tips and trik servis elektronik

DATASHEET :

Arsip

 

Belajar Servis Televisi

Belajar servis televisi

Kali ini kita coba berbagi pengalaman tentang tata cara perbaikan televisi yang secara kasat mata bisa di lihat, hal ini memang tidak memerlukan ke ahlian karena dengan penglihatan yang bagus kita sudah dapat memastikan tingkat kerusakan yang terjadi pada televisi. Pada dasarnya rangkaian elektronik dengan konsep apapun sudah pasti mempunyai kelemahan, paling utama adalah temperatur atau panas.

Dari asfek ini saja sudah banyak menimbulkan kerusakan, dari gambar yang tidak keluar atau mungkin mati-total. Untuk pembelajaran bagi pemula yang paling awal hanya melihat dengan teliti titik-titik timah solder yang ada mainboard, ini sangat di perlukan sekali mengingat ada beberapa titik yang memang rentan terjadi keretakkan.

Tingkat temperatur yang memang sangat tinggi ketika sedang bekerja, berdampak dengan timah dimana sebagai penghubung dapat terlepas dari mainboard. Dari sini mulailah terjadi begitu banyak masalah, dan penyelesaiannya hanya dengan menyolder ulang pada titik-titik yang mengalami keretakkan.

Kita ada contoh dengan kasus kerusakan karena retaknya timah solder, tampilan mainboardnya bisa dilihat pada gambar berikut:

Mainboard televisi tampak atasmainboard televisi tampak bawah

Poin awal ada pada bagian Ic vertikal, kalau diperhatihkan dengan seksama ada keretakkan disini, seperti ini kalau dilihat lebih dekat:

mainboard televisi vertikal area

Selanjutnya pada rangkaian regulator, disini menggunakan model transistor dengan tanpa pendingin. Seperti ini tampaknya :

mainboard televisi regulator area

Berikutnya pada bagian dioda untuk regulator tegangan Dc power supply, seperti ini tampaknya :

mainboard televisi dioda area DC

Dari sekian tahapan yang sudah kita lakukan kini televisi sudah dapat berfungsi kembali , tanpa memerlukan komponen pengganti karena memang tidak ada komponen yang mengalami kerusakan. Semuanya di sebabkan oleh timah solder yang tidak terhubung dengan baik ke mainboard-nya.

Belajar memperbaiki televisi memang memerlukan pengetahuan secara detail tentang komponen yang dipergunakan, terutama tingkat resiko yang mesti di pertimbangkan dalam usaha perbaikan mengingat aliran listrik yang ada pada rangkaian televisi. Paling bahaya ada pada bagian output playback/ HV dalam beberapa keluaran televisi memang sudah di lengkapi dengan pembuangan arus secara otomatis.

Tapi tidak semuanya memberlakukan model tersebut, untuk ini kita bisa membuangnya secara manual dengan menggunakan kabel ground CRT ke output playback/HV. Seperti ini contohnya :

output palyback/ HV shot manual ke Ground

Hal ini kita lakukan apabila ingin mengganti playback yang mengalami kerusakan,, intinya jaga-jaga.

 

 

 

Enhanced by Zemanta
7 Comments