Artikel Terbaru

Thursday, March 28, 2024
LCD tvTips & Trik

sony klv-40r452a lampu indikator mati

Diagnosa

Awal saya coba hidupkan tv sony ini, saya lihat lampu indikator tidak hidup.

Apakah penyebabnya?

Tv sony klv-40r452a menggunakan adapter luar ( power supply ) dan saya ukur output normal 19.5 volt jadi ada kerusakan di mainboard. Tampilan mainboardnya: Coba googling dapat service manual, saya baca jika kerusakan vcc 1.5 volt tidak hadir maka harus ganti mainboardnya.

Hasil pengukuran vcc out dari regulator :

  • Vcc 3.3 volt ok
  • Vcc 1.2 volt ok
  • Vcc 5 volt ok
  • Vcc 1.5 volt ( tidak tersedia )

Hanya keterangan saja yang ada, untuk diagram sayangnya saya tidak dapat. Vcc 1.5 volt ini didapat dari ic 001A5W dengan input vcc 3.3 volt. Saya urut jalur vcc 3.3 volt untuk ic ini terhubung ke transistor type p-fet sebagai switch on-off.

Saya coba gantikan tapi hasilnya negative, demgan begini maka pakai cara lain, jumper saja jadi abaikan fungsi swicth control. Lokasi di jumper :

Setelah saya jumper terlihat lampu indikator bisa hidup,saat start timbul masalah baru yaitu layar LCD hidup setelah tampak logo Sony tak lama langsung stand bye dengan kedip 6 x. Ini bisa diselesaikan dengan jumper juga lokasi di board backlight.

Sekilas kayaknya mudah , yang beresiko mengangkat panel LCD. Lebih hati-hati di area in ( lihat bagian atas ada besi plat penahan panel LCD. Lepaskan panel dari bagian yang ada t-con board, tarik lalu baru angkat. Pemasangan panel LCD, arahkan dekat plat besi lalu dorong perlahan. Proses pemasangan jumper di board backlight selesai., maka selesai juga pekerjaan saya. Alhamdulillah

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1.5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85