tips and trik servis elektronik

September 17, 2014 6:32 pm
Tulisan Terbaru
Home » Belajar elektronik » Belajar Servis Televisi

Belajar Servis Televisi

Belajar servis televisi

Kali ini kita coba berbagi pengalaman tentang tata cara perbaikan televisi yang secara kasat mata bisa di lihat, hal ini memang tidak memerlukan ke ahlian karena dengan penglihatan yang bagus kita sudah dapat memastikan tingkat kerusakan yang terjadi pada televisi. Pada dasarnya rangkaian elektronik dengan konsep apapun sudah pasti mempunyai kelemahan, paling utama adalah temperatur atau panas.

Dari asfek ini saja sudah banyak menimbulkan kerusakan, dari gambar yang tidak keluar atau mungkin mati-total. Untuk pembelajaran bagi pemula yang paling awal hanya melihat dengan teliti titik-titik timah solder yang ada mainboard, ini sangat di perlukan sekali mengingat ada beberapa titik yang memang rentan terjadi keretakkan.

Tingkat temperatur yang memang sangat tinggi ketika sedang bekerja, berdampak dengan timah dimana sebagai penghubung dapat terlepas dari mainboard. Dari sini mulailah terjadi begitu banyak masalah, dan penyelesaiannya hanya dengan menyolder ulang pada titik-titik yang mengalami keretakkan.

Kita ada contoh dengan kasus kerusakan karena retaknya timah solder, tampilan mainboardnya bisa dilihat pada gambar berikut:

Poin awal ada pada bagian Ic vertikal, kalau diperhatihkan dengan seksama ada keretakkan disini, seperti ini kalau dilihat lebih dekat:

Selanjutnya pada rangkaian regulator, disini menggunakan model transistor dengan tanpa pendingin. Seperti ini tampaknya :

Berikutnya pada bagian dioda untuk regulator tegangan Dc power supply, seperti ini tampaknya :

Dari sekian tahapan yang sudah kita lakukan kini televisi sudah dapat berfungsi kembali , tanpa memerlukan komponen pengganti karena memang tidak ada komponen yang mengalami kerusakan. Semuanya di sebabkan oleh timah solder yang tidak terhubung dengan baik ke mainboard-nya.

Belajar memperbaiki televisi memang memerlukan pengetahuan secara detail tentang komponen yang dipergunakan, terutama tingkat resiko yang mesti di pertimbangkan dalam usaha perbaikan mengingat aliran listrik yang ada pada rangkaian televisi. Paling bahaya ada pada bagian output playback/ HV dalam beberapa keluaran televisi memang sudah di lengkapi dengan pembuangan arus secara otomatis.

Tapi tidak semuanya memberlakukan model tersebut, untuk ini kita bisa membuangnya secara manual dengan menggunakan kabel ground CRT ke output playback/HV. Seperti ini contohnya :

Hal ini kita lakukan apabila ingin mengganti playback yang mengalami kerusakan,, intinya jaga-jaga.

 

 

 

About hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

7 comments

  1. Sore mas..mohon d bantu..sya punya mesin tv multimax 14in soket besar yoke ada trapo nya. mau saya pindah kan ke CRT 21in soket kecil Punya tosiba.apakah bisa? dan apa saja yg harus d robah?

    • tentu saja bisa caranya dengan melepaskan soket CRT… dari mesin toshiba kalau masih ada kalau tidak beli yang baru… setelahnya lepaskan soket crt besar dari mesin tv multimax dan gantikan dengan model soket crt kecil ( pcb biasanya support ) . tahap selanjutnya tinggal pasangkan yoke bawaan tv toshiba sesuai dengan urutannya kabel merah dan biru untuk horizontal dan 2 warna lain untuk vertikal( trafo tidak usah dipakai ) penggunaan trafo yoke hanya untuk sesuaikan impendansi karena makai yoke monitor computer… itu saja

  2. Ok udh sya pasang mas. tapi yok nya masih pake tosiba soalnya gx muat kalo pke multimax. Pas sya tes yok nya bunyi ngegerung trus lampu led nya kedip kedip.susuna kabel vertikal horison nya udh bner kesalahan nya kira2 dari mana apa b+ d tambah yang ada 100v

    • voltase 115 volt standarnya… coba lepaskan yoke dan hidupkan tvnya ? jika tetap sama coba ukur tegangan dalam kondisi lampu indikator kedap-kedip….

  3. Sip alhmdllh mas.. udah hidup ada solderan retak d trapo pwr suplay.
    Cuma gambarnya kelebihan logo terlalu ke atas sya gx punya remot yg ada lubangnya buat seting.
    Ada cara lain gx mas?

    • coba gunakan remote multi ,, gunakan kode vol sampai 0 lalu tekan menu di remote lalu masukkan angka 6568 atau recall diremote dan vol- di panel

  4. Siap mas makasih bnyk plajaran nya bermanfa’at skali wt saya dari tv rusak14 skarang jadi punya21 walaupun rongsok hasil servis sendiri alhmdulilh..mantp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

113 queries in 0,359 seconds.