi keretakkan.

Tingkat temperatur yang cukup panas saat rangkaian elektronik bekerja, berdampak dengan timah solder dimana sebagai penghubung dapat terlepas dari papan PCB.  Mulailah terjadi banyak masalah, dan penyelesaiannya hanya dengan menyolder ulang pada titik-titik yang mengalami keretakkan.

Kita ada contoh dengan kasus kerusakan karena retaknya timah solder, tampilan mainboardnya bisa dilihat pada gambar berikut:

Mainboard televisi tampak atasmainboard televisi tampak bawah

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Laman: 1 2 3